Pengaruh Persepsi Tentang Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu

The Influence of Perceptions of Service Quality on Inpatient Satisfaction at the Undata Palu Regional General Hospital

  • Titin Setiyawati Mahasiswa, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Herlina Yusuf Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Indra Afrianto Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Munir Salham Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Muhammad Syukran Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Keywords: Persepsi, Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Pendahuluan:  Persepsi pasien berperan penting dalam menilai suatu mutu pelayanan kesehatan karena berdasarkan persepsi yang baik dari pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan yang diterimanya. Tujuan penelitian adalah yang bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana pengaruh persepsi mutu pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Undata Palu.

Metode: Pengukuran kepuasan pasien rawat inap merupakan proses yang kompleks dan memerlukan pendekatan yang terstruktur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan cross sectional study melalui proses menggali, menganalisis dan menjelaskan bagaimana pengaruh persepsi mutu pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Undata Palu. Sampel penelitian adalah sejulah 160 pasien rawat inap pada RSUD Undata Palu. Dengan Data hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji regresi linear berganda 

Hasil:  Berdasarkan hasil penelitian dari 5 aspek yang menjadi acuan mutu pelayanan tidak semuanya berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan pasien rawat inap opada RSUD Undata Palu. Provinsi Sulawesi Tengah. Aspek yang berpengaruh secara signifikan adalah pada aspek Jaminan dengan hasil uji regresi sebesar .963 lebih besar dari 0,05. Oleh kare itu, hipotesis penelitian ini ditolak secara keseluruahan dan diterima secara parsial.

Kesimpulan: Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit RSUD UNDATA Palu diperoleh berdasarkan hasil uji statistik yang dilakukan menggunakan uji chi square diperoleh p value sebesar 0,000 < ? = 0,05 Aspek yang berpengaruh secara signifikan adalah pada aspek Jaminan dengan demikian menunjukkan bahwa Hipotesis diterima secara parsial yang berarti ada hubungan persepsi mutu pelayanan dengan kepuasan pasien.

KATA KUNCI: Persepsi, Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

References

Almeida, R. S., Bourliataux-Lajoinie, S., & Martins, M. (2020). Satisfaction measurement instruments for healthcare service users: a systematic review. Cadernos de Saude Publica, 36, e00202519.
Boquiren, V. M., Hack, T. F., Beaver, K., & Williamson, S. (2020). What do measures of patient satisfaction with the doctor tell us? Patient Education and Counseling, 98(12), 1465-1473.
Data Internal RSUD Undata Palu. (2023). Laporan Survei Kepuasan Pasien Rawat Inap Tahun 2023. RSUD Undata Palu, Sulawesi Tengah.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Akreditasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Pérez-Romero, S., Gascón-Cánovas, J. J., Salmerón-Martínez, D., Parra-Hidalgo, P., & Monteagudo-Piqueras, O. (2019). Relevance of the socioeconomic and health context in patient satisfaction. Gaceta Sanitaria, 33, 359-365.
Purba, R. A., Tarigan, Z. J. H., & Sari, E. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 8(3), 185-193.
Ramli, A. H. (2019). Patient Satisfaction, Hospital Image and Patient Loyalty in West Sulawesi Province. Business and Entrepreneurial Review, 19(1), 35-46.
Riawati, & Wijaya, 2022, Analisis Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Rumah Sakit Dan Hubungannya Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Ar-Royyan Indralaya, Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, Volume 12 No. 23 : Hal. 61–69.
Rizany, I., Hariyati, R. T. S., & Handayani, H. (2019). Factors that affect the development of nurses' competencies: a systematic review. Enfermeria Clinica, 29, 154-157.
Sari, N., Sari, M. T., & Sumitro, S. (2022). Pengembangan Instrumen Pengukuran Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 17(1), 1-10.
Setyaningsih, W., Masyitoh, S., & Sabarguna, B. S. (2020). Analisis Permasalahan Pelaksanaan Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Vokasional, 5(3), 168-175.
Shafiq, M., Naeem, M. A., Munawar, Z., & Fatima, I. (2023). Service quality assessment of healthcare establishment and patient satisfaction: A case study of Pakistan. International Journal of Health Planning and Management, 32(4), 431-456.
Shamsuzzoha, S. M., Lehaney, B., & Bhuiyan, N. (2021). The impact of service quality on patient satisfaction in private hospitals: A study on hospitals in Bangladesh. International Journal of Health Care Quality Assurance, 34(1), 39-55.
Sondakh, E. Y., Kandou, G. D., & Pangemanan, J. M. (2019). Hubungan antara Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Poli Penyakit Dalam RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal KESMAS, 8(6), 492-498.
Suharmiati, S., Lestari, W., & Handayani, L. (2019). Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Pemerintah dan Rumah Sakit Swasta. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 22(1), 54-63.
Sukoco, B., & Soedirham, O. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 9(1), 51-60.
Supartiningsih, S. (2020). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Inap. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6(1), 9-15.
Tambuwun, Prisilia Zefanya. Ribka E. W Grace E. C. Korompis. 2020. “Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Amurang”. Jurnal Kesehatan Masyarakat, volume 9, nomor 5, halaman 49-55.
Tripathi, S. (2020). Patient satisfaction in rural and urban health care organizations: A comprehensive study in Indian context. Journal of Health Management, 22(3), 450-470.
Utami, Y. T., Tamtomo, D., & Sulaeman, E. S. (2021). Patient Satisfaction and Loyalty: A Systematic Review in the Era of Hospital Competition in Indonesia. Journal of Health Policy and Management, 6(2), 128-139.
Wati, D. C., Riza Yeni, & Rizalm Achmad. (2020). Hubungan Persepsi Pasien pada Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSD Idaman Banjarbaru Tahun 2020. EPRints Uniska, 1–5.
Wijaya, D., Oktamianti, P., & Maryati, H. (2021). Tantangan Penerapan Manajemen Mutu di Rumah Sakit Pemerintah Indonesia. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 7(2), 89-101.
World Health Organization. (2020). Quality health services: a planning guide. Geneva: World Health Organization.
Published
2025-07-28