Gambaran Pengetahuan Orang Tua Terhadap Konsumsi Sayur Pada Anak Di SD Qurratu A’yun

Description of Parents' Knowledge of Vegetable Consumption in Children at Qurratu A'yun Elementary School

  • Nurfaiza Latif Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan
  • Ita Sulistiani Basir Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan
  • Mihrawaty S. Antu Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan
Keywords: Orang Tua, Pengetahuan, Konsumsi Sayur

Abstract

perkembangan anak dan termasuk kelompok yang rentan terhadap permasalahan gizi. Konsumsi sayur diperlukan tubuh sebagai sumber vitamin, mineral dan serat dalam mencapai pola makan sehat sesuai anjuran pedoman gizi seimbang untuk kesehatan yang optimal. Kurang mengonsumsi sayur dapat mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan zat gizi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kesehatan gizi anak yaitu dengan memperbaiki kebiasaan makan pada anak terutama konsumsi sayur, hal ini tak lepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya salah satunya dari segi pengetahuan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan orang tua terhadap konsumsi sayur pada anak. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kuantitatif, dengan jumlah sampel 46 responden yang diperoleh melalui Stratified Random Sampling. Analisa data menggunakan uji univariat dengan instrumen kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan responden dengan pengetahuan terhadap konsumsi sayur pada anak dengan kategori baik sebanyak 7 orang (15,2%) dan kurang baik sebanyak 39 orang (84,8%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan orang tua berkaitan erat dengan pola konsumsi sayur pada anak di SD Qurratu A’yun. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi pada orang tua terkait pentingnya konsumsi sayur pada anak.

References

Adimayanti, E., & Siyamti, D. 2020. Terapi Bermain English Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Prasekolah. Jurnal Pengabdian Kesehatan. Vol.3(2):115-122.
Afani, Y. N., Prastiani, D. B., Kastining. 2018. Hubungan Perilaku Ibu dengan Konsumsi Buah dan Sayur pada Siswa SDN Pedagangan 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. BHAMADA: Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan. Vol.6(1):42-53.
Afiati, E., Handoyo. A. W. Muhibah, S., & Al Hakim, I. 2020. Terapi Bermain Bagi Siswa Korban Bencana Tsunami Di Kecamatan Sumur Banten. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling. Vol.5(1):12-19.
Alhidayati, dkk. 2023. Perilaku Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak Wilayah Kerja Puskesmas Ri Sidomulyo. Al-Tamimi Kesmas. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. Vol 12(1), Tahun 2023.

Andriana, D. 2017. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Salemba Medika. Jakarta
Ardian, I. 2018. Hubungan Antara Pengetahuan dengan Sikap Anak Usia Sekolah Akhir (10-12 Tahun) tentang Makanan Jajanan di SD Negeri II Tagog Apu Padalarang Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia. Vol.1(1):11-17.
Arifin, U., & Aunillah. Buku Ajar Statistik Pendidikan. Umsida Press. Sidoarjo, Jawa Timur
Arini, F., Udiyani, R. 2018. Efektivitas Terapi Menggambar dan Mewarnai Gambar Terhadap Kecemasan Hospitalisasi Usia Prasekolah. Jurnal Darul Azhar. Vol.3(1):53-58.
Astawan, M. 2018. Sehat Dengan Sayuran: Penduan Lengkap Menjaga Kesehatan Dengan Sayuran. Dian Rakyat. Jakarta
Astrani, K. 2017. Hospitalisasi & Terapi Bermain Pada Anak. Adjie Media Nusantara. Nganjuk
Astuti, MA. 2019. Penerapan Metode Bermain Puzzle Berbantuan Brain Gym Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Motivasi Konsumsi Sayuran pada Anak Usia Dini. Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesa. Vol.2(1): 81-88.
Aviana, P. P. 2021. Gambaran Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Anak di SD Negeri Bojong, Mungkid, Kabupaten Magelang. Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas, Muhammadiyah Magelang.

