Pengaruh Komunikasi Pemasar Terhadap Kepuasan Pelanggan Ms Glow Beauty Banjarmasin

The Influence of Marketing Communication on Customer Satisfaction at Ms Glow Beauty Banjarmasin

  • Mifta Ridhayana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Kalimantan Muhammad Asryad Al Banjari Banjarmasin
  • Risa Dwi Ayuni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Kalimantan Muhammad Asryad Al Banjari Banjarmasin
  • Mohammad Ali Wafa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Kalimantan Muhammad Asryad Al Banjari Banjarmasin
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan Ms Glow Beauty Banjarmasin. Jenis penelitian ini mengunakan kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, populasi dan penelitian adalah pelanggan Ms Glow Beauty Banjarmasin. Sampel yang diambil sebanyak 55 responden dengan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling di ambil dari grub Ms Glow Beauty dengan mengunakan rumus slovin. Berdasarkan uji normalitas hasil singnifikasi pada table bagian asymp sig.2. (2tailed) sebesar 0,22 yang mana nilai tersebut lebih dari 0,05 dan dapat dinyatakan data pada penelitian ini bersignifikasi normal. Hasil regrensi sederhana nilai singifikan tersebut kurang dari pada nilai probabilitas 0,00>0,05 maka terdapat pengaruh antara Variabel X (komunikasi pemasaran) dan Variabel Y (kepuasan pelanggan). Nilai R besar sebesar 0,829 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan komunikasi pemasran terhadap kepuasan pelanggan Ms Glow Beauty Banjarmasin memiliki hubungan sangat kuat. Nilai R square 0,687 atau 68,7%. Hal ini menunjukkan bahwa presentase pengaruh variabel X (Penagaruh Komunikasi Pemasaran) terhadap variabel Y (Kepuasan Pelanggan) sebesar 68,7% sedangkan sisanya 31,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di masukan dalam penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat banyak factor lainnya yang mempengaruhi. Uji t nilainya, maka t hitung 10,791 lebih besar dari t tabel 1,298 maka regresi linear sederhana dapat digunakan untuk memprediksi kepuasan pelanggan yang di pengaruhi oleh komunikasi pemasaran.

References

Amanah, Lailatul. "Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan

corporate social responsibility sebagai variabel pemoderasi." Jurnal Ilmu dan Riset

Akuntansi (JIRA) 7.11 (2018).

Darmawan, R. A., & Muttaqin, R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap

Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Survei pada

Divisi Pemasaran PT Fastrata Buana Cabang Cianjur). JEMSI (Jurnal Ekonomi,

Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2795-2805.

Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan

mixed method). Hidayatul Quran.

Kakunsi, E., Pangemanan, S., & Pontoh, W. (2017). Pengaruh gender dan tingkat pendidikan

terhadap kepatuhan wajib pajak di Wilayah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tahuna.

Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 12(2)

Kambali, Imam, and Siti Masitoh. "Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan

Pembelian Jasa Pengiriman Barang Di Kantor Pos Pati 59100." Pro Mark 11.1 (2021): 10-

Kusmiyati, Kusmiyati, and Nera Marinda Machdar. "Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kualitas

Audit, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai

Variabel Intervening." Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime) 1.1 (2023): 01-16.

Lestari, H. R., & MM, A. F. PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP MINAT

BELI PRODUK MULTIMEDIA PT. BALAI PUSTAKA (PERSERO) MEDIASI SIKAP

KONSUMEN.

Mouti, D. A. (2020). Pengaruh Persepsi Pemilik dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha

Barbershop Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Doctoral dissertation, UPN"

Veteran" Yogyakarta).

Mufidah, S. (2019). PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP INOVASI DAN

IMPLIKASINYA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (Survey pada PengusahaRajut di Sentra Industri Rajut Binong Jati) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan

Indonesia).

NIMIA, SILVESTIA DESTRIANA. PENGARUH SKEPTISME PROFESIONAL,

KOMPLEKSITAS TUGAS, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP AUDIT JUDGMENT

(Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Wilayah Bekasi dan Jakarta Pusat).

Diss. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 2018.

Rahayu, B. A., & Suryani, E. (2022). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT)

Berbantuan Media Ular Tangga untuk Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran IPA Kelas

SD Negeri Bakalrejo 01. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang

Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 14-20.

RASYID, NOVIA FADILLA. PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA

TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI

VARIABEL INTERVENING PADA PT. SMARTFREN TELECOM Tbk. CABANG

KOTA METRO. Diss. Universitas Muhammadiyah Metro, 2023.

Renggo, Y. R., & Kom, S. (2022). Populasi Dan Sampel Kuantitatif. Metodologi Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi, 43.

Safitri, Elvina, and Ade Taufan. "PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP

KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA

N 13 MERANGIN." Ekopendia 6.2 (2021): 68-76.

Saputra, S., & Apriliani, A. S. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN POST SERVICE

FOLLOW UP (PSFU) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. ASTRA

INTERNATIONAL TBK-TOYOTA SALES OPERATION (TSO) AUTO2000 CABANG

PASTEUR KOTA BANDUNG. Pro Mark, 12(2).

Subakti, A. (2022). Prosedur Ekspor Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi

(Doctoral dissertation, Akuntansi)

Shabihah, Yonada Salwa, and Fauzan Aziz. "Pengaruh Online Customer Rating dan Discount

Terhadap Purchase Decision Pada Layanan GoFood di Bandung Raya." Economics and

Digital Business Review 4.2 (2023): 327-336.Pujihastuti, I. (2010). Prinsip penulisan kuesioner penelitian. CEFARS: Jurnal Agribisnis dan

Pengembangan Wilayah, 2(1), 43-56.

Published
2025-03-15
Section
Article