Perbandingan Metode Pembelajaran Islam Tradisional dan Modern dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik
Comparison of Traditional and Modern Islamic Learning Methods in Shaping the Character of Students
Abstract
Pembentukan akhlak peserta didik merupakan bagian penting dalam pendidikan Islam yang bertujuan menciptakan generasi berkarakter mulia. Artikel ini membahas perbandingan antara metode pembelajaran Islam tradisional dan modern dalam upaya membentuk akhlak peserta didik. Metode tradisional menekankan interaksi langsung antara guru dan murid dengan pendekatan sanad dan keteladanan, sedangkan metode modern mengintegrasikan teknologi dan pendekatan pedagogis kontemporer untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan wawancara terhadap pendidik di beberapa lembaga pendidikan Islam. Hasilnya menunjukkan bahwa integrasi kedua metode dapat memberikan hasil optimal dalam pembentukan akhlak, dengan metode tradisional memperkuat fondasi spiritual dan metode modern meningkatkan efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, kolaborasi metode tradisional dan modern sangat dianjurkan untuk menghasilkan generasi Muslim yang berakhlak mulia dan adaptif terhadap perkembangan zaman.
References
Achmad, Fatoni. “Filosofi Pendidikan Islam?: Membentuk Jiwa Anak Usia Dini Sebagai Cerminan Fitrah Dan Akhlak Mulia,” N.D.
Aladdin, Hisyam Muhammad Fiqyh, And Alaika M Bagus Kurnia. “Peran Materi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dalam Membentuk Karakter Kebangsaan.” Pendidikan Profesi Guru Aagama Islam 1, No. 3 (2019): 343–44. Http://Jurnal.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Medag/Article/View/6417/3050.
Amalia, Ratih. “Jurnal Komprehenshif.” Jurnal Komprehenshif 2, No. 1 (2024): 1–10.
Arief, Mohammad, And Ridhatullah Assya’bani. “Eksistensi Manajemen Pesantren Di Era Digital.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 16, No. 6 (2023): 2548. Https://Doi.Org/10.35931/Aq.V16i6.1541.
Arini Ulfah Hidayati, I, Syarif Maulidin*, Siti Kholifah. “Implementasi Problem-Based Learning (Pbl) Pada Proses Pembelajaran Pai: Studi Di Smk Pelita Bangun Rejo Arini” 4, No. 2 (2016): 1–23.
Auliya, Wildani Kushumah. “Integrasi Pendekatan Saintifik Melalui Model Pendidikan Agama Islam” 14, No. 1 (2022): 48–60.
Buton, Kabupaten. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Pada Generasi Muda Di Desa Laburunci Kabupaten Buton” 5, No. 1 (2025): 190–99.
Devi, Alvina Fitriasari. “Orang Tua , Moral Anak Madrasah Ibtidaiyah,” N.D., 275–85.
Di, Santriwati, M D A Al, Falah Rt, And Pasar Muara Aman. Oleh Kgs Budi Prasetio Nim: 20531082, 2025.
Evita Sari Dalimunthe, Kamilah, And Muhammad Syahbudi. “Jurnal Mudabbir.” Jurnal Research And Education Studies 3, No. 1 (2023): 11–20.
Furqan, Muhammad. “Surau Dan Pesantren Sebagai Lembaga Pengembang Masyarakat Islam Di Indonesia (Kajian Perspektif Historis).” Jurnal Al-Ijtimaiyyah 5, No. 1 (2019): 1. Https://Doi.Org/10.22373/Al-Ijtimaiyyah.V5i1.5132.
Ginanjar, Oleh M Hidayat. “Parenting.” Working Couples 02 (2022): 74–88. Https://Doi.Org/10.4324/9781003276159-7.
Ismail, Diauddin, And Dedi Kuswandi. “Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Digital” 5, No. 2 (2025). Https://Doi.Org/10.59818/Jpi.V5i2.1527.
Manan, Abdul. “Pendidikan Islam Dan Perkembangan Teknologi?: Menggagas Harmoni Dalam Era Digital.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5, No. 1 (2023): 56–73.
Nugraha, Mulyawan Safwandy, Muhammad Hasbullah, And Ujang Dedih. “Landasan Filosofis – Teologis Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Ilmiah Widya Borneo 7, No. 1 (2024): 81–87. Https://Doi.Org/10.56266/Widyaborneo.V7i1.292.
Panji, Aji Luqman, Achmad Ruslan Afendi, Akhmad Ramli, Sudadi Sudadi, And Agus Mubarak. “Pendidikan Islam Dengan Penanaman Nilai Budaya Islami.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 6, No. 1 (2023): 9. Https://Doi.Org/10.32529/Al-Ilmi.V6i1.2155.
Pendidikan, Jurnal. “Pedagogik” 2, No. 3 (2024): 482–93.
Putri, Tiara Dwi, Zumirrahilza Haq, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri, And Imam Bonjol Padang. “Model Pembelajaran Tradisional Dan Kontemporer Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Budaya Masyarakat Muslim . Sejak Awal , Pendidikan Ini Bertujuan Untuk Yang Adaptif Terhadap Perubahan Zaman Tanpa Mengabaikan Nilai-Nilai Dasar Ajaran” 3 (2025).
Rahman, Nisa Latifa, Putri Dewi Riyanto, And M Mahbubi. “Akhlak Mulia Sebagai Cerminan Iman?: Kajian Materi Aqidah” 1, No. 1 (2025): 7–16. Https://Doi.Org/10.63822/Jili.Vxix.Xxx.
Setiawan, Daryanto. “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya.” Jurnal Simbolika: Research And Learning In Communication Study 4, No. 1 (2018): 62. Https://Doi.Org/10.31289/Simbollika.V4i1.1474.
Sholihah, Abdah Munfaridatus, And Windy Zakiya Maulida. “Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter.” Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12, No. 01 (2020): 49–58. Https://Doi.Org/10.37680/Qalamuna.V12i01.214.
Tengah, Tapanuli, And Sumatera Utara. “Al-Muhajirin?: Jurnal Pendidikan Islam” 1 (2024).
Tohet, M, And F Z Alfaini. “Pembelajaran Hybrid: Integrasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Dengan Konvensional Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar ….” At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran …, No. 07 (2023): 509–21. Http://Ojs.Ummetro.Ac.Id/Index.Php/Attajdid/Article/View/3005%0ahttp://Ojs.Ummetro.Ac.Id/Index.Php/Attajdid/Article/Download/3005/1663.
Wahid, Lalu Abdurrahman, And Tasman Hamami. “Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Dan Strategi Pengembangannya Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan.” J-Pai: Jurnal Pendidikan Agama Islam 8, No. 1 (2021): 121–42. Https://Doi.Org/10.18860/Jpai.V8i1.15222.
Copyright (c) 2025 A. Moh. Ickhamal Suryadinata, Adhriansyah A. Lasawali , Mega

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â