Bahar & Risnawati. 2019. Pengaruh Penggunaan Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. 9(1):76-83.
Biki, O. A. 2021. Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pelayan Rumah Makan dalam Pencegahan COVID-19 di Kecamatan Telaga. Skripsi. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo
Candrawati, Erlisa, Wiarsih, W., Sukihananto. 2020. Ketersediaan Buah dan Sayur dalam Keluarga Sebagai Strategi Intervensi Peningkatan Konsumsi Buah dan Sayur Anak Usia Prasekolah. Vol.2(3):32-44.
Dejesety, M. P. 2016. Pola Konsumsi Sayur Dan Buah Anak Usia 4-6 Tahun Pada Masyarakat Pesisir Desa Randusanga Kulon Brebes. Prodi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Semarang
Dewi, R.C., Oktiawati, A., Saputri, L.D. 2015. Teori & Konsep Tumbuh Kembang: Bayi, Toddler, Anak, dan Usia Remaja. Nuha Medika. Yogyakarta
Dhaneswara. 2018. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Konsumsi Sayur dan Buah pada Anak Dasar. Skripsi. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Semarang
Djamarah & Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta
Duliah, M. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X Sma Negeri 2 Banama Tingang Kabupaten Pulang Pisau. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Palangkaraya. Palangkaraya
Droog, S., 2018. Enhancing Children’s Vegetable Consumption Using Vegetable-Promoting Picture Books. The Impact of Interactive Shared Reading and Character–Product Congruence. Journal of Amsterdam School of Communication Research. Vol.2(1):102-111.
Fadilah. A. N., 2024. Buku Saku Ayo Makan Sayur. UMS. Jawa Tengah
Gerungan. 2019. Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak Dasar di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Jurnal Abdimas. Vol.5(1): 49–53.
Grani, N. 2018.Pengaruh Pendidikan Gizi tentang Sayur Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Porsi Konsumsi Sayur Anak di SD Negeri 105349 Paluh Kemiri. Skripsi. Politeknik Kesehatan Meda Jurusan Gizi, Program Studi Diploma IV Gizi. Medan
Gustiara, I. 2019. Gambaran Perilaku Konsumsi Sayur dan Buah Pada Siswa SMA Negeri 1 Pekanbaru. Skripi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Sumatera Utara. Medan
Hanzel, B. 2020. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat prestasi anak usia sekolah di SD GMIM Tumpengan Sea Dua Kecamatan Pineleng. Jurnal Keperawatan. Vol.4(2):116-125.
Hartati, L. 2015. Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol.9(3):224-235.
Hariyani, 2014. Ilmu Gizi Bagi Ibu dan Anak”. Penerbit: Graha Ilmu. Jogjakarta.
Hastuti, Y.R. 2019. Pengaruh Penerapan TAK: Permainan Kuartet Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Pasien Isolasi Sosial. Jurnal Keperawatan Jiwa. Vol.7(1):61-70.
Indira, I. A. 2015. Perilaku Konsumsi Sayur Dan Buah Anak Prasekolah Di Desa Embatau Kecamatan Tikala Kabupaten Toraja Utara. Jurnal MKMI.
Irma dkk. 2018. Pola Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Anak Usia Dini Sebagai Uasaha Penanggulangan Penyakit Kanker. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.3(3):58–69.
Iskandar, S., & Indaryani, I. 2020. Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Melalui Terapi Bermain Assosiatif. JHES (Journal of Health Studies). Vol.4(2):12-18.
Islaeli, Nofitasari & Wulandari, 2021. Bermain Vegetable Eating Motivation (VEM) terhadap Perilaku Makan Sayuran pada Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Kendari. Vol.5(1):879-890.
Islamiah, F., Fridani, L., & Supena, A. 2019. Hubungan Tumbuh Kembang Anak dengan Perilaku Konsumsi Sayur Pada Anak Usia Sekolah di SDN 03 Ciliwung. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.3(1):30- 38.
Irdawati. 2020. Konsep Keperawatan Anak Sehat. Muhammadiyah University Press. Surakarta.
Kemenkes. 2021. Survei Konsumsi Makanan dan Pedoman Gizi Seimbang 2020. Lembaga Penerbitan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta
