Kolaborasi Sekolah-Pemerintah Kota Dalam Pengembangan Literasi Siswa Sekolah Dasar

School-City Government Collaboration in Developing Elementary School Student Literacy

  • Rusmin Husain Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhammad Zubaidi Universitas Negeri Gorontalo
  • Nuraini Universitas Negeri Gorontalo
  • Agista Ariyani Saripudi Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurul Azmi Universitas Negeri Gorontalo
  • Deyana Manapo Universitas Negeri Gorontalo
  • Miftahul Jannah Universitas Negeri Gorontalo
  • Nur Anisa Ali Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Literasi, Minat Baca, Perpustakaan Keliling, Sinergi Sekolah-Pemerintah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk sinergi antara sekolah dan pemerintah kota dalam mendukung kegiatan literasi anak usia sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian dilaksanakan di SDN NO 58 Kota Timur Ipilo Kota Gorontalo pada 30 April 2025. Fokus penelitian adalah kolaborasi antara sekolah dan pemerintah kota dalam program peningkatan literasi seperti perpustakaan keliling dan pojok baca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi merupakan keterampilan mendasar yang sangat penting dalam perolehan pengetahuan dan pengembangan keterampilan. Peran sekolah terlihat melalui implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang mewajibkan peserta didik membaca buku nonpelajaran selama 10-15 menit sebelum pembelajaran, sedangkan pemerintah kota berperan dalam menyediakan perpustakaan keliling yang menjangkau sekolah-sekolah. Kolaborasi ini telah menumbuhkan minat baca siswa dan menciptakan sinergi positif dalam pelaksanaan program literasi. Penelitian merekomendasikan perluasan program perpustakaan keliling, peningkatan koleksi buku yang relevan dengan kebutuhan siswa, dan peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan untuk mempertahankan eksistensi program.

