Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada PT. United Tractors Cabang Palu

Marketing Communication Strategy in Increasing Sales at PT. United Tractors Palu Branch

  • Mawahda Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido
  • Hariyanto R. Djatola Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido
  • M. Ihsan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido
Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Konsumen, Penjualan

Abstract

Startegi komunikasi pemasaran yang baik dan efektif sangat penting dilakukan untuk meningkatkan hasil produk di PT. United Tractors Cabang Palu. Penelitian ini akan mengkaji secara mendalam bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan. Bisnis alat berat di Indonesia cukup potensial mengingat pemerintah Indonesia menerapkan berbagai program pembangunan di berbagai wilayah Indonesia seperti perbaikan jalan, jembatan, pasar tradisional dan gedung untuk fasilitas umum, kemudian di dukung dengan naiknya sektor Pertambangan dalam negeri, sektor Kehutanan, sektor Pertanian dan Perkebunan serta sektor industri yang kian pesat dimana tambang merupakan salah satu sektor yang mendominasi akan permintaan alat berat. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasara dalam meningkatkan penjualan pada PT. United Tractors Cabang Palu. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dengan tektik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, observasi lapaangan yang melibatkan informan sebagai sumber informasi dan dokumentasi sebagai sumber data utama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh PT. United Tractors Cabang Palu dalam meningkatkan penjualan adalah dengan program komunikasi pemasaran yang dijalankan yaitu advertising, sales promotion, event and experience, direct marketing, WOM dan personal selling dan mampu memanfaatkan berbagai media promosi baik secara online atau offline dengan konten atau pesan yang disampaikan secara kreatif.

References

Anthony, W.P, Parrewe, P. L, and Kacmar. 2013 Strategic Human Resource Management. Orlando: Harcourt Brace and company.

Amstrong, G and P. Kotler, 2004. Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 1. Ahlih Bahasa Alexander Sindoror Dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prehalindo.

Arni Muhammad. 2016. Komunikasi Organisasi. Edisi Kedua. Jakarta; Bumi Aksara.

Abdullah. (2017). Bauran Promosi, Sari Kuliah, Satu Nusa, Bandung. Hal. 23.

David, F. R. (2010). Manajemen Strategi : Konsep. Jakarta: Salemba Empat edisi 12.

Diwati, F., dan Santoso, T. I. (2015). Pengaruh Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) terhadap Keputusan Membeli Konsumen pada Binsis Tour & Travel di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal EBANK, Vol. 6, No. 2, 33-54.

Hendryadi, Tricahyadinata, I., & Zannati, R. (2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: Lembaga Pengembagan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, P. and Gary, Amstrong (2014:2020) Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid & 2. Jakarta: PT. Indeks

Kotler, Philip and Lane Keller. 2017. Marketing Manajement, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Koesomowidjojo, Suci R. Mar?ih. Dasar-Dasar Komunikasi. Jakarta: Bhuana

Ilmu Populer, 2021.

Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Limakrisna, N. dan Purba, T.P, (2017). Manajemen Pemasaran, Teori dan

Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia, jilid 2, Mitra Wacana Media. Bogor.

Musfar Firli, Tengku. 2020. Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran Strategi Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prayitno, Sunarto, Rudy Harjanto. 2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Depok: Rajawali Pers.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana.

Sutardji.2016. Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Yogyakarta; Dee Publish.

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, 2011, Strategi Pemasaran, edisi 3, Andi: Yogyakarta.

Tjiptono Fandy, Anastasia Diana (2020) Pemasaran : Penerbit Andi Yogyakarta

https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/284153/File_10-BAB-II--

Landasan-Teori.pdf

https://www.gramedia.com/literasi/advertisingadalah/?srsltid=AfmBOootcgJPfBxQuT0ONWB-b3wzcK7NO9CVS3ZgFkH_1QBT9sUDJXih

https://www.ocbc.id/id/article/2021/06/04/word-of-mouth#:~text=Apa

https://www.stickearn.com/insights/blog/strategi-komunikasi-pemasaran

website: https:/www.unitedtractors.com.

Published
2025-03-15
Section
Article