Pendidikan Karakter Dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy

Character Education in the Novel Clear-Eyed Angel by Habiburrahman El Shirazy

  • Faizal Kurniawan Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesi
  • Ode Mohamad Man Arfa Ladamay Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
Keywords: Pendidikan Karakter, Novel, Bidadari Bermata Bening

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk pendidikan karakter dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy, dengan fokus pada representasi tokoh utama, Ayna. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa novel ini memuat sejumlah nilai karakter utama, di antaranya nilai religius, kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, kerja keras, kepedulian sosial, dan cinta damai. Nilai-nilai tersebut diinternalisasikan melalui alur cerita, konflik, dialog, serta keteladanan tokoh, sehingga menjadikan novel ini sebagai media pembelajaran karakter yang relevan dan aplikatif bagi generasi muda, khususnya dalam konteks pendidikan Islam. Temuan ini menguatkan pentingnya pemanfaatan karya sastra Islami sebagai sarana alternatif untuk memperkuat pendidikan karakter yang menyentuh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pembaca.

References

Ahmad Ilzamul Hikam, & Komariah Banowati. (2025). Nilai Moral dalam Tradisi Santri Pada Novel “Bidadari Bermata Bening” Karya Habiburrahman El Shirazy (Kajian Sosiologi Sastra). Novels JURNAL BASTRA, 10(1), 2025.

Anisah, A. S. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. www.journal.uniga.ac.id

Budianto, N., & Muhsin. (2021). Telaah Media Online dalam Proses Belajar Mengajar (Pbm) Pendidikan Agama Islam (Pai) di Era Pandemi Covid-19 (Vol. 12).

Choli, I. (2020). Problematika Pendidikan Karakter Pendidikan Tinggi. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 55–66. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.831

Dwi Ariyanti, R., Suhadi, & Sulistyowati. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa-Siswi Madrasah Qur’aniyyah Al-Husnayain Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2022/2023. Rayah Al-Islam, 7(3), 1155–1162. https://doi.org/10.37274/rais.v7i3.807

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fahrul Amirudin, Kasnadi, & Cutiana Windri Astuti. (n.d.). RELIGIUSITAS DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY. In Jurnal Bahasa dan Sastra (Vol. 10, Issue 1).

Hamdi, M. M., Yusuf, M., & Jawhari, A. J. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter. 9(1).

Jastisia Jasmin, K., Rizqi Amali, M., Nashwa Aginza, L., Zahra Rizqitta Sulaiman, S., Agil Ferdhina, F., & Abdan Maulaana Effendie, D. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi Di Era Globalisasi Dan Peran Pendidikan Terhadap Degradasi Moral Pada Remaja. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(2), 7. https://doi.org/10.53363/bureau.v3i2.299

Meila Weeke Alfulana, Mochammad Fikri Alby Rapsjani, & Ahmad Fauzi. (2021). Kepemimpinan Membentuk Karakter Dalam Pendidikan.

Muhammad Sindy Anwar, Siti Patima, & Clara Khairullah. (2024). Pengembangan Metode Pengajaran Tafsir Di Pesantren. CV. Doki Course and Training.

Novita, J. B., Asrori, A., & Rusman, R. (2022). Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammmdiyah 2 Sangkapura. Tadrib, 8(1), 11–34. https://doi.org/10.19109/tadrib.v8i1.11232

Omeri, N. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156

Rahmadika Nur Azizah. (2022). Relevansi Metode Pembelajaran Ibnu Khaldun dan Pendidikan Agama Islam. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam.

Rosi Okta, Ali Mustofa, & Bambang Riadi. (2018). Nilai Religius dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburahman El-Shirazy dan Kelayakannya.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan Bandung. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf

Sasmala Dewi, Hesti, & Salamah. (2022). NILAI RELIGI PADA NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBUR RAHMAN EL SHIRAZY SEBAGAI PEMBELAJARAN SASTRA. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi

Supardi, D., Ghofar, A., & Nuryadien, M. (2017). Konsep Pendidikan Moral Imam Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 01(02), 3. file:///C:/Users/Asus/Downloads/1235-3135-1-PB (1).pdf
Wahidin, U., Sarbini, M., & Tabroni, I. (2022). Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 831. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3175

Yantiek, E. (2014). Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 22–31. https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.366.
Published
2025-01-30
How to Cite
Faizal Kurniawan, & Ode Mohamad Man Arfa Ladamay. (2025). Pendidikan Karakter Dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy: Character Education in the Novel Clear-Eyed Angel by Habiburrahman El Shirazy. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 20(1), 134-141. https://doi.org/10.56338/iqra.v20i1.7672
Section
Articles