Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan Muhammadiyah Kota Parepare (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah Kota Parepare)

Actualization of Religious Moderation in Muhammadiyah Educational Institutions in Parepare City (Case Study at Muhammadiyah Vocational High School in Parepare City)

  • Alfian Shaddam Syafei Program Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Abdul Halik Program Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • M. Nasri Hamang Program Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Mahsyar Idris Program Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Amir Patintingan Program Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Moderasi Beragama, Guru, Peserta Didik, Pembelajaran, Lembaga Pendidikan Muhammadiyah

Abstract

Latar belakang kajian ini didasarkan pada pentingnya penguatan nilai-nilai Islam wasathiyah sebagai respon terhadap dinamika keberagaman dan potensi disorientasi beragama di kalangan pelajar. Fokus penelitian diarahkan pada tiga aspek pokok, yaitu: (1) konsep dan kebijakan moderasi beragama dalam konteks kelembagaan, (2) implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam praktik pendidikan, baik secara kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler, serta (3) implikasi aktualisasi moderasi beragama terhadap perilaku peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Pendekatan teologis digunakan untuk mengkaji prinsip-prinsip Islam wasathiyah sebagai dasar normatif dari konsep moderasi beragama, sekaligus sebagai pisau analisis terhadap praktik pendidikan di lembaga yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kota Parepare telah mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama secara sistematis dalam kebijakan dan praktik pendidikan, meskipun pada tataran implementasi di lapangan masih terdapat beberapa aspek yang belum berjalan secara optimal. Nilai-nilai seperti toleransi, keterbukaan terhadap perbedaan, serta cinta tanah air diinternalisasikan dalam kegiatan pembelajaran dan kehidupan sekolah sehari-hari. Implementasi moderasi beragama berdampak positif terhadap peserta didik dalam tiga ranah utama: kognitif (pemahaman keagamaan yang moderat), afektif (sikap inklusif dan empatik), dan psikomotorik (perilaku sosial yang harmonis dan toleran). Penelitian ini menegaskan pentingnya peran lembaga pendidikan dalam membentuk karakter generasi muda yang religius, moderat, dan berwawasan kebangsaan.

References

Abdullah. The Role of Religious Moderation in Preventing Extremism. Journal of Religious Studies, Vol. 15, No. 4, 2022.

Abidin, Zainal. Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Islam. Tarbiyah Journal, Vol. 6, No. 2, 2020.

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. 2021.

Al-Bukhari, Imam. Sahih al-Bukhari. Riyadh: Darussalam, 2020.

Al-Bukhari, Muhammad Ibn Isma’il. Sahih Al-Bukhari Kitab Al-Iman Terj. Muhammad Muhsin Khan. Darussalam, 1997, No. 39.

Al-Ghazali, Abu Hamid. Ihya Ulumiddin. Dar Al-Hikmah, 2019.

Ali, Mohammad. Moderasi Beragama dalam Pendidikan: Perspektif Muhammadiyah. Yogyakarta: UMM Press, 2021.

Ali, Mohammad. Paradigma Pendidikan Berkemajuan: Teori dan Praksis Pendidikan Progresif Religius KH. Ahmad Dahlan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2017.

Ali, Muhammad. Moderasi Beragama dalam Pendidikan: Integrasi Nilai Toleransi dalam Kurikulum Muhammadiyah. Yogyakarta: UMM Press, 2022.

Ali, Muhammad. Religious Pluralism and Tolerance in the Qur'an. Journal of Islamic Studies, Vol. 27, No. 3, 2021.

Al-Qur'an and Its Interpretation: Tafsir Ibn Kathir. Translated by Tafsir Ibn Kathir. Dar al-Kotob al-Ilmiyah, 2000.

Amin, Ma'ruf. Moderasi Beragama dalam Islam. Jakarta: Mizan, 2019.

Amin, Ma'ruf. Moderasi Beragama: Konsep dan Praktik. Jakarta: Mizan, 2019.

