Kepemimpinan Inovatif Kepala Sekolah dalam Menghadapi Tantangan Kurikulum Merdeka
Innovative Leadership of School Principals in Facing the Challenges of the Independent Curriculum
Abstract
Peran kepala sekolah sangat penting dalam membawa perubahan signifikan, terutama dalam penerapan Kurikulum Merdeka yang bertujuan memberikan pengalaman belajar kontekstual, fleksibel, dan sesuai kebutuhan siswa. Namun, penerapan kurikulum ini menghadapi tantangan seperti keterbatasan teknologi, kesiapan sumber daya manusia, pelatihan guru yang terbatas, dan rendahnya keterlibatan pemangku kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis peran kepemimpinan inovatif kepala sekolah dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis literatur yang relevan di Google Scholar (2020–2024). Kriteria inklusi mencakup artikel yang membahas kepemimpinan kepala sekolah, inovasi pendidikan, dan tantangan penerapan kurikulum. Kepala sekolah berperan sebagai fasilitator dan motivator utama dalam mendukung guru dan siswa. Strategi yang diterapkan meliputi pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan, penguatan kolaborasi dengan pemangku kepentingan, dan pemantauan rutin. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan fasilitas teknologi, pelatihan guru yang kurang, dan rendahnya keterlibatan orang tua. Keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan inovatif kepala sekolah dalam mengatasi tantangan, mendukung pengembangan guru, dan menciptakan lingkungan sekolah yang adaptif terhadap perubahan
References
Arifin, M., & Gunawan, G. (2020). Entrepreneurial Leadership Models In The 21st Century For Vocational Education. In Utopia Y Praxis Latinoamericana (Vol. 25, Issue Extra 6, Pp. 175–188). Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.3987599
Ainia, D. K. (2020). "Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter" Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. Https://Doi.Org/10.23887/Jfi.V3i3.24525.
Assingkily, M. S. (2020). “Upaya Mewujudkan Program Kampus Merdeka Pada Kurikulum Pgmi Stit Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 62-77. Http://Journalfai.Unisla.Ac.Id/Index.Php/At-Thulab/Article/View/263
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek
Depari, R. S., & Musthofa, I. E. (2024). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. 9.
Marliyani, T., Margo Irianto, D., & Prihantini, P. (2023). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 154–160. Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V8i1.3927
Maulia, R. (2020). Pengelolaan Kegiatan Kewirausahaan Dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Di Smkn 3 Banda Aceh. In Pascasarjana Uin Bandda Aceh
Nasution, A. F. (2023). Hambatan Dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Mts Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. Merdeka Di Mts Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu.
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan Ips, 1(3), 177–187
Rosadi, H. Y. (2020). Tantangan Menjadi Guru Bk Dengan Kurikulum Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) Klaster Humanoira., 6(April), 5–24
Rusmiati, M, N, Ashifa, R & Herlambang, Y, T (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 7 (2). 1490-1499
Saputra, B. R., Arifin, I., & Sobri, A. Y. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran Saintifik Religius. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 94–102. Https://Doi.Org/10.24246/J.Jk.2021.V8.I1.P94-102
Saragih, O., & Marpaung, R. (2024). Tantangan Dan Peluang: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Mandiri Berubah Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 4(3), 888–903. Https://Doi.Org/10.53299/Jppi.V4i3.632
Syamsu, Azma, & Minabari, M. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Penanaman Nilai-Nilai Edupreneurship Di Smk Negeri Pariwisata Parigata Parigi Kabupaten Parigi Moutong. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (Kiiies 5.0), 2, 237–242
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. In Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Unib Press.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review Untuk Identifikasi Platform Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi Di Indonesia. Indonesian Journal Of Information Systems, 1(2), 63. Https://Doi.Org/10.24002/Ijis.V1i2. 1916
Turmuzi, A. (2024). Pelatihan Kepemimpinan Untuk Kepala Sekolah Di Era Kurikulum Merdeka: Sebuah Kajian Pengembangan Profesional.