Strategi Implementasi Kurikulum Berbasis Growth Mindset untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik SMP IT Al Azhar 23 Kendal
Growth Mindset-Based Curriculum Implementation Strategy to Improve Academic Resilience at Al Azhar 23 Kendal IT Middle School
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi implementasi kurikulum berbasis growth mindset dalam meningkatkan resiliensi akademik siswa di SMP IT Al Azhar 23 Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, guru mata pelajaran, guru BK, wali kelas, siswa, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi implementasi meliputi penguatan visi dan misi sekolah, pelatihan guru, pengembangan metode pembelajaran yang menekankan proses belajar, serta evaluasi yang berorientasi pada perkembangan siswa. Lingkungan belajar yang suportif dan kolaboratif berperan penting dalam membangun kepercayaan diri dan ketangguhan siswa. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan pemahaman sebagian guru dan orang tua, serta resistensi awal siswa terhadap perubahan mindset. Untuk mengatasi tantangan tersebut, sekolah mengembangkan program pelatihan berkelanjutan dan kolaborasi aktif dengan orang tua. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum berbasis growth mindset efektif dalam meningkatkan resiliensi akademik siswa dan dapat menjadi model pengembangan kurikulum di sekolah lain.
Rekomendasi bagi pengembangan kurikulum ke depan meliputi penguatan pelatihan guru, peningkatan keterlibatan orang tua, serta pengembangan evaluasi berbasis proses.
References
Motivation and Achievement. Routledge.
Ariyanti, R., & Sari, P. (2022). Strategi Pembelajaran Berbasis Growth Mindset dalam Implementasi
Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Nasional, 8(4), 345-356.
Cassidy, S. (2015). Resilience building in students: The role of academic self-efficacy. Frontiers in
Psychology, 6, 1781. https:/doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01781
Claro, S., Paunesku, D., & Dweck, C. S. (2016). Growth mindset tempers the effects of poverty on
academic achievement. Proceedings of the National Academy of Sciences, 113(31), 8664–8668. https:/doi.org/10.1073/pnas.1608207113
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five
Approaches. 4th ed. SAGE Publications
Datu, J. A. D., & Park, Y. S. (2019). Perceived autonomy support, growth mindset, and academic
engagement: A cross-cultural study. Asia-Pacific Education Researcher, 28(3), 191–203. H ttps:/doi.org/10.1007/s40299-018-00427-5
Donovan, M. S., Bransford, J. D., & Pellegrino, J. W. (2015). How People Learn: Brain, Mind,
Experience, and School. The National Academies Press.
Gutman, L. M., & Schoon, I. (2016). Mindset: The origins of positive and negative self-beliefs in
adolescents. Journal of Youth and Adolescence, 45(6), 1205–1215. https:/doi.org/10.1007/s10964-016-0407-4
Haimovitz, K., & Dweck, C. S. (2017). The origins of children’s growth and fixed mindsets: New
research and a new proposal. Child Development, 88(6), 1849–1859. https:/doi.org/10.1111/cdev.12955
Hodges, C. B. (2021). Self-regulated learning and motivation in online learning environments. Routledge.
Kemendikbudristek. (2023). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal
Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Komarraju, M., & Nadler, D. (2013). Self-efficacy and academic achievement: Why do implicit beliefs,
goals, and effort regulation matter? Learning and Individual Differences, 25, 67–72. https:/doi.org/10.1016/j.lindif.2013.01.005
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook.
4th ed. SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Novianti, D., & Rahmawati, S. (2020). Resiliensi Akademik sebagai Prediktor Prestasi Belajar Siswa.
Jurnal Psikologi Pendidikan Indonesia, 9(1), 45-55.
Nuryanto, T., & Mulyani, S. (2023). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Islam dalam Penguatan Growth
Mindset Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 77-89.
Paunesku, D., Walton, G. M., Romero, C., Smith, E. N., Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2015). Mind-set
interventions are a scalable treatment for academic underachievement. Psychological Science, 26(6), 784–793. https:/doi.org/10.1177/0956797615571017
Putra, R. & Astuti, R. (2021). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang. Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan, 16(2), 112-120.
Rahman, A., Setiawan, B., & Lestari, M. (2022). Penerapan Growth Mindset untuk Meningkatkan
Motivasi dan Ketangguhan Akademik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(3), 211-220.
Rattan, A., Good, C., & Dweck, C. S. (2012). “It’s ok—not everyone can be good at math”: Instructors
with an entity theory comfort (and demotivate) students. Journal of Experimental Social Psychology, 48(3), 731–737. https:/doi.org/10.1016/j.jesp.2011.12.012
Rissanen, I., Kuusisto, E., Tuominen, M., & Tirri, K. (2018). In search of a growth mindset pedagogy: A
case study of one teacher’s classroom practices in a Finnish elementary school. Teaching and Teacher Education, 77, 204–213. https:/doi.org/10.1016/j.tate.2018.10.002
Saputra, E., & Yuliani, N. (2023). Growth Mindset dalam Pembelajaran Era Kurikulum Merdeka. Jurnal
Pendidikan Karakter, 11(1), 89-101.
Shin, H., Sutherland, K. S., Shin, S. Q., Conroy, M. A., & McCarty, C. A. (2018). Can growth mindsets
reduce stress? Psychology in the Schools, 55(6), 561–575. https:/doi.org/10.1002/pits.22127
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta
Susanti, A., Hidayati, F., & Ramadhani, D. (2021). Pengaruh Growth Mindset terhadap Ketahanan Belajar
Siswa. Jurnal Psikologi Ulayat, 8(2), 154-166
Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2020). What can be learned from growth mindset controversies? American
Psychologist, 75(9), 1269–1284. https:/doi.org/10.1037/amp0000794
Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2011). Self-regulated learning and academic achievement:
Theoretical perspectives. Routledge.