Amri et al. Promoting Tolerance in a Multicultural Society. Social Cohesion Journal, Vol. 18, No. 1, 2023.

Anderson, Benedict. Imagined Communities: Reflections on the Origin and Spread of Nationalism. Verso Books, 2019.

Anwar, Syamsul. Kemuhammadiyahan: Spirit dan Transformasi. Pustaka Muhammadiyah, 2022.

Arif, Mahmud. Moderasi Islam dan Kebebasan Beragama Perspektif Mohamed Yatim & Thaha Jabir Al-Alwani. Sleman: Deepublish, 2020.

Arifah, dkk. Islam Berkemajuan: Muhammadiyah sebagai Pembaharu Pendidikan dalam Laju Zaman. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 5, No. 1, 2022.

Arman. Implementasi Moderasi Beragama Muhammadiyah dan Kesesuaiannya dengan Konsep Moderasi Beragama dalam Perspektif Barat dan Epistemologi Islam. Universitas Muhammadiyah Pringsewu, 2023.

Arofah, dkk. Gagasan Dasar dan Pemikiran Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan. Jurnal Tajdida, Vol. 13, No. 2, 2015.

Asman, Rahmat. The Role of Islamic Education in Building Religious Moderation in Muhammadiyah Schools in Parepare. UMPAR Press, 2020.

At-Tirmidzi, Imam. Jami’ at-Tirmidzi, Kitab al-Manaqib, Bab Ma Ja’a fi Fadli Makkah wa Khurujin Nabi Saw. Minha, Hadits No. 3926. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1996.

Azra, Azyumardi. Islam and Nationalism in the Global Era. Southeast Asian Journal of Islamic Studies, Vol. 9, No. 3, 2021.

Azra, Azyumardi. Islam in the Modern World: The Relevance of Moderate Islam. Sari Press, 2021.

Banks, James A. Cultural Diversity and Education: Foundations, Curriculum, and Teaching. Boston: Pearson, 2019.

Charles, Et al Taylor. The Ethics of Authenticity. Harvard University Press, 2020.

Creswell, John W dan Cheryl N. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Creswell, John W. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications, Vol. 4, No. 2, 2018.

Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Darmawan, Hendra. Peran Pendidik dalam Membangun Toleransi di Lembaga Pendidikan: Perspektif Moderasi Beragama. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 14, No. 1, 2022.

Darsitun. Potret Pendidikan Islam Model Muhammadiyah dan Perannya dalam Pengembangan Pendidikan Islam Indonesia. Jurnal Tarbawi, Vol. 5, No. 1, 2020.

Dasar Hukum Peraturan Perundang-undangan Nomor 20 Tahun 2022. Revisi Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Daulay, Afrahul Fadhila. Modernisasi Pendidikan pada Muhammadiyah. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 2, 2019.

Dewi, Sitti. Pendekatan Holistik dalam Pendidikan Agama: Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Agama, 2021.

Djaya, Sulaiman. Moderasi Beragama Melampaui Toleransi. Jurnal Dakwah, Vol. 27, No. 2, 2023.

Fathurrahman, Nasir. Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam: Perspektif Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.

Fukuyama, Francis. Identity: The Demand for Dignity and the Politics of Resentment. Profile Books, 2021.

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Haryanto, Teguh. Dialog Antaragama sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme. Jurnal Studi Islam dan Multikulturalisme, Vol. 5, No. 2, 2022.

Haryanto, Teguh. Keberagaman dalam Perspektif Islam dan Relevansinya di Era Globalisasi. Jurnal Islam dan Multikulturalisme, Vol. 7, No. 2, 2023.

Hasanah et al. Multicultural Education in Building Social Harmony. Indonesian Journal of Education, Vol. 10, No. 3, 2021.

Hasbullah. Pendidikan Moderasi di Era Digital. Universitas Muhammadiyah Pringsewu Press, 2022.

Hays, R & D Wood. Diversity and Innovation: A Systematic Review. Journal of Social Research, Vol. 12, No. 3, 2021.

