Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Salat Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di UPTD SMPN 8 Parepare
The Use of Augmented Reality Learning Media to Improve Understanding of Prayer Material on Student Learning Outcomes at UPTD SMPN 8 Parepare
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan media pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di UPTD SMPN 8 Parepare. Penelitian menggunakan model Quasi Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design yaitu desain yang memberikan pretest sebelum dikenakan perlakuan, serta posttest sesudah dikenakan perlakuan pada masing-masing kelompok. Media pembelajaran augmented reality untuk meningkatkan pemahaman materi salat telah di uji melalui dua tahap yakni Pretest-Posttest berdasarkan hasil belajar peserta didik di kelas VII UPTD SMPN 8 Parepare. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Penggunaan media pembelajaran augmented reality di UPTD SMPN 8 Parepare yang mengalami peningkatan, apalagi terkait proses pembelajaran pada materi salat. (2) Hasil belajar peserta didik UPTD SMP 8 Parepare sebelum perlakuan (Pretest) penggunaan media pembelajaran augmented reality pada materi salat pada kelas ekperimen diperoleh rata-rata (mean), sebesar 71.06. (3) Hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan sesudah perlakuan (posttest) penggunaan media pembelajaran Augmented reality pada materi salat pada kelas eksperimen di UPTD SMPN 8 Parepare, diperoleh rata-rata (mean) sebesar 95.83. (4) Penggunaan media pembelajaran augmented reality pada materi salat dapat meningkatan hasil belajar peserta didik di UPTD SMPN 8 Parepare. Berdasarkan hasil t-test diketahui Thitung adalah 6.715 dengan nilai probabilitas 0,000. Oleh karena probilitas 0.000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan kelas eksperimen pada pretest dengan rata-rata mean 71.06, sedangkan posttest dengan rata-rata mean 95.83, artinya terjadi peningkatan sebesar 15.741. jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran augmented reality dapat meningkatkan pemahaman materi salat terhadap hasil belajar peserta didik di UPTD SMPN 8 Parepare
References
Abdul Qadir ar-Rahbaw. Salat Empat Mazhab, Terj. Zeid Husein Al-Hamid Dan M. Hasanudin. Jakarta: Pustaka Litera Antar Nusa, 2003.
Adaptasi, Masa, Kebiasaan Baru Juwita, Elania Zoela Saputri, Ira Kusumawati, Program Studi, Pendidikan Biologi, Universitas Ahmad, Dahlan Yogyakarta, and Informasi Artikel. “Teknologi Augmented reality (Ar) Sebagai Solusi Media Pembelajaran Sains Di.” Journal of Biology Education 3, no. 2 (2021): 124–34. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/bioeduca.
Aglis Andhita Hatmawan Slamet Riyanto. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2020.
Agung Gumelar. “Tuntunan Salat Lengkap Dengan Bacaannya Dari Takbir Sampai Salam.” Rabu, 14 September, 2022. https://jabar.nu.or.id/keislaman/tuntunan-salat-lengkap-dengan-bacaannya-dari-takbir-sampai-salam-mFPjA.
Aisyah, Aas, Wina Tika Gustiani, Arum Alyamuari, Diva Izdihar, Luthfiani Candra Dewi, and Winny Liliawati. “Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Augmented reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Fisika SMA.” Prosiding Seminar Nasional Fisika 1, no. 1 (2022): 239–47.
Alpansyah, and Abdul Talib Hashim. Kuasi Eksperimen Teori Dan Penerapan Dalam Penelitian Desain Pembelajaran. Jawa Tengah: Guepedia, 2021.
Ardianto Elvinaro. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rektama Media, 2020.
Astuti, Cindy Cahyaning. “Analisis Korelasi Untuk Mengetahui Keeratan Hubungan Antara Keaktifan Mahapeserta didik Dengan Hasil Belajar Akhir.” JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education) 1, no. 1 (2017): 1. https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1185.
Dianrizkita, Yohanes, Harvin Seruni, and Halim Agung. “Analisa Perbandingan Metode Marker Based Dan Markless Augmented reality Pada Bangun Ruang.” Jurnal Simantec 6, no. 3 (2018): 121–28. https://journal.trunojoyo.ac.id/simantec/article/view/4405.
Djaali. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Dwijayani, N. M. “Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes.” Journal of Physics: Conference Series 1321, no. 2 (2019): 171–87. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099.
Efendy Warmanto, I Made, Agus Lahinta, and Mohammad Syarif Tuloli. “Penerapan Teknologi Augmented reality Dengan Metode Marker Based Tracking.” DIFFUSION Journal Of System And Information Technology 1, no. 2 (2021): 13–23.
Fauhah, Homroul, and Brillian Rosy. “Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Peserta didik.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, no. 2 (2020): 321–34. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334.
Copyright (c) 2025 Dzul Asri Rizkaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â