References

Anindyarini, A., Sumarwati, S., Waluyo, B., Hastuti, S., & Mujiyanto, Y. (2019). Strategi menghidupkan budaya literasi melalui dongeng. SENADIMAS.
Apriono, A., Wibowo, A., & Sari, R. (2019). Kompetensi Pustakawan dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Perpustakaan di Era Digital. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 7(2), 110-118.
Amalia, N., & Dewi, F. F. E. F. (2023). Pembudayaan Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III SDIT Baiturrahman Sepat. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1624–1634.
Anonimus. (2016). Buku Digital (Buku Sumber). Jakarta: SEAMOLEC
Asriani, A., & Asriani, A. (2017). Evaluasi keterpakaian koleksi perpustakaan keliling pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai. Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Anwar, R. K. (2015). Penyediaan bahan bacaan masyarakat melalui perpustakaan keliling (mobile library) di Kabupaten Cianjur. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(2), 137–146.
Bungawati, R., & Rahmadani, D. (2021). Peran Perpustakaan Keliling dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 88-95.
Dewi, L. K., Asmaria, A., & Rauf, E. U. T. (2020). Pengelolaan Perpustakaan Keliling dalam Upaya Peningkatan Pelayanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 271–280.
Dewanti, N. (2019). Pengaruh Kehadiran Perpustakaan di Lingkungan Sekitar terhadap Minat Baca Masyarakat. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 7(3), 102-110.
Dewi, N., & Desriveni, D. (2015). Strategi Pengembangan Perpustakaan Sekolah dalam Mendukung Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3(2), 45-52.
Fernandez, P. S. Y. (2024). PENINGKATAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI SARANA TAMAN BACA DI DESA LAMABELAWA KECAMATAN WITIHAMA. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 35-40.
Hidayah, A., & Zumrotun, E. (2024). Peran perpustakaan keliling daerah dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar negeri Demangan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 649-655.
Harahap, R. M., Siregar, N., & Lubis, M. (2020). Pengaruh Empati terhadap Kepuasan Pelanggan pada Layanan Perpustakaan di Era Digital. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 4(1), 45-53.
Haniva, S. (2020). Strategi Promosi Perpustakaan Keliling melalui Media Sosial untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 8(1), 23-30.
Irfandi, I., Rahmadani, E., & Bungawati, B. (2023). Eksistensi layanan perpustakaan keliling bagi siswa sekolah dasar pada era digital. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 41-47.
Irianto, A., & Febrianti, R. (2017). Literasi dan pengembangan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 640–650.
Iskandar, R. (2023). Strategi Meningkatkan Pelayanan Prima di Perpustakaan Umum untuk Memuaskan Pemustaka. Jurnal Manajemen Perpustakaan, 9(1), 15-22.
Ilham, D., Karunia, L., Saleh, S., & Brata, J. T. (2023). Peran Pemerintah dalam Mendorong Kualitas Pelayanan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pallangga Praja (JPP), 5(2), 155-162.
Ife, J., & Tesoriero, F. (2008). Community development: alternatif pengembangan masyarakat di era globalisasi (Edisi ke-3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jannah, I. Z., Trisnawan, T., & Yainahu, R. (2023). Pendampingan intensif menggunakan buku pintar membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Kaulon 01. Journal of Education Religion Humanities and Multidisciplinary (JERUMI), 2(1), 49–56.
Kurnia, Y. (2018). Tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan dan koleksi bahan pustaka pada perpustakaan keliling di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palembang. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Kadariyah, N. (2014). Pengelolaan Perpustakaan Keliling di Perpustakaan Daerah Tangerang Selatan. Skripsi, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Lestari, S., Yusmansyah, & Mayasari, S. (2021). Bentuk dan faktor penyebab perilaku bullying. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 9(1), 1–7.
Lestari, W. S. (2021). Analisis faktor-faktor penyebab bullying di kalangan peserta didik. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 3(2), 147–157.
Mahdi, R. (2020b). Edukasi Agama Islam melalui Platform Digital: Kelebihan dan Tantangan dalam Meningkatkan Literasi Agama di Kalangan Generasi Muda. At-Tajdid: Journal of Islamic Studies, 4(3), 1–8.
Mitria, M., & Marlini, M. (2019). Pemanfaatan Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang sebagai Penunjang Program Pendidikan dalam Mengenalkan Literasi Informasi pada Siswa SD. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 8(1), 252–262.
Mastini, A. (2013). Manajemen Perpustakaan: Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Novitasari, L. (2020). E-book sebagai literasi digital (Studi media aplikasi imartapura terhadap minat baca masyarakat Kabupaten Banjar) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
Octaviani, S., Hamel, S., Rahayu, E., & Yuniarti, Y. (2023). Analisis Kurikulum Sekolah Dasar Islam Sebagai Upaya Mencetak Generasi Berkarakter. Teaching, Learning and Development, 1(2), 1–8.
Purwo, S. (2017). Peran gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran kreatif-produktif di sekolah dasar. Karya Ilmiah Dosen, 3(1).
Pilgreen, J. L. (2000). The SSR Handbook: How to Organize and Manage a Sustained Silent Reading Program. Portsmouth, NH: Heinemann Boynton/Cook Publishers.
Rahayu, G. S. (2015). Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus II Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

Rakib, R., Londa, N. S., & Warouw, D. M. D. (2017). Kajian Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat di Kelurahan Tinoor 1 Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon. Acta Diurna, 6(2), 1–8.

Soetomo. (2006). Strategi-Strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutarno. (2016). Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulistiyowati, D., Sutarno, & Widiyanto, S. (2015). Pelayanan Perpustakaan Keliling dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Kabupaten Sleman. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1), 12-22.

Syarif, M. (2020). Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 34-40.

Suprapto, D., & Qosyim, M. (2022). Membudayakan Kegiatan Membaca di Sekolah Dasar sebagai Kebutuhan Dasar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 55-62.

Sinaga, M. (