Hidayah, Nia. Peran Pemimpin dalam Pengembangan Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 1, 2022.

Hidayah, Nur. The Role of Education in Promoting Religious Moderation. Journal of Educational Studies, Vol. 15, No. 1, 2023.

Hidayat, Dadang. Moderasi Beragama dalam Perspektif Islam dan Implementasinya dalam Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2019.

Hidayat, Dadang. Moderasi Beragama dan Toleransi dalam Konteks Pendidikan. Jakarta: Laksana Press, 2022.

Hidayat, Dadang. Pendidikan Toleransi dan Moderasi Beragama di Sekolah. Jakarta: Kencana, 2020.

Hidayat, Dede. Pendidikan Toleransi dan Moderasi Beragama di Sekolah. Jakarta: Kencana, 2020.

Ibrahim, Rini. Peran Pemimpin Agama dalam Mempromosikan Moderasi di Media Sosial. Jurnal Studi Agama, Vol. 5, No. 3, 2022.

Indonesia, Kementerian Agama Republik. Laporan Pengembangan Pendidikan Moderasi Beragama. Jakarta: Pustaka Agama, 2023.

Integrasi Konten Moderasi Beragama dalam Platform E-Learning. Muhammadiyah Journal of Educational Reform, Vol. 4, No. 1, 2023.

Ismunandar, dkk. Pendidikan Berkemajuan: Refleksi Praksis Pendidikan KH. Ahmad Dahlan. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol. 4, No. 1, 2016.

Ismunandar. Pengembangan Pendidikan Islam Berkemajuan Perspektif Muhammadiyah. Edusoshum: Journal of Islamic Education and Social Humanities, Vol. 1, No. 1, 2020.

John McLaughlin et al. The Role of Education in Promoting Nationalism. Journal of Social Science Education, Vol. 19, No. 3, 2022.

Kamali, Mohammad Hashim. The Middle Path of Moderation in Islam. Oxford University Press, 2022.

Katsir, Ibnu. Tafsir al-Qur'an al-‘Azhim. Riyadh: Darussalam, 2020.

Khamami, Abu. The Essence of Religious Moderation in Islam. Journal of Islamic Studies, Vol. 12, No. 3, 2022.
Kurniawan, Adi. Pendidikan Moderat di Era Digital: Menghadapi Narasi Ekstrem. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 7, No. 2, 2022.

Kurniawan, Arief. Strategi Pengembangan Pendidikan Moderasi Beragama dalam Meningkatkan Toleransi Antarumat Beragama. Surabaya: Penerbit Erlangga, 2020.

Kusumawati, dkk. Muhammadiyah sebagai Gerakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, No. 2, 2019.

Maarif, Ahmad Syafii. Islam dan Moderasi Beragama: Perspektif Muhammadiyah dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Studi Islam, Vol. 23, No. 2, 2021.

Maarif, Ahmad Syafii. Islam dan Moderasi: Sebuah Telaah Filosofis. Yogyakarta: Mizan, 2021.

Maarif, Ahmad Syafii. Islam dan Toleransi: Perjalanan Kehidupan Beragama di Indonesia. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2019.

Malik, Abdul dan Busrah. Relasi Pemerintah dan Akademisi dalam Isu Moderasi Beragama di Indonesia. Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, Vol. 23, No. 2, 2021.

Manser, Martin H.. Oxford Learner's Dictionary. Oxford: Oxford University Press, 1991.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.

Mu’ti, Abdul dan Fajar Riza Ul Haq. Kristen Muhammadiyah: Mengelola Pluralitas Agama dalam Pendidikan. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2023.

Muhaimin, Ahmad. Pendidikan Islam dan Moderasi Beragama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2021.

Muhaimin. Pendidikan Islam dan Moderasi Beragama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2020.

Muhammadiyah, Pimpinan Pusat. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah Edisi Revisi 2022 tentang Prinsip Dasar Ketaatan pada Hukum Negara. Yogyakarta: Gramasurya, Bab II, Pasal 6, 2022.

