Urgentisitas Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Hafalan Santri
The Urgency Of Tahfidz Teachers In Improving Students' Memorization
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui Implementasi Metode Takrir pada pembelajaran tahfidzul Qur’an di MI Madrasatul Qur’aniyah Sandik Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat, bentuk keberhasilan, kendala- kendala serta upaya yang dilakukan pada implementasi metode takrir pada pembelajaran tahfizhul Qur’an di MI Madrasatul Qur’aniyah Sandik Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pebdekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang mencangkup tiga kegiatan utamayaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan validitas data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Metode Takrir pada pembelajaran tahfidzul Qur’an kelas VI MI Madrasatul Qur’aniyah Sandik Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat, hafalan siswa ada yang meningkat dan tidak, kendala-kendala berupa tidak bertambahnya hafalan siswa dan bermain ketika mengaji dan upaya yang dilakukan berupa musyawarah atau diskusi serta memberikan motivasi dan nasehat.
References
Anwar, Khoirul, and Mufti Hafiyana. 2018. “Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2(2): 181–98. doi:10.35316/jpii.v2i2.71.
Gunawan, Heri. 2018. Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. bandung: alfabet.
Hitami, Munzir. 2018. Pengantar Studi Al-Qur’an: Teori Dan Pendekatan. Jakarta: ciputat press.
Ilyas, M. 2020. “Metode Muraja’ah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an.” AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam 5(01): 1–24. doi:10.46963/alliqo.v5i01.140.
Jayanti, D S D, A Warisno, R Setyaningsih, and ... 2022. “Penerapan Metode Takrir Dalam Penguatan Hafalan Juz ’Amma Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati ….” Unisanan Journal?: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 01(04): 60–73. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/655.
Keswara, Indra. 2017. “Pembelajaran Tahfidul Qu’ran (Menghafal Al-Qur’an) Di Pondok Pesantren Al Husein Magelang”.” Hanata Widya 6(2): 62–73.
Lubis, Awwaliya Mursyida, and Syahrul Ismet. 2019. “Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini Di Tahfidz Center Darul Hufadz Kota Padang.” Aulad?: Journal on Early Childhood 2(2): 8–14. doi:10.31004/aulad.v2i2.30.
Munawar, Said Agil Husin Al. 2020. Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesaleha Hakiki. Jakarta: ciputat press.
Najib, Mughni. 2018. “Implementasi Metode Takrir Dalam Menghafalkan Al Quran Bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 8(3): 333–42. doi:10.33367/intelektual.v8i3.727.
Nasr, Seyyed Hossein. 2007. Islamic Philosophy from Its Origin to the Present: Philosophy in the Land of Prophecy. New York: State University of New York Press.