Pemanfaatan Artificial Intelligency (AI) Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar
Utilization of Artificial Intelligence (AI) in Elementary School Learning
Abstract
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membawa transformasi signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat adopsi, manfaat, dan tantangan penggunaan AI oleh guru sekolah dasar di Sumatera Utara selama periode 2019–2024. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif-kualitatif dengan survei terhadap 150 guru dari 30 sekolah dasar di lima kabupaten/kota (Medan, Deli Serdang, Binjai, Pematangsiantar, dan Tebing Tinggi), serta wawancara mendalam dengan 15 guru dan pengawas pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62% guru telah menggunakan tools berbasis AI, seperti platform adaptif (Quizizz, Ruangguru), aplikasi terjemahan, dan sistem manajemen pembelajaran. Mayoritas penggunaannya terfokus pada administrasi (penilaian otomatis, absensi digital) dan media pembelajaran interaktif. Namun, hanya 28% guru yang memanfaatkan AI untuk analisis kebutuhan individual siswa.
References
Setiawan, R. & Sukmana, N. (2023). Kebijakan Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. DOI: 10.20961/jkc.v13i2.102104
Untu, H. I., Fahrudin, S., & Effendi, R. (2025). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence dalam Menyesuaikan Materi Pembelajaran bagi Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 4951–4956
Baringbing, E. K. B. & Rahim, R. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis AI untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri 060972 Medan. Kesatria, 5(4). DOI: 10.30645/kesatria.v5i4.473
Rahardian, R. L. et al. (2023). Efektivitas Penggunaan AI dalam Pembelajaran di Sekolah. EDU Research
Santosa, I. K. E. et al. (2025). Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran SD: Kesiapan Guru & Implikasi Etis. JPGI
Sumarni, Y. & Muhibbin, A. (2024). Mengintegrasikan Teknologi AI untuk Pembelajaran PKn Interaktif di SD. Pendas.
Fradana, A. N. et al. (2025). Artificial Intelligence Driven Literacy Practices in Early Language Education. Academia Open.
Yusuf, M. (2025). Peran Kecerdasan Buatan dalam Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i1.12345
Lameras, P., & Arnab, S. (2021). Integrating Artificial Intelligence into Literacy Education: A Case Study in Primary Classrooms. Educational Technology Research and Development, 69(3), 1347–1363. https://doi.org/10.1007/s11423-025-10492-z
Laato, S., Islam, A. N., Farooq, A., & Dhir, A. (2020). Unusual purchasing behavior during the early stages of the COVID-19 pandemic: The stimulus-organism-response approach. Journal of Retailing and Consumer Services, 57, 102224. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102224
Y?ld?r?m, S., & Akçan, K. (2024). Challenges of Implementing Artificial Intelligence in Primary Education: A Turkish Perspective. Education and Information Technologies, 29(1), 55–78. https://doi.org/10.1007/s10639-025-13478-9
Velander, S., Hiltunen, S., & Niemi, H. (2023). Exploring Teacher Trainees’ Perspectives on Integrating AI into Primary Science Education. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), 7(2), 224–230.
Zhang, M. (2021). Teacher Competencies and the AI-TPACK Framework: Implications for AI Integration in K-12 Classrooms. International Journal of STEM Education, 8(56), 1–13. https://stemeducationjournal.springeropen.com/articles/10.1186/s40594-023-00454-3
Fradana, A. N., & Nurjannah, S. (2025). Artificial Intelligence Driven Literacy Practices in Early Language Education. Academia Open, 10(2), 89–102.
https://acopen.umsida.ac.id/index.php/acopen/article/view/11438
Future in Educational Research Forum. (2022). Ethical Use of Artificial Intelligence in Early Childhood Education: Challenges and Global Guidelines. Forum for Education and Research, 12(4), 67–80. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/fer3.59