Muhammadiyah, Pimpinan Pusat. Risalah Islam Berkemajuan: Memajukam Indonesia Mencerahkan Semesta. Yogyakarta: PT. Gramasurya, 2022.
Muhammadiyah, Pimpinan Pusat. Tanfidz Keputusan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah: Muktamar Muhammadiyah ke-48. Yogyakarta: Gramasurya, 2010.

Mujahid, Ahmad. Verifikasi Informasi dalam Perspektif Islam. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2023.

Mujizatullah. Pendidikan Moderasi Beragama Peserta Didik Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu Kabupaten Gorontalo. Educandum, Vol. 6, No. 1, 2020.

Mukhibat. Moderasi Beragama dalam Perspektif Al-Qur’an. Esensia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, Vol. 21, No. 1, 2020.

Muslim, Abu Al-Husain. Sahih Muslim: The Book of Faith. Dar Al-Fikr, 2018.

Muzadi, Hasyim. Wasatiyyah dalam Konteks Kekinian. Jakarta: Pustaka Islam, 2021.

Muzadi, Hasyim. Wasatiyyah: Konsep Moderasi dalam Beragama. Jakarta: Pustaka Islam, 2020.

Nafis, M Cholil dkk. Islam Wasathiyyah. Jakarta: Komisi Dakwah MUI, 2019.

Nashir, Haedar. Moderasi Beragama: Perspektif Muhammadiyah dalam Menjaga Kerukunan Bangsa. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2020.

Nasr, Seyyed Hossein. Islam in the Modern World. HarperOne, 2023.

Nasr, Seyyed Hossein. The Heart of Islam: Enduring Values for Humanity. New York: HarperOne, 2021.

Nasution, Ahmad. Incorporating Religious Moderation in National Education Curriculum. Indonesian Journal of Education Research, Vol. 10, No. 2, 2022.

Nasution, M Amin Abdullah. Toleransi dalam Islam: Perspektif Al-Qur'an dan Hadits. Jurnal Studi Islam, Vol. 8, No. 2, 2020.

Nugraheni, Galuh Wilujeng. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Moderasi Beragama di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia, 2021.

Nugroho, Sigit. Dialog Lintas Agama: Menyebar Kebaikan di Tengah Perbedaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 10, No. 2, 2023.
Nurdiana, Rina & Dewi Mulyani. Keterampilan Psikomotorik dalam Mengamalkan Moderasi Beragama. Jurnal Pendidikan Sosial dan Agama, 2022.

Nurdin, Abdul. Moderasi Beragama dalam Pendidikan: Menyikapi Tantangan Global. Jurnal Pendidikan dan Agama, Vol. 5, No. 3, 2023.

Nurjannah, Dwi. Implementasi Moderasi Beragama di Sekolah: Studi Kasus di Sekolah Muhammadiyah. Jurnal Ilmu Agama dan Sosial, Vol. 2, No. 1, 2023.

Parepare, SMK Muhammadiyah. Buku Pedoman Budaya Kerja (Hasil Workshop Penguatan Budaya Kerja). Parepare: 2020.

Pasha, Musthafa Kemal. Muhammadiyah sebagai Gerakan Tajdid. Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri, 2020.

Pendapat ini disampaikan Muhammad bin Mukrim bin Mandhur al-Afriqy al-Masry sebagaimana dikutip oleh M. Cholil Nafis dkk. Islam Wasathiyah. Online 13 Oktober 2024.

Prabowo, Bambang. Pendidikan Agama dalam Meningkatkan Moderasi
Published
2025-07-30
How to Cite
Alfian Shaddam Syafei, Abdul Halik, M. Nasri Hamang, Mahsyar Idris, & Amir Patintingan. (2025). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan Muhammadiyah Kota Parepare (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah Kota Parepare): Actualization of Religious Moderation in Muhammadiyah Educational Institutions in Parepare City (Case Study at Muhammadiyah Vocational High School in Parepare City). Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 20(2). https://doi.org/10.56338/iqra.v20i2.8249
Section
Articles