Menutup Kesenjangan Digital: Studi Kasus Meningkatkan Kehidupan Umkm di Kantin Pojok Kuliner Universitas Singaperbangsa Karawang Melalui Literasi Digital
Closing the Digital Gap: A Case Study Improving The Lives Of Msmes In The Culinary Corner Of Singaperbangsa Karawang University Through Digital Literacy
Abstract
Kesadaran penguasaan media pemasaran digital masih rendah di kalangan pengusaha mikro di wilayah UNSIKA. Hal ini tergambar dari banyaknya produk usaha kecil yang ada sehingga sulit bersaing dengan yang lain dalam media jual beli online. Oleh karena itu, literasi digital dipandang sebagai life skill yang perlu diajarkan kepada pelaku usaha mikro di wilayah UNSIKA agar produk yang ada mampu bersaing dengan produk lain di pasar digital.Pendidikan literasi digital bagi usaha kecil merupakan sebuah konsep tentang adopsi media pemasaran digital dan kemungkinankemungkinan bisnis yang dapat diwujudkan melalui media digital.Dukungan keterampilan digital diterima dengan baik oleh pemangku kepentingan usaha kecil. Selain itu, beberapa diskusi juga dilakukan mengenai pemasaran digital, inovasi produk, serta penentuan pasar yang tepat untuk produk dan media sosial yang digunakan.
References
Fauzi, F., Antoni, D., & Suwarni, E. (2020). Women entrepreneurship in the developing country: The effects of
financial and digital literacy on SMEs’ growth. Journal of Governance and Regulation, 9(4), 106–115.
https://doi.org/10.22495/JGRV9I4ART9
Keterangan Pers Kominfo tentang Capaian Gernas Dikuntara, Desember 2023
(https://www.kominfo.go.id/content/detail/38247/siaran-pers-no 241hmkominfo122023/0/siaran_pers)
Laporan "Landscape of Digital Transformation among MSMEs in Indonesia", Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf),
Februari 2023 (https://www.bekraf.go.id/downloadable/pdf/penelitian/20230215_Laporan%20Landscape%2
UMKM%20Digital.pdf)
Laporan Studi "Dampak Adopsi Digital pada UMKM di Indonesia", Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia
(APJII), Oktober 2023 (https://www.apjii.or.id/survei/2023/Laporan_Dampak_Adopsi_Digital_UMKM.pdf)
Naidu, S., & Chand, A. (2021). Enhancing digital literacy among MSME entrepreneurs in developing countries: A
review of the literature. Journal of Small Business and Entrepreneurship Development, 9(2), 1-15.
Neumeyer, X., Santos, S. C., & Morris, M. H. (2021). Overcoming barriers to technology adoption when fostering
entrepreneurship among the poor: The role of technology and digital literacy. IEEE Transactions on Engineering
Management, 68(6), 1605–1618.
https://doi.org/10.1109/TEM.2020.2989740
Patria, H., Alam, M. A. F., Mulyadi, A., & Setyarko, A. (2023). CAKRAWALA – Repositori IMWI | Volume 6 ,
Nomor 1 , Februari 2023. CAKRAWALA, 6(1).
Priyono, A., Moin, A., & Putri, V. N. A. O. (2020). Identifying digital transformation paths in the business model of smes
during the covid-19 pandemic. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(4), 1–22.
https://doi.org/10.3390/joitmc6040104
Reddy, P., Chaudhary, K., & Hussein, S. (2023). A digital literacy model to narrow the digital literacy skills gap.
Heliyon, 9(4), e14878. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e14878
Siaran Pers Kominfo "Indeks Literasi Digital UMKM Meningkat pada 2023", Maret 2023
(https://www.kominfo.go.id/content/detail/35791/siaran-pers-no- 56hmkominfo032023/0/siaran_pers)
Siaran Pers Kementerian Koperasi dan UKM tentang Program Bantuan Digitalisasi UMKM, Mei 2023
(http://www.depkop.go.id/berita-informasi/siaran-pers/bantuan-digitalisasi-umkm-2023)
Sunuantari, M., Zarkasi, I. R., Gunawan, I., & Farhan, R. M. (2021). R-TIK Digital Literacy towards Indonesian
MSMEs (UMKM) Digital Energy of Asia. Komunikator, 13(2), 175–187.
https://doi.org/10.18196/jkm.12380
Suryani, U., Arief, M., Bramantoro, S., & Hamsal, M. (2022). (2022). With O2O Business Adoption on the
Performance of Small. INTERNATIONAL JOURNAL OF EBUSINESS AND
EGOVERNMENT STUDIES, 0744, 199–223. https://doi.org/10.34109/ijebeg.
Susilawati, S., Sadikin, A., & Saripah, I. (2022). Development Of Ulen Gulung Entrepreneurship Based On Local
Wisdom Through Strengthening Digital Literacy At Bina Cipta Community Learning Center Ujungberung Bandung City.
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 175. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i1.112918
Wiratno, A., Untari, D., & Subanar, C. (2020). Strategi Peningkatan Literasi Digital UMKM dalam Menghadapi Persaingan
di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23(2), 189-206.