Implementasi Clay Therapy Pada Masalah Ansietas Anak Prasekolah Dengan Hospitalisasi Di Ruangan Catelia Rsud Undata Provinsi Sulawesi Tengah
Implementation Of Clay Therapy In Children's Anxiety Problems Preschool With Hospitality In The Catelia Room Undata Hospital, Central Sulawesi Province
Abstract
Hospitalisasi merupakan salah satu penyebab kecemasan. Kecemasan pada anak merupakan hal yang harus segera diatasi, karena sangat menganggu pertumbuhan dan perkembangan. Clay therapy salah satu intervensi yang memberikan rasa nyaman pada anak, dengan membentuk akan membantu anak mengekspresikan kecemasan, sebagai proses distraksi dalam mengalihkan perhatian anak dari cemas yang dirasakan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Clay Therapy untuk mengatasi masalah ansietas anak Prasekolah dengan Hospitalisasi di Ruangan Catelia RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Desain studi kasus yang digunakan adalah studi kasus deskriptif. Studi kasus deskriptif adalah jenis studi yang memberikan deskripsi suatu kasus tertentu, dan membutuhkan peneliti untuk memulai penelitian dengan menggunakan teori deskriptif untuk menjelaskan hasil penelitian secara terperinci. Hasil yang didapatkan pada hari-1 sesudah dilakukan clay therapy klien mengungkap perasaannya bahwa dia senang setelah melakukan permainan clay, pada hari-2 anak susah diajak bermain namun setelah 30 menit klien mau bermain clay dengan tenang lalu mengungkapkan perasaannya bahwa dia sangat senang selama melakukan permainan clay. Selama bermain clay anak bisa membuat dan membentuk gambar dengan karyanya sendiri. Clay Therapy dilakukan 10-20 menit selama 2 kali pertemuan. Setelah dilakukan implementasi selama 2 kali pertemuan bahwa clay therapy dapat menurunkan kecemasan pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi.
References
Daniel, Argitya Righo, Djoko Priyono. 2021. “Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi?: A Literature Review.” Jurnal ProNers 6(1): 2021. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/48661.
Eliyanti, Yeni, and Yenni Fusfitasari. 2021. “Pengaruh Terapi Bermain Clay Terhadap Kecemasan Pada Anak Usia Pra Sekolah (3-6 Tahun) Yang Menjalani Hospitalisasi Di Rumah Sakit Bengkulu.” Jurnal Media Kesehatan 14(2): 166–74.
Handayani, P. D., E Dewi, and N Utami. 2023. “Penerapan Bermain Terapeutik Clayterhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Saat Tindakan Injeksi Di Rsud Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen.” Jurnal Ilmu Kesehatan 2(8): 71–78. https://journal-mandiracendikia.com/index.php/JIK-MC/article/view/406/298.
Mangundap, Selvi Alfrida. 2020. “Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Kecemasan Anak Usia Sekolah Saat Hospitalisasi Di Ruangan Catelia Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu The Influence of Therapeutic Play on The Anxiety of Hospitalized School – Age Children in the Catelia Room of Public Hos.” Lentora Nursing Journal 1(1): 1–5. http://jurnal.poltekkespalu.ac.id/index.php/LNJ/article/view/284.
Medik, Rekam. 2024. “MHS PENGUNJUNG PER PASIEN CATELIA 2021-2023.”
Nugroho, Fahmi, and Siti Rofiqoh. 2021. “Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Literature Review?: Terapi Bermain Clay Dalam Menurunkan Respon Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi.” Seminar Nasional Kesehatan: 678–84.
Pratiwi, Wulan, and Sri Nurhayati. 2023. “Penerapan Terapi Bermain Puzzle Pada Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi Di Rsud Jend. Ahmad Yani Metro Application of Puzzle Play Therapy To Preschool Children (3-6 Years) Experience Anxiety Due To Hospitalization In.” Jurnal Cendikia Muda 3(4): 2023. https://jurnal.akperdharmawacana.ac.id/index.php/JWC/article/view/512/345.
Rahayu, Nadia Ferlita Handayani. 2021. “Pengaruh Terapi Bermain Clay Terhadap Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Yang Menjalani Hospitalisasi.” : 1–82.
Rahmawati, Meytha Nur. 2022. “Pengaruh Terapi Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi Anak Prasekolah: Literature Review.” http://digilib.unisayogya.ac.id/6604/.
Riskesdas. 2018. “Laporan Riskesdas 2018 Nasional.” Lembaga Penerbit Balitbangkes: hal 156. https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/laporan-hasil-survei/%0Ahttps://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3514/.
Susilowati, Murni Isna, and Ratna Setiyaningsih-Politeknik Kesehatan Bhakti Mulia. 2021. “Terapi Bermain Clay Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Menjalani Hospitalisasi.” Indonesian Journal on Medical Science 8(1). doi:10.55181/ijms.v8i1.256.
WHO. 2019. “Anxiety Disorders.”