Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Sales Provider Tri Area Gowa Enam dalam Meningkatkan Pelayanan dan Penjualan Kepada Outlet-Outlt di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem informasi manajemen dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh sales provider Tri Area Gowa dalam meningkatkan pelayanan dan penjualan kepada outlet-outlet di Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang diperoleh melalui wawancara dengan informan yang kompeten. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi manajemen yang diterapkan telah berjalan efektif melalui penggunaan program Retailer Application (RITA), yang mempermudah proses produksi dan penyediaan stok voucher serta kartu perdana, sehingga pelayanan menjadi lebih cepat dan efisien, serta penjualan meningkat. Strategi pemasaran yang diterapkan meliputi pemanfaatan teknologi berbasis sistem informasi manajemen, pemetaan sasaran pelanggan melalui segmentasi pasar, dan strategi personal selling.
References
Angraina, D. and Aditia, R. (2021). Sistem informasi penjualan pupuk di pt. agro subur anugerah berbasis website. Jurnal Fasilkom, 10(3), 320-326. https:/doi.org/10.37859/jf.v10i3.2407
Anugrah, R. (2024). Pengaruh sistem informasi manajemen dalam pembentukan kinerja organisasi bisnis di indonesia. Jurnal Mentari Manajemen Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2), 134-141. https:/doi.org/10.33050/mentari.v2i2.480
Eriani, I. and Fanani, Z. (2019). Ketidakpastian lingkungan dan kinerja manajerial : peran mediasi sistem akuntansi manajemen. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 9(3), 255-268. https:/doi.org/10.22219/jrak.v9i3.8709
Handrianto, Y. and Sanjaya, B. (2020). Model waterfall dalam rancang bangun sistem informasi pemesanan produk dan outlet berbasis web. Jurnal Inovasi Informatika, 5(2), 153-160. https:/doi.org/10.51170/jii.v5i2.66
Nopiani, E. and Ilham, Y. (2022). Strategi komunikasi pemasaran bongsang dalam menghadapi perubahan ekonomi (studi kasus komunikasi personal selling pengrajin bongsang tahu di desa cijeruk sumedang untuk mempertahankan konsumen di masa pandemi covid-19). Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1). https:/doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2863
Pratama, R. (2022). Rancang bangun sistem informasi penjualan komputer berbasis codeigniter framework. Jsii (Jurnal Sistem Informasi), 9(2), 150-158. https:/doi.org/10.30656/jsii.v9i2.5042
Senduk, J., Ilat, V., & Tirayoh, V. (2017). Pengaruh desentralisasi, strategi bisnis dan pemanfaatan informasi sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja manajerial pada pt bank mandiri di manado. Going Concern Jurnal Riset Akuntansi, 12(01). https:/doi.org/10.32400/gc.12.01.17139.2017
Sirojuddin, A., Amirullah, K., Rofiq, M., & Kartiko, A. (2022). Peran sistem informasi manajemen dalam pengambilan keputusan di madrasah ibtidaiyah darussalam pacet mojokerto. Zahra Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 19-33. https:/doi.org/10.37812/zahra.v3i1.395
Ulya, N., Khoirunnisa, N., & Laily, N. (2021). Analisis pemasaran direct selling mlm syariah member pt tiens. Journal of Islamic Studies and Humanities, 6(2), 130-137. https:/doi.org/10.21580/jish.v6i2.8999
Walingkas, H. and Saian, P. (2023). Penerapan framework flask pada pembangunan sistem informasi pemasok barang. Jurnal Jtik (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 7(2), 227-234. https:/doi.org/10.35870/jtik.v7i2.729
Widiastuti, D., Endrawati, H., & Artretyadiantari, R. (2022). Rekomendasi penerapan sistem informasi manajemen pada objek wisata di kabupaten tegal berbasis web. Restorica Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 8(2), 22-27. https:/doi.org/10.33084/restorica.v8i2.3491