Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Merchandise K-POP BTS (Studi Kasus Group Whatsapp Army Banjarmasin)

The Influence of Electronic Word of Mouth on Purchase Decisions of K-POP BTS Merchandise (Case Study of Banjarmasin Army Whatsapp Group)

  • Siti Annisah Rosallina Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin
  • Muzahid Akbar Hayat Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin
  • Risa Dwi Ayuni Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin
Keywords: E- Wom, Keputusan Pembelian, Merchandise BTS

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ELECTRONIC WORD OF MOUTH dalam Keputusan Pembelian MERCHANDISE K-pop BTS di Kota Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ELECTRONIC WORD OF MOUTH terhadap Keputusan Pembelian MERCHANDISE   K-Pop BTS di Kota Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis data korelasi menggunakan model regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah Army yang masuk di dalam Group Whatsapp ARMY Banjarmasin. Dengan menggunakan pendekatan rumus slovin, maka ditemukan sampel dalam penelitian ini adalah 75 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan positif dari Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian MERCHANDISE   K-Pop BTS di Kota Banjarmasin.

References

Fakhrudin, A., Yudianto, K., & AD, Y. S. M. (2021, October). Word of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah. In FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (Vol. 23, No. 4, pp. 648-657).

Hayat, M. A., Subroto, P., Kurniawan, M. I., & Jauhari, M. (2021). KONTRIBUSI KOMUNIKASI MASSA INSTANSI PEMERINTAH MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN KAPUAS. Journal of Syntax Literate, 69(12).

Ilham, Z., Novianti, L. D., & Ayuni, R. D. (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN PEGAWAI BAKSO BOEDJANGAN TERHADAP PELANGGAN DI BANJARMASIN

Ismayani, A. (2019). Metodelogi penelitian. Syiah Kuala University Press

Ivana, V., Sari, A., & Thio, S. (2014). Electronic Word-of-mouth (E-wom) Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Dan Kafe Di Surabaya. Jurnal Hospitaly dan Manajemen Jasa, 2(2), 218-230.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop shopee di pekanbaru. Jurnal valuta, 4(1), 71-85.

Lestari, S. P. (2016). Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Majalah Ilmiah Inspiratif, 2(2).

Putri, K.A., Amirudin, A., & Purnomo, M. H. (2019). Korean Wave dalam Fanatisme dan Kontruksi Gaya Hidup Generasi Z. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 14(1), 125-135.

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 19(1), 170-182.

Published
2025-03-15
Section
Article