Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi dan Isi Piringku pada tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa Kelas 6 SD
The Effect of profiding Nutrition Education and My Plate on the level of Knowledge and Attitude of Class 6 Students
Abstract
Anak sekolah merupakan salah satu kelompok rentan gizi, kelebihan gizi dan kekurangan gizi pada anak akan memberi dampak negatif terhadap potensi pertumbuhan ekonomi bangsa. Anak- anak yang kekurangan makanan bergizi akan tertinggal pertumbuhan fisik, mental dan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian Edukasi Gizi dan program Isi Piringku terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa kelas 6 SD 1 Labuapi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest-posttest dan dianalisis menggunakan uji paired sample t-test pada 42 siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pengetahuan dan sikap siswa setelah diberikan edukasi. Rata-rata perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi adalah 5,35 dengan nilai t sebesar 4,21 dan p = 0,000 (p < 0,05), menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan. Selain itu, terdapat pula peningkatan sikap dengan rata-rata perbedaan sebesar 4,20, nilai t sebesar 3,98 dan p = 0,000 (p < 0,05), yang juga menunjukkan perubahan sikap yang signifikan. Kesimpulannya, pemberian Edukasi Gizi dan program Isi Piringku secara efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa kelas 6 SD 1 Labuapi.
References
: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7(4): 2518–24.
Devwiyanti, Wilujeng, and Agustina Rahmawati. 2024. “Pendidikan k Esehatan ‘ Isi Piringku ’ Meningkatkan Pengetahuan Gizi Seimbang Siswa Sekolah Dasar Health Education ‘ Isi Piringku ’ Improves Balanced Nutrition Knowledge of Elementary School Students.” 2(September): 1588–94.
Intan, Adinda, Sueno Putri, Moh Zainol Rachman, and Jupriyono Jupriyono. 2024. “Pengaruh Edukasi Isi Piringku Dengan Menggunakan Media Lembar Balik Terhadap Tingkat Pengetahuan Gizi Seimbang.” 4(2): 153–59.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Pedoman Gizi Seimbang dan Isi Piringku. Jakarta: Direktorat Gizi Masyarakat.
Kemenkes RI. 2024. “Isi Piringku, Panduan Kebutuhan Gizi Seimbang Harian.” Ayo Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://ayosehat.kemkes.go.id/isi-piringku-kebutuhan-gizi-harian-seimbang.
Nuheriana, Andi et al. 2022. “Pengaruh Penyuluhan Gizi Dengan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Tindakan Ibu Anak Yang Stunting.” Gizido 14(1): 42–53.
Pramono, Adriyan, Niken Puruhita, and Siti Fatimah Muis. 2018. “Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Gizi Anak Sekolah Dasar.” Jurnal GIzi Indonesia 3(1): 1858–4942.
Rahmawati, T., Hidayati, R., & Lestari, D. (2021). Efektivitas Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan dan Perilaku Makan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia, 9(1), 15–22.
Selomo, Prita Aulia M. 2023. “Status Gizi.” Pekan?: Jurnal Pengabdian Kesehatan 2(1): 7–11.
Supiyah, Darmayanti, and Aprizal Ponda. 2022. “Pengaruh Pendidikan Media Buku Saku ‘Isi Piringku’ Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Ibu Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding …: 118–28.
Woolfolk, A. (2016). Educational Psychology (13th ed.). Boston: Pearson.
Yulianti, E., & Wahyuni, S. (2020). Pengaruh Edukasi Gizi Berbasis Media Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Gizi dan Kesehatan, 9(2), 135–142.