Strategi Implementasi Kurikulum Berbasis Growth Mindset untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik SMP IT Al Azhar 23 Kendal

Growth Mindset-Based Curriculum Implementation Strategy to Improve Academic Resilience at Al Azhar 23 Kendal IT Middle School

  • Ahmad Shofi Mubarok Universitas Selamat Sri
  • Natal Kristiono Universitas Negeri Semarang
  • Indri Astuti SMK Texmaco Pemalang
  • Suyuti Universitas Negeri Jakarta
  • Muh Zamroni UIN Malang
Keywords: Growth mindset, Resiliensi akademik, Strategi implementasi, Kurikulum, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi implementasi kurikulum berbasis growth mindset dalam meningkatkan resiliensi akademik siswa di SMP IT Al Azhar 23 Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, guru mata pelajaran, guru BK, wali kelas, siswa, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi implementasi meliputi penguatan visi dan misi sekolah, pelatihan guru, pengembangan metode pembelajaran yang menekankan proses belajar, serta evaluasi yang berorientasi pada perkembangan siswa. Lingkungan belajar yang suportif dan kolaboratif berperan penting dalam membangun kepercayaan diri dan ketangguhan siswa. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan pemahaman sebagian guru dan orang tua, serta resistensi awal siswa terhadap perubahan mindset. Untuk mengatasi tantangan tersebut, sekolah mengembangkan program pelatihan berkelanjutan dan kolaborasi aktif dengan orang tua. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum berbasis growth mindset efektif dalam meningkatkan resiliensi akademik siswa dan dapat menjadi model pengembangan kurikulum di sekolah lain.
Rekomendasi bagi pengembangan kurikulum ke depan meliputi penguatan pelatihan guru, peningkatan keterlibatan orang tua, serta pengembangan evaluasi berbasis proses.

References

Anderson, H., Smith, J., & Martin, C. (2021). Teacher Mindsets: How Educators Shape Student

Motivation and Achievement. Routledge.

Ariyanti, R., & Sari, P. (2022). Strategi Pembelajaran Berbasis Growth Mindset dalam Implementasi

Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Nasional, 8(4), 345-356.

Cassidy, S. (2015). Resilience building in students: The role of academic self-efficacy. Frontiers in

Psychology, 6, 1781. https:/doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01781




Claro, S., Paunesku, D., & Dweck, C. S. (2016). Growth mindset tempers the effects of poverty on 

academic achievement. Proceedings of the National Academy of Sciences, 113(31), 8664–8668. https:/doi.org/10.1073/pnas.1608207113

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five

Approaches. 4th ed. SAGE Publications

Datu, J. A. D., & Park, Y. S. (2019). Perceived autonomy support, growth mindset, and academic 

engagement: A cross-cultural study. Asia-Pacific Education Researcher, 28(3), 191–203. H ttps:/doi.org/10.1007/s40299-018-00427-5

Donovan, M. S., Bransford, J. D., & Pellegrino, J. W. (2015). How People Learn: Brain, Mind,

Experience, and School. The National Academies Press.

Gutman, L. M., & Schoon, I. (2016). Mindset: The origins of positive and negative self-beliefs in 

adolescents. Journal of Youth and Adolescence, 45(6), 1205–1215. https:/doi.org/10.1007/s10964-016-0407-4

Haimovitz, K., & Dweck, C. S. (2017). The origins of children’s growth and fixed mindsets: New 

research and a new proposal. Child Development, 88(6), 1849–1859. https:/doi.org/10.1111/cdev.12955

Hodges, C. B. (2021). Self-regulated learning and motivation in online learning environments. Routledge.

Kemendikbudristek. (2023). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal 

Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Komarraju, M., & Nadler, D. (2013). Self-efficacy and academic achievement: Why do implicit beliefs, 

goals, and effort regulation matter? Learning and Individual Differences, 25, 67–72. https:/doi.org/10.1016/j.lindif.2013.01.005

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook.

4th ed. SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Novianti, D., & Rahmawati, S. (2020). Resiliensi Akademik sebagai Prediktor Prestasi Belajar Siswa.

Jurnal Psikologi Pendidikan Indonesia, 9(1), 45-55.

Nuryanto, T., & Mulyani, S. (2023). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Islam dalam Penguatan Growth

Mindset Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 77-89.

Paunesku, D., Walton, G. M., Romero, C., Smith, E. N., Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2015). Mind-set 

interventions are a scalable treatment for academic underachievement. Psychological Science, 26(6), 784–793. https:/doi.org/10.1177/0956797615571017

Putra, R. & Astuti, R. (2021). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang. Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan, 16(2), 112-120.

Rahman, A., Setiawan, B., & Lestari, M. (2022). Penerapan Growth Mindset untuk Meningkatkan 

Motivasi dan Ketangguhan Akademik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(3), 211-220.

Rattan, A., Good, C., & Dweck, C. S. (2012). “It’s ok—not everyone can be good at math”: Instructors 

with an entity theory comfort (and demotivate) students. Journal of Experimental Social Psychology, 48(3), 731–737. https:/doi.org/10.1016/j.jesp.2011.12.012

Rissanen, I., Kuusisto, E., Tuominen, M., & Tirri, K. (2018). In search of a growth mindset pedagogy: A 

case study of one teacher’s classroom practices in a Finnish elementary school. Teaching and Teacher Education, 77, 204–213. https:/doi.org/10.1016/j.tate.2018.10.002

Saputra, E., & Yuliani, N. (2023). Growth Mindset dalam Pembelajaran Era Kurikulum Merdeka. Jurnal

Pendidikan Karakter, 11(1), 89-101.

Shin, H., Sutherland, K. S., Shin, S. Q., Conroy, M. A., & McCarty, C. A. (2018). Can growth mindsets

reduce stress? Psychology in the Schools, 55(6), 561–575. https:/doi.org/10.1002/pits.22127

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta

Susanti, A., Hidayati, F., & Ramadhani, D. (2021). Pengaruh Growth Mindset terhadap Ketahanan Belajar

Siswa. Jurnal Psikologi Ulayat, 8(2), 154-166

Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2020). What can be learned from growth mindset controversies? American

Psychologist, 75(9), 1269–1284. https:/doi.org/10.1037/amp0000794

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2011). Self-regulated learning and academic achievement:

Theoretical perspectives. Routledge.
Published
2025-07-29