Perspektif Gus Baha dalam Pendidikan Akhlakul Karimah
Gus Baha's Perspective in Karimah's Moral Education
Abstract
Dalam penelitian ini saya mengambil tema tentang persepektif dakwah gus baha dalam pendidikan akhlakul karimah penelitian ini mengambil dari sebuah video ceramah nya KH, Ahmad Bahauruddin Nursalim (Gus Baha) di media sosial menceritakan sebagaimana penting pendidikan dan akhlak yang baik dalam ke hidupan sehari hari untuk setiap umat manusia Gus Baha merupakan seorang ulama dan pendakwah yang mempuyai bahasa yang khas dan mudah di pahami bagi setiap kalangan generasi muda beliau juga mengajarkan kita semua untuk saling ber toleran dan melakukan sebuah praktek dalam ke hidupan seharihari beliau juga menekankan betapa penting nya tentang sebuah pendidikan dalam ber akhlakul karimah untuk membentuk sebuah perilaku yang baik dan meningalkan sebuah larangan nya Allah swt dan beliau mengajarkan tentang nilai nilai moral dan nilai ke agamaan dakwah menekan peran penting dalam membagun sebuah karakter.
References
Ahmad Riko Rikardo, Kusnadi, & Muslimin. (2024). Analisis Pesan Dakwah Gus Baha Pada Channel Youtube Najwa Shihab. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.801
Firdaus, M. L. (2021). Retorika Dakwah Kh. Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) Dalam Ngaji (Faesol, 2022)Iklilul Karim. (2021). Retorika Dakwah KH. Bahauddin Nursalim dalam Video Youtube.
SHELEMO, A. A. (2023). No Title????. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Faesol, A. (2022). Media Sosial dan Sufisme : Gambaran Religious Style pada. 6th EAIC: Esoterik Annual International Conference, 01(July), 27–44.
Firmansyah, H., Hizbullah, M., & Haidir, H. (2023). Telaah Ayat Tentang Iddah dengan Pendekatan Interpretasi Kontekstual Abdullah Saeed dalam Perspektif Maqashid Syari‘ah. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 7(2), 359. https://doi.org/10.29240/alquds.v7i2.7105
JASMINE, K. (2014). ??No Title No Title No Title. In Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.
Rahayuningtyas, R. D. (2022). Upaya Kiai dalam Internalisasi Akhlakul Karimah di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Ponorogo. November. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21785%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/21785/1/201180426_RIZQI DIYANITA RAHAYUNINGTYAS_PAI.pdf
Studi, P., Dan, K., Islam, P., Dakwah, F., & Komunikasi, D. A. N. (2022). Analisis gaya retorika dakwah ustadz siswanto di tpq sunan kalijogo jabung skripsi.
Wahyuni, F. P. (2024). TANTANGAN DAN PELUANG MAJELIS MAULID WA TA’LIM RIYADHUL JANNAH PADA MASA KONTEMPORER DITINJAU DARI PERSPEKTIF CORAK TAFSIR AL-ADABIY AL-IJTIMA’I. Merdeka Indonesia Jurnal International, 4(1), 338-350.
Jamal, S. (2024). Fikih Kontemporer Dalam Dakwah Gus Baha di Media Sosial. An-Nawa: Jurnal Studi Islam, 6(2), 251-264.
Robiah, I. (2021). Peran Ijazah Aurod Syadziliyah Sebagai Media Pembentuk Akhlakul Karimah Santri Di Madrasah Diniyah Ghizarul Hikam Dsn. Tegalrejo Kec. Kanigoro Kab. Blitar (2015-2017) (Doctoral dissertation, IAIN KEDIRI).
MASDUKI, A. (2022). FACEBOOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH IKON MASJID BERBENTUK KA’BAH DIPONPES DARUSSALAM PUNCAK SILIRAGUNG BARUREJO BANYUWANGI (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI).
Aisyah, N., & Rofiah, S. (2022). Dakwah Modern Pada Era Konvergensi Media: Studi Kasus Youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 8(2), 110-126.
Istighfar, M. (2021). ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUANPUBLIKASI, UPLOAD ULANG).. PERAN RUTINAN YASINAN/TAHLILAN DALAM PENENMAN NILAI-NILAI ASWAJA DAN PENINGKATAN AKHLAKUL KARIMAH IPNU-IPPNU RANTING MOJOREJO JETIS PONOROGO (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Falih, A. (2022). Strategi Dakwah Khoirul Anam Bagi Remaja Milenial di Kelurahan Wergu Kulon Kecamatan Kota Kabupaten Kudus (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Indah, N. M. P. (2022). Implementasi budaya madrasah berbasis pondok pesantren dalam membentuk karakter akhlakul karimah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Assa’adah Gresik (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Alim, A., & Indra, H. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai-Nilai Tasawuf Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 7 Sawangan Depok. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(4), 1652-1666
Alim, A., & Indra, H. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai-Nilai Tasawuf Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 7 Sawangan Depok. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(4), 1652-1666.
FRENDY, N. (2022). FUNGSI MANAJEMEN DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN MAKKAH KARTA JAYA WAY KANAN (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Mubarak, R., Widiastuti, E. H., & Nuryanti, N. (2022). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Membentuk Kepribadian Santri Di Pondok Pesantren Darul Mukhlasin Payaman Magelang. Historica, 1(1), 26-36.
Copyright (c) 2025 tiara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â