Implementasi Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
Implementation of the Contextual Teaching and Learning (CTL) Model in Arabic Language Learning at SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Model CTL diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata, serta mengembangkan keterampilan berbicara, menulis, dan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model CTL berhasil dilakukan dengan pendekatan Relating, Experiencing, Applying, dan Cooperative, yang membuat siswa lebih terlibat aktif dalam pembelajaran. Faktor pendukung utama dalam penerapan CTL antara lain komitmen guru, fleksibilitas kurikulum, penggunaan teknologi, dan penilaian autentik. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti kurangnya dukungan orang tua, rendahnya partisipasi siswa, dan keterbatasan sarana dan prasarana. Analisis keterkaitan antara implementasi CTL dan hasil pembelajaran bahasa Arab menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan berbicara, menulis, serta pemahaman materi oleh siswa. Penerapan CTL membantu siswa menghubungkan pengetahuan yang diperoleh di kelas dengan pengalaman hidup mereka, sehingga pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih bermakna dan aplikatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model CTL efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Arab, meskipun masih terdapat tantangan yang perlu diatasi.
References
Bakri, M. A. (2019). Design and Implementation of Unified Management System for Teaching Arabic Language in Ma’had Al-Birr Under Supervision of Asia Muslim Charity Foundation. Al-Qalam. https://doi.org/10.31969/alq.v25i2.735
Ester, K., Sakka, F. S., Mamonto, F., Mangolo, A. E. M., Bawole, R., Mamonto, S., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, I., & Psikologi, D. (2023). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Gmim II Sarongsong. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 967–973. https://doi.org/10.5281/zenodo.10421051
Hardani, et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta:CV Pustaka Ilmu Grup.
Hasudungan, A. N. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan. Jurnal DinamikA, 3(2), 112–126. https://doi.org/10.18326/dinamika.v3i2.112-126
Ilham Muchtar, M. (2018). Peningkatan Penguasaan Mufradat Melalui Pengajian Kitab pada Mahasiswa Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar. Al-Maraji’?: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.
Kholid, I. (2023). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Tarunaedu: Journal of Education and Learning, 1(1), 68–82. https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v1i1.134
Machpud, M. (2022). Pendekatan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sbk Kelas Vi Semester 2. TEACHING?: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 240–248. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1343
Muchtar, I. (2017). Metode Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.
Muchtar, M. I. (2020). ???????? ???????? ?? ????? ????? ??????? ???????? ?????? ??????????. TARBAWY?: Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2), 219–228. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.25593
Nasution, A. F., & Yusnaldi, E. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik di Kelas IV MIS Mutiara Pendahuluan. 13(3), 2937–2950.
Rahmawati, D., & Muhroji, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3140
Sangid, A., & Muhib, M. (2019). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. El-Tsaqafah?: Jurnal Jurusan PBA.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif). CV. Alfabeta.
Sumiati, S. (2023). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 611–619. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.546
Copyright (c) 2025 Athifah Muthmainnah, M. Ilham Muchtar, Nur Fadilah Amin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â