Mitigasi Bencana Banjir: Pendekatan Edukasi Dan Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah
Flood Disaster Mitigation: An Educational Approach and School Community Preparedness
Abstract
Wilayah Tabongo, Kabupaten Gorontalo, merupakan salah satu daerah yang sering menghadapi ancaman banjir. SD Negeri 7 Tabongo adalah salah satu sekolah di wilayah ini yang menghadapi risiko banjir saat musim hujan. Program mitigasi bencana banjir di SD Negeri 7 Tabongo dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesiapsiagaan komunitas sekolah dalam menghadapi risiko banjir. Program ini meliputi edukasi kebencanaan melalui media visual, diskusi interaktif, dan simulasi praktis. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa dan guru tentang mitigasi banjir, dengan hasil post-test yang menunjukkan bahwa 85% peserta mampu memahami langkah-langkah mitigasi secara efektif dibandingkan hanya 30% sebelum program. Simulasi dan penggunaan alat peraga membantu siswa memahami hubungan antara perilaku manusia dan risiko banjir, sekaligus membangun keterampilan praktis. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan kesadaran kolektif terhadap pentingnya menjaga lingkungan. Program ini memberikan kontribusi positif dalam menciptakan komunitas sekolah yang lebih tanggap bencana banjir. Keberhasilan program ini menekankan pentingnya pendekatan berbasis komunitas dalam pengurangan risiko bencana banjir, serta perlunya dukungan keberlanjutan melalui kolaborasi dengan pemangku kepentingan lainnya.
References
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 2022. Rencana Nasional Penanggulangan Bencana 2020–2024. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 2023. Pedoman Kesiapsiagaan Bencana di Sekolah. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana.
Handayani, S., and D. Sutrisno. 2022. "Peran Sekolah dalam Mitigasi Bencana Banjir." Jurnal Pendidikan Bencana 10 (2): 101–112.
Pemerintah Kabupaten Gorontalo. 2021. Laporan Tahunan Penanggulangan Bencana Kabupaten Gorontalo. Gorontalo: Pemkab Gorontalo.
Schunk, D., and S. Baviskar. 2023. Constructivist Approaches in Education: Theory and Practice. Amity International Journal of Teacher Education.
Twigg, J. 2015. Disaster Risk Reduction: Good Practice Review. London: Humanitarian Practice Network.