Optimalisasi Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Akses Pendidikan di Daerah Terpencil

Optimizing Online Learning to Increase Access to Education in Remote Areas

  • Nurul Mawaddah Universitas Islam As'adiyah Sengkang
  • Nirmala Dewi Universitas Tomakaka
  • Muhammad Rifai Universitas Mulawarman
  • Muchdir Ahmad Ronoatmojo Sekolah Tinggi Penerbangan Aviasi Jakarta
  • Lubis Universitas Kurnia Jaya Persada
Keywords: Optimalisasi Sumber Daya Lokal, Pertanian Berkelanjutan, Pengentasan Kemisikinan, Produktivitas Pertanian, Literasi Finansial

Abstract

Pembelajaran daring telah menjadi solusi utama dalam meningkatkan akses pendidikan, terutama di daerah terpencil yang memiliki keterbatasan infrastruktur. Namun, implementasi pembelajaran daring di daerah tersebut masih menghadapi berbagai kendala, seperti minimnya akses internet, keterbatasan perangkat, serta rendahnya kesiapan guru dan siswa dalam memanfaatkan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan utama dalam implementasi pembelajaran daring di daerah terpencil serta mengeksplorasi solusi yang dapat diadaptasi agar proses pembelajaran lebih efektif dan inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan infrastruktur merupakan hambatan utama yang menyebabkan rendahnya efektivitas pembelajaran daring. Selain itu, sebagian besar guru dan siswa mengalami kesulitan dalam mengakses dan memahami materi daring tanpa adanya bimbingan langsung. Sebagai solusi, penelitian ini merekomendasikan pendekatan blended learning berbasis komunitas, yang mengombinasikan pembelajaran daring dengan sesi tatap muka di pusat-pusat belajar lokal. Selain itu, pengembangan konten pembelajaran yang lebih kontekstual, seperti materi berbasis bahasa lokal dan metode interaktif berbasis audio dan video, terbukti meningkatkan keterlibatan siswa hingga 75%. Dengan strategi yang lebih adaptif terhadap kondisi daerah terpencil, pembelajaran daring dapat dioptimalkan untuk meningkatkan akses pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

References

Sugiharti, S., Mujiati, M., Masitoh, S., & Laelasari, E. (2019). Gambaran ketersediaan sumber daya manusia dan prasarana puskesmas dalam pelaksanaan program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (pis-pk): analisis data risnakes 2017. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 31-39.

Rasyid, A., Setiawan, B., & Rahim, A. (2021). Pendidikan Daring di Daerah Terpencil: Kesempatan dan Tantangan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(2), 135-146.

Yunitasari, R. and Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Gunada, I. W. (2022). Peningkatan kualitas pembelajaran daring mata kuliah bahasa daerah melalui perancangan desain pembelajaran. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(02), 82-94.

Sainawati, S. and Samodra, Y. T. J. (2021). Perjuangan melayani kesempatan mengenyam pendidikan di pelosok tanjung lesung, sintang, kalimantan barat. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran &Amp; Penelitian Tindakan, 1(2), 109-121.

Kurniawati, R. D., Devinta, Y., Gibral, N. K., Khadri, T. M., Tyas, A. C., Ardiansyah, F. A., … & Harjunowibowo, D. (2023). Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan studi kasus sinau kawruh bareng di desa ngaru-aru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9), 1713-1717.

Khalil, K. and Syah, R. (2024). Peran pemerintah dalam meningkatkan aksesibilitas teknologi informasi di daerah terpencil. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(6), 3448-3457.

Suprapto, A., & Harahap, I. F. (2021). Dampak Keterbatasan Akses Internet terhadap Penerapan Pembelajaran Daring di Daerah Terpencil. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(1), 123-134.

Zeller, C., Darpino, M., & Barnhill, K. (2017). Satellite Internet: Current Developments and Future Directions. Journal of Telecommunications and Technology, 5(3), 155-167.

Tondeur, J., Scherer, R., Baran, E., Siddiq, F., Valtonen, T., & Sointu, E. (2019). Teacher educators as gatekeepers: preparing the next generation of teachers for technology integration in education. British Journal of Educational Technology, 50(3), 1189-1209.

Morgan, A. (2020). An evaluation of the training approach using e-learning to develop competence in teaching and learning within the adult nursing curriculum. Nurse Education in Practice, 46, 102793.

Rohmi, M. L., Pratiwi, D., & Ramadhani, A. A. (2023). Program keluarga harapan (pkh) dalam kaitannya dengan pengembangan kualitas sumber daya manusia sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Ekonomi &Amp; Bisnis, 22(2), 166-177.

Safrida, S., Safrida, N., & Mu?ammad, M. (2021). Implementasi kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di aceh barat. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 9(2), 71-80.

Miller, D. J., & Lacy, R. (2020). The Critical Role of Contextualized Learning in Rural Education. Journal of Education and Learning, 9(3), 60-72.

Published
2025-02-28
Section
Article