Kemkes, 2023. Pentingnya Konsumsi Sayur dan Buah. Article Yankes-Kemenkes 2023.
KHAIRIAH, N. P. (2024). Gambaran Kebiasaan Konsumsi Sayur dan Buah pada Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri 81 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Riau).
Khotimah, H. 2018. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Puzzle Pada Kelompok B Tunas Harapan. Early Childhood Education Indonesia Journal. Vol.1(1): 26-34.
Kurdanti, Khasana and Fatimah. 2019. Pengetahuan “Buah Dan Sayur” Sebagai Hasil Penyuluhan Gizi Pada Siswa SD Yang Mengalami Obesitas di Kota Bandung. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner. Vol.7(1):45– 54.
Kurniawan, 2020. Terapi Bermain Vegetable Eating Motivation Pada Anak Usia Sekolah. Skripsi. Program Studi Profesi Ners Universitas Kusuma Husada Surakarta. Surakarta
Kurniawati, I. 2020. Implementasi Media PuzzleDalamPerkembanganKognitif Di Tk PGRI BumiharjoKecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. FakultasTarbiyah dan IlmuKeguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Lailiyah, N. M., Ariestiningsih, E. S., & Supriatiningrum, D. N. (2021). Hubungan pengetahuan ibu dan pola pemberian makan dengan kejadian stunting pada balita (2-5 tahun). Ghidza Media Jurnal. Vol.3(1), 226-233.
Latifah, F. 2022. Hubungan Karakteristik Anak Usia Sekola dengan Kejadian Bullying di Sekolah Dasar X di Bogor. Skripsi. Fakultas Ilmu Keperawatan. Program Sarjana Ilmu Keperawatan. Depok
Lie. 2014. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Grasindo.Jakarta
Mahmud, P. I. 2022. Pengetahuan Gizi Berhubungan Dengan Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Remaja. Health and Nutriotions Journal. Vol. 2(3):11-21.
Mardila, S. 2020. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Mts Pancasila Kota Bengkulu. Skripsi. Program studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Bengkulu
Mauludina, P. 2019. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Konsumsi Buah dan Sayur pada Remaja SMP di Kota Pontianak. Skripsi. Program Studi Kesehatan Masyarakat. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Pontianak. Pontianak
Mistla, C. A. 2019. Pengetahuan, Sikap, Perilaku Tentang Konsumsi Sayur dan Buah serta Faktor-Faktor yang Berhubungan pada Siswa SD Inpres 26 di Kabupaten Sorong. Skripsi. Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Papua. Sorong
Mustika. 2019. Bahan Pangan, Gizi, dan Kesehatan. Alfabeta. Bandung
Nasya, M. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah di SDN 1 Jonggrangan. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta
Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta
Novi, Y., Emulyani, Malisa., Z. 2018. Pengaruh Terapi Bermain Vegetable Eating Motivation (VEM) Terhadap Perilaku Makan Sayuran Pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Abdurrab. Vol.1(2):93-101.
Noviyanti 2018.Faktor yang berhubungan dengan perilaku konsumsi buah dan sayur siswa SMP di Denpasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition). Vol.6(1):9- 16.
Nursalam. 2020. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 5. Salemba Medika. Jakarta
Pitriana, L. 2019. Efektifitas Pemberian Terapi Bermain Puzzle da terapi bermain menggambar tehadap Tingkat Kecemasan pada Anak Usia Prasekolah 93-6 Tahun) dalan Menghadapi Hospitalisasi di RSU Darmayu Ponogoro. Skripsi. Program Studi Keperawatan. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun. Madiun
Puastiningsih, S. 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Pengetahuan dan Sikap Anaka Usia Sekolah dalam Konsumsi Sayur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ners. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Surabaya.
Putri, A. 2019. Gambaran Pengetahuan Konsumsi Sayuran Pada Anak Usia Sekolah di Kota Bandung. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner. Vol.5(1), 38– 47.
