Strategi Pengembangan Kurikulum Literasi Kewirausahaan Dalam Mendukung Program Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi

Entrepreneurship Literacy Curriculum Development Strategy to Support the Independent Learning Program in Higher Education

  • Syamsul Anwar Universitas Mulawarman
  • Muhamad Sigid Safarudin Universitas Batam
  • Dedi Gunawan Saputra Universitas Negeri Makassar
  • Purwaka Hari Prihanto Universitas Jambi
  • Andro Ruben Runtu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Tomohon
Keywords: Literasi Kewirausahaan, Merdeka Belajar, Kurikulum, Pendidikan Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan kurikulum literasi kewirausahaan dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di perguruan tinggi Indonesia. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus multi-situs di tiga perguruan tinggi di Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan dosen pengampu kewirausahaan, koordinator MBKM, dan tim kurikulum, serta dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan kurikulum literasi kewirausahaan dilaksanakan melalui integrasi mata kuliah kewirausahaan ke dalam program MBKM, penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang berbasis capaian kewirausahaan, serta pemanfaatan metode pembelajaran aktif seperti project-based learning dan experiential learning. Implementasi literasi kewirausahaan diwujudkan melalui program magang wirausaha, proyek desa berbasis kewirausahaan, dan inkubasi bisnis kampus yang melibatkan mahasiswa secara aktif. Tantangan utama dalam implementasi kurikulum ini meliputi keterbatasan SDM dosen yang memiliki pengalaman praktik wirausaha, keterbatasan dana dan infrastruktur pendukung, serta kesiapan mahasiswa dalam literasi digital dan mental wirausaha. Temuan ini menekankan pentingnya kolaborasi antara kampus dengan mitra industri, peningkatan kapasitas dosen sebagai mentor kewirausahaan, serta penyediaan fasilitas praktik bisnis sebagai bagian integral dari kurikulum. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kebijakan pendidikan tinggi untuk memperkuat literasi kewirausahaan mahasiswa di era Merdeka Belajar.

References

Astuti, R., Harini, S., & Widiyanti, R. (2019). The role of entrepreneurship education in increasing student employability. Journal of Entrepreneurship Education, 22(3), 1–10.




European Commission. (2018). Entrepreneurship education: A road to success. Brussels: European Union.




Fauzi, A., Hasanah, U., & Hidayati, D. (2021). Integrasi literasi kewirausahaan dalam kurikulum untuk meningkatkan minat wirausaha mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 123–133.




Fitriani, F., Sari, D. N., & Hidayat, R. (2022). Penguatan peran dosen dalam mentoring kewirausahaan mahasiswa melalui kurikulum berbasis MBKM. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 5(1), 23–34.




Hendarman, H., & Cantner, U. (2021). Entrepreneurial curriculum and MBKM policy in Indonesia. Education and Training, 63(7/8), 1015–1030.




Hermawan, A., Darmawan, I., & Prasetyo, S. (2021). Integrating entrepreneurship literacy in higher education curriculum through project-based learning. International Journal of Instruction, 14(3), 345–362.




Kurniawan, D., Rachmawati, D., & Santoso, B. (2019). Implementasi kebijakan literasi kewirausahaan pada pendidikan tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 150–160.




Kurniawan, D., Yuliana, S., & Putri, A. (2021). Sinergi stakeholder dalam penguatan literasi kewirausahaan di perguruan tinggi Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 18(2), 145–156.




Lestari, T., & Wijaya, A. F. (2020). Peran dosen dalam pengembangan literasi kewirausahaan mahasiswa melalui kegiatan MBKM. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(3), 179–188.




Mulyani, S., Wulandari, D., & Rahmawati, T. (2020). Entrepreneurship education in higher education: The Indonesian experience. Entrepreneurship Education, 3(1), 47–61.




Nugroho, A., Haryanto, B., & Santoso, H. (2021). The role of industry collaboration in entrepreneurship curriculum development. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 13(5), 1228–1244.




Rahmawati, Y., & Suryani, L. (2020). Entrepreneurship education based on local wisdom for sustainable development. Journal of Environmental Education, 51(4), 307–317.




Setiawan, H., & Rahayu, D. (2020). Experiential learning dalam meningkatkan literasi kewirausahaan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 4(2), 112–124.




Setyowati, D., Hartono, B., & Pramono, R. (2023). Digital transformation and entrepreneurship learning in higher education: A systematic review. Education and Information Technologies, 28, 7113–7133.




Susilo, H., Prasetyo, W., & Raharjo, S. (2022). Challenges and opportunities in entrepreneurship education during the fourth industrial revolution in Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education, 25(6), 1–11.




Wahyuni, S., Susanti, A., & Putra, H. (2019). Kolaborasi perguruan tinggi dan industri dalam penguatan literasi kewirausahaan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 55–66.
Published
2025-07-29

Most read articles by the same author(s)