Implementasi Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Pada Peserta Didik Madrasah Aliyah Alkhairaat Pusat Palu
Implementation of the Jigsaw Method in Improving Fiqih Learning Achievement of Students at the Alkhairaat Central High School, Palu
Abstract
Penelitian ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam mata pelajaran Fiqih menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes pre-test dan post-test. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 49,76 (pre-test) menjadi 70,95 (post-test siklus I) dan 80,71 (post-test siklus II). Persentase ketuntasan juga meningkat dari 19,04% (pre-test) menjadi 52,38% (siklus I) dan 90,51% (siklus II). Rekomendasi penelitian ini mendorong guru Fiqih untuk menerapkan metode Jigsaw guna meningkatkan efektivitas pembelajaran.
References
Azyumardi Azra. (2001). Rekonstruksi Kritis Ilmu dan Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.
Deddy Mulyana. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
DEPAG RI. (2001). Metodologi Pendidikan Islam . Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Hamzah B. Uno. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Heri Jauhar Muchtar. (2005). Fikih Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Lexy J Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mappanganro. (1996). Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah Umum. Yayasan al-Ahkam.
Moh. Uzer Usman. (2011). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto. (1988). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
Nur Uhbiyanti. (1997). Ilmu Pendidikan Islam . Pustaka Setia.
UU. SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2009). Sinar Grafika.
Win Wanger. (2003). Beyond Teaching And Learning: Memadukan Quantum Teaching Dan Learning. Nuansa.
Winarno Surakhmad. (1987). Dasar dan Tekhnik Research (Metodologi Ilmiah) (VI). Tarsito.
Zainal Arifin. (2011). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, Prosedur). Remaja Rosdakarya.
Zakiah Daradjat. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.