Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Prima Di Desa Polo Kecamatan Bunta Kabupaten Banggai
The Role Of The Village Head In Improving The Quality Of Service Excellence In The Village Polo, Bunta Sub-District, Banggai District
Abstract
Peran kepala desa sebagai sosok pemimpin di desa tersebut sangat mempengaruhi kemajuan dan kemunduran dalam pembangunan potensiyang ada desa. Peran Kepala desa yang di harapkan berfungsi sebagai sumber inovasi, pembinan, mengarahkan dan fungsi sebagai komunikator untuk menyampaikan ide atau gagasan-gagasan kepada masyarakat desa, dalam rangka meningkatkan inisiatif dan kreatifitas masyarakat dalam mengolah, memelihara dan memanfaatkan sumber-sumber yang ada disekitarnya, untuk mecapai tingkat hidup yang lebih baik. Peranan kepala desa sangat penting untuk dapat memberikan pelayanan yang sempurna. Pelayanan yang baik merupakan kewajiban bagi pemerintah merupakan hal yang wajib dilaksanakan untuk memudahkan masyarakat mengakses kedalam tatanan pemerintah untuk menunjang kehidupan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan penjelasan secara deskriptif sedangkan untuk mengumpulkan data melalui teknik (observasi), angket/kuisoner, dan teknik dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Polo kecamatan Bunta Kabupaten Banggai yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana persepsi masyarakat terhadap peran kepala Desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan prima di Desa Polo Kecamatan Bunta Kabupaten Banggai. Penelitian ini diharapakan dapat memberikan kegunaan baik secara teoritis/akademis maupun secara praktis. Populasi terdiri dari seluruh masyarakat desa polo yang berjumlah 756 orang/jiwa. Dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 orang/jiwa dengan menggunakan Rumus slovin.
References
Dr Fenti Hikmawati. Metode Penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2017.
Mamik. Metodologi Kualitatif. Edited by M.Kes Dr.M.Choiroel Anwar, SKM. zifatma, 2015. https://books.google.co.id/books?id.
sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan, 2013, https://tuturilmu.com/download-buku-metode-penelitian-dr-sugiyono/.
A. M. Fadly Mappisabbi. “Kualitas Pelayanan Dinas Perhubungan Kota Makassar.” Journal of Administrative and Social Science 3, no. 1 (2022):30–43.https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/jass/article/view/3/3.
Ahdiah, Indah. “Peran-Peran Perempuan Dalam Masyarakat.” Jurnal Academica05,no.02(2013):1085–1092. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/academica/article/view/2247/1450.
Amane, Ade Putra Ode. “Efektifitas Kewenangan Kepala Desa Dalam Pengkoordinasian Pembangunan Partisipatif Di Desa Balohang Kecamatan Lede Kabupaten Pulau Taliabu.” Clean Government 1, no. 1 (2017): 31–44.
———. “Peranan Kepala Bidang Pengembangan Aparatur Dalam Pelaksanaan Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Iv Tahun 2017 Di Kabupaten Banggai.” Jurnal Clean Government 2, no.2(2019):132–144. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=7JLLxKMAAAAJ&citation_for_view=7JLLxKMAAAAJ:zYLM7Y9cAGgC.
Bali, D, and M O Adhitama. “Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia.” JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 8, no. 4 (2019): 278–281. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1960.
Firmansyah, Deri, and Dede. “Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian: Literature Review.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) 1, no. 2 (2022): 85–114. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/article/view/937/743.
Frimayasa, Agtovia. “Penerapan Pelayanan Prima Untuk Memenuhi Harapan Masyarakat Terhadap Layanan Publik Pada Kelurahan Makasar, Jakarta Timur.” Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika XVII,no.2(2017):179–188. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/2428/1794.
Hatmoko, Jefri Hendri. “Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013.” E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation 4, no. 4 (2015):1729–1736. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr%0ASURVEI.
Helmita, Desi Derina Yusda, and Oktavia Nila Sari. “Perananan Kepala Desa Dalam Pengembangan Desa Wisata Kemudian Berpotensi Dikembangkan Guna Menarik Pengunjung . Karakteristik Desa Desa Wisata Pujorahayu Terletak Di Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran Merupakan Tujuan Untuk Berwisata Alam Yang San.” Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi 14, no. 1 (2022): 17–31. https://www.jurnal.gentiaras.ac.id/index.php/Gema/article/view/248/226.
Kapita, F., Johannis Eduard Kaawoan, and Johny P Lengkong. “Peran Kepala Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat ( Suatu Studi Di Desa Wayafli Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur).” JurnalEksekutif1,no.1(2017):1–14. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/15564/15102.
Kupang, S M P Negeri. “Peran Kepala Desa Dalam Mengembangkan Kesadaran Masyarakat Tentang Sikap Peduli Lingkungan DI Desa Bheramari Kecamatan Nangpanda Kabupaten Ende.” Gatra nusantara20,no.1(2022):146–152. http://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/article/view/g1291/781.
Laia, Otanius, Odaligoziduhu Halawa, and Palindungan Lahagu. “Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Pelayanan Publik.” Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi 1, no. 1 (2022): 70–76.
Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 Tentang Desa.