Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall (Studi Kasus: Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III di SDN 44 Ampenan)
Analysis of the Problem-Based Learning Model Assisted by Wordwall Media (Case Study: In Mathematics Subject for Grade III at SDN 44 Ampenan)
Abstract
Urgensi peningkatan praktik pendidikan di Indonesia, khususnya di pendidikan dasar, memerlukan metode pengajaran inovatif yang melibatkan siswa secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang dibantu oleh media Wordwall dalam matematika Kelas III di SDN 44 Ampenan. Memanfaatkan pendekatan studi kasus kualitatif, penelitian ini melibatkan populasi siswa kelas tiga, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara tidak terstruktur, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel dengan tujuan, dengan fokus pada kelompok siswa tertentu, meskipun jumlah sampel yang tepat tidak ditentukan. Temuan menunjukkan bahwa model PBL, ketika diintegrasikan dengan media Wordwall, mendorong keterlibatan siswa yang lebih besar dan meningkatkan pemahaman tentang konsep matematika. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa mengadopsi strategi pengajaran inovatif semacam itu dapat secara signifikan meningkatkan hasil pembelajaran di pendidikan dasar, mendorong pendidik untuk mengeksplorasi metodologi serupa di ruang kelas mereka. Penelitian ini berkontribusi pada wacana berkelanjutan tentang praktik pengajaran yang efektif di lanskap pendidikan Indonesia, menyoroti potensi alat pembelajaran berbantuan teknologi dalam mendorong keberhasilan siswa.
References
Aisyah, F. N., & Gumala, Y. (2025). Implementasi model problem-based learning (PBL) sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar: Literature review. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 4(1), 1-14.
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 1 (1), Article 1.
Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic Literature Review: Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404–417. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.35391
Anwar, R. N. (2022). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 1(1), 21-29.
Ariyanto, MP, Nurcahyandi, ZR, Diva, SA, & Kudus, UM (2023). Penggunaan gamifikasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Matematika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1), 1-10.
Asyz, P. M. S., Darmiany, D., & Nurwahidah, N. (2025). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas V SD. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 1-8.
Dewi, R., Gustiawati, R., & Afrinaldi, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 85-92.
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 187-200.
Handayani, D. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tanya Jawab Kritis pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(1), 98–105. https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.3985
Hasbiya, O., Jannah, M., Adiesty, J. I., Fadjrin, R. S., Nurkholifah, S., Hayati, S. D., Marini, A., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ips Sd. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 19–32.
Hendracipta, N. (2021). Model Model Pembelajaran SD.
Hidayat, R., & Febriyanto, H. (2021). Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall dalam pembelajaran matematika materi bangun datar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 110–117.
Irwansyah, I. (2021). The Analysis of the Implementation of Problem Based Learning Models on Students Learning Outcome. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 4, No. 6, pp. 1119-1124).
Ismail, E. P., Ermiana, I., Wartiandani, E. P., & Haerunisyah, H. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TIPE NESTED PADA KELAS 1 DI SDN 51 CAKRANEGARA. Renjana Pendidikan Dasar, 4(4), 234-240.
Larasati, S., Mandasari, N., & Hajani, T. J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 34 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 49-59.
Melianti, E., Handayani, D., Novianti, F., Syahputri, S., & Hasibuan, S. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Yang Ada di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3549-3554.
Maghfiroh, K. (2018). Jurnal Profesi Keguruan. 4(1), 64–70.
Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.
Nabila, I. Y. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 12(5), 941-952.
Nida Winarti, Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419
Nisa, MA, & Susanto, R. (2022). Pengaruh penggunaan game edukasi berbasis wordwall dalam pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7 (1), 140-147.
Pradika, L., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Diskusi Kelompok Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Sikap Dan Hasil Belajar Siswa Smp Di Kota Serang. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 47. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6886
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain bersama pengetahuan peserta didik melalui media pembelajaran berbasis game online word wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-77.
Rindiantika, Y. (2022). Motivasi Belajar Siswa dan Pemanfaatan Media Word Wall: Kajian Teori. Intelegensia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 93-102.
Wulansuci, R. A., Restian, A., Iza, M., Eromoko, K., Wonogiri, K., Studi, P., Profesi, P., Sekolah, G., Malang, U. M., Lowokwaru, K., & Malang, K. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah kontekstual materi IPA melalui penggunaan model problem based learning. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 0066, 76–82.
Copyright (c) 2025 Eka Putra Ismail Eka Putra Ismail

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â