Pendidikan STEM dan Ekonomi Digital: Membangun Tenaga Kerja yang Terampil untuk Masa Depan
STEM Education and the Digital Economy: Building a Skilled Workforce for the Future
Abstract
Transformasi digital telah mengubah lanskap ekonomi global, menuntut tenaga kerja yang memiliki keterampilan tinggi dalam bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Namun, kesenjangan antara kurikulum pendidikan dan kebutuhan industri digital masih menjadi tantangan utama dalam menciptakan lulusan yang siap kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendidikan STEM dalam mempersiapkan tenaga kerja untuk ekonomi digital serta mengidentifikasi solusi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan industri. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods dengan pendekatan kuantitatif melalui survei terhadap mahasiswa, dosen, dan praktisi industri, serta pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 40% responden yang menilai kurikulum pendidikan STEM sudah relevan dengan kebutuhan industri, sementara 55% lulusan merasa kurang siap memasuki dunia kerja digital. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran juga belum optimal, di mana hanya 60% institusi yang telah menggunakan teknologi digital, namun masih terbatas pada alat dasar. Selain itu, kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri masih rendah, dengan hanya 35% responden yang menyatakan adanya kerja sama yang memadai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini merekomendasikan reformasi kurikulum berbasis proyek, peningkatan pengalaman praktis melalui magang dan bootcamp industri, optimalisasi pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran STEM, serta penguatan kerja sama antara akademisi dan industri dalam pengembangan keterampilan digital. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan pendidikan STEM dapat lebih efektif dalam mencetak tenaga kerja yang siap bersaing di era ekonomi digital
References
Firmantara, M. R., Sudarti, S., & Handayani, R. D. (2023). Pengaruh stem-pjbl terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa mts. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12(1), 179.
Tee, P. K., Wong, L. C., Dada, M., Song, B. L., & Ng, C. P. (2024). Demand for digital skills, skill gaps and graduate employability: evidence from employers in malaysia. F1000Research, 13, 389.
Noviani, E. P. F., Japa, L., & Lestari, T. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap motivasi belajar dan keterampilan kolaborasi siswa di sma negeri 1 lingsar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2058-2063.
Almarashdeh, I. & Al-Debei, M. M. (2021). The Role of MOOCs in Enhancing Access and Affordability of Higher Education. Education and Information Technologies, 26(2), 1337-1361.
OECD. (2019). The Future of Education and Skills: Education 2030.
Latif, N., Khan, A., & Rahman, M. A. (2023). Curriculum Development Oriented to Career in Higher Education: Bridging the Gap Between Education and Industry Demands. Journal of Career Development, 50(2), 125-139.
David, P. et al. (2022). Assessing the Gap between STEM Education and Industry Needs. Journal of Science and Technology Education, 14(3), 158-174.
Khairunnisa, K., Fitrah, M., Lorosae, T. A., Ramadhan, S., & Munir, M. (2023). Penguatan integrasi kurikulum program studi dengan dunia kerja melalui studi excursion dalam pembelajaran mahasiswa. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 90-98.
Zulhijah, M. P. S., Halin, H., & Purnamasari, E. D. (2024). Pengaruh lingkungan keluarga dan praktik kerja lapangan dalam kesiapan kerja siswa-siswi perhotelan smk negeri 3 palembang. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1339-1349.
Ali, M., & Muthalib, M. (2021). The Role of Technology in Enhancing Learning: An Overview. International Journal of Education and Practice, 9(1), 1-10.
Rambe, K. F. (2024). Pentingnya pendidikan ekonomi dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan ekonomi global. Benefit: Journal of Bussiness, Economics, and Finance, 2(2), 21-29.
Aksu, N., Y?ld?z, H. S., & Arslan, T. (2021). The Impact of Collaborative Research in Higher Education and Industry. Journal of Research and Practice in Higher Education, 6(1), 1-15.