Metode Pembelajaran Kolaboratif Dalam Konteks Pendidikan Islam: Membangun Kerja Sama Dalam Pembelajaran

Collaborative Learning Method in the Context of Islamic Education: Building Cooperation in Learning

  • A. Moh. Ickhamal Suryadinata Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palu
  • Rahmawati Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pembelajaran Kolaboratif, Pendidikan Islam, Karakter Islami, Ta‘?wun, Sy?r?, Ukhuwah, Implementasi, Pendidikan Abad ke-21

Abstract

Metode pembelajaran kolaboratif adalah pendekatan yang melibatkan kerja sama antar peserta didik dalam mencapai tujuan bersama, yang sangat relevan dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam. Pembelajaran ini menekankan nilai-nilai seperti ta‘?wun (saling tolong-menolong), sy?r? (musyawarah), dan ukhuwah (persaudaraan), yang merupakan bagian integral dari ajaran Islam. Meskipun penerapan metode ini dalam pendidikan Islam masih menghadapi tantangan, seperti paradigma pendidikan yang cenderung tradisional dan keterbatasan sumber daya, penerapannya dapat memperkuat karakter peserta didik dalam aspek sosial, emosional, dan spiritual. Artikel ini mengkaji penerapan metode pembelajaran kolaboratif dalam konteks pendidikan Islam, serta strategi implementasi yang dapat mendukung pembentukan karakter Islami peserta didik. Dengan perencanaan yang berbasis nilai Islam, desain aktivitas yang melibatkan interaksi aktif, dan pengelolaan kelompok yang adil, pembelajaran kolaboratif dapat menjadi sarana efektif untuk mengembangkan pribadi yang berakhlak mulia, cerdas, dan bertanggung jawab dalam masyarakat.

References

Al-Attas, S. M. N. (1999). The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC.
Al-Ghazali. (2005). Ihya’ ‘Ulumuddin. Beirut: Dar al-Fikr.
Arends, R. I. (2007). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.
Baharuddin & Wahyuni, M. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Harun Nasution. (1986). Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: UI Press.
Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibn Khaldun. (2000). Muqaddimah. Beirut: Dar al-Fikr.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Learning Together and Alone: Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning. Boston: Allyn & Bacon.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. (2003). Perspektif Islam tentang Strategi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Quraish Shihab. (1999). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
Rahman, A. (2017). Collaborative Learning in Islamic Perspective. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 67–80.
Rosnani Hashim. (2004). Educational Dualism in Malaysia: Implications for Theory and Practice. Kuala Lumpur: The Other Press.
Sanusi, A. (2018). Pembelajaran Kolaboratif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(1), 1–15.
Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn & Bacon.
Suyanto & Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga.
Susanto, Ahmad. (2011). Pengembangan Pembelajaran PAUD: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Sutrisno, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif terhadap Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 13(1), 32–42.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Inovatif untuk Pembelajaran Kontekstual Berbasis Karakter. Jakarta: Kencana.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Wahyuni, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 145–156.
Yusuf, M. (2022). Kolaborasi dalam Pendidikan Islam: Tinjauan Teologis dan Praktis. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 89–103.
Zakiyah, H. (2021). Model Pembelajaran Kolaboratif dalam Pendidikan Agama Islam. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 56–70.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Published
2025-06-30
Section
Article

Most read articles by the same author(s)