Rahman, N. 2018. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Makan pada Remaja SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Preventif. Vol.7(1):1-64.
Rahmawati, B. 2019. Upaya Meningkatkan Motivasi Konsumsi Sayur & Buah pada Anaka Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai Di TK Pertiwi 1 Raja Basa Lama. Skripsi. Jurusan Pendidika Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. Lampung.
Riskesdas. 2018. Laporan hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Nasional 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta
Rodenas, F., Garces., Donate-Martinez, A. 2018. Education and Training for Parents Today, Disclipine and Wellbeing for Children Tomorrow. International Journal Social and Behavior Science. Vol.116:1161-1165.
Ruminingsih. 2017. Perbedaan Tingkat Perkembangan Sosial Obesitas dan Tidak Obesitas pada Usia Sekolah. Jurnal Kebidanan Midwiferia. Vol.1(6):213- 218.
Sa’diya, L. K. 2020. Hubungan Pola Makan dengan Status Gizi Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Tunas Mulia Kecamatan Pacet Mojokerto. Midwiferia. Vol.1(2):69-77.
Sabrul, UA. 2021. Edukasi Konsumsi Buah dan Sayur Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Simluasi Kuartet. Skripsi. Departemen Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Hasanuddin. Makassar
Sanjaya. 2020. Hubungan Status Ekonomi dengan Konsumsi Buah, Sayur dan Pengetahuan Terhadap Status Gizi pada Siswa SMP di Perkotaan dan Pedesaan di Kotamadya Banjar Baru Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Indonesia. Vol.5(3):6–15.
Sari, YR, dkk. 2018. Penggunaan Media Puzzle Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.4(1): 88-95.
Sartika, M. D., Rukiyah, R., Andika, W. D., & Sumarni, S. (2022). Literature review: Motivasi yang diberikan kepada anak dalam mengkonsumsi sayuran. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.11(1), 30-39.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Supariasa, Fajar, I & Bachyar Bakri. 2018. Penilaian Status Gizi. EGC. Jakarta
Shaluhiyah, Z., Kusumawati, A., Indraswari, R., Widjanarko, B., & Husodo, B. T. (2020). Pengetahuan, sikap dan praktik ibu dalam pemberian makanan sehat keluarga di Kota Semarang. Jurnal Gizi Indonesia
Taja, N., Inten, D. N., & Hakim, A. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Quran Bagi Guru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.3(1), 68-81.
Trisyanti, I. S. Konsumsi Buah dan Sayur Mahasiswa: Aplikasi Theory of Behavior (TPB)
Utama, D. 2018. Jurnal Pendidikan Dwija Utama: Edisi Agustus 2018. Sang Surya Media. Semarang.
Utari, W. D. 2018. Gambaran Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah di SDN 02 Cianjur. Skripsi. Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta
Wahyuni, S. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di MI Ma’arif Patihan Wetan Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo.
Warapsari, DA. 2018. Pengembangan Contextual Puzzle Dalam Pembelajaran IPA Berbasis Proyek Tema Pencemaran Dan Dampaknya Bagi Makhluk Hidup. Unnes Science Education Journal. Vol.4(1): 123-134.
WHO. 2016. Fruit and Vegetable Intake in a Sample off 11-year-old Children in 9 Europian Countries: The Pro Children Cross-Sectional Survey. Ann Nur Metab. Hal 236-245.
Winiastri, D. 2020. Pengetahuan dan Konsumsi Buah dan Sayur Ibu dengan Tingkat Konsumsi Buah dan Sayur Pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Info Kesehatan. Vol.10, no.1.
Wulan P. 2019. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Psikologi Undip. Vol.4(1):81–93.
Yassin, M. (2023). Pengetahuan Ibu tentang Gizi dan Praktik Pemberian Makanan Sehat pada Anak. Jurnal Jenggala.
Yulisetyaningrum, S. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Konsumsi Sayur Pada Anak Di Desa Surodadi Kecamatan Gajah Demak. Skripsi. STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta. Surakarta
Published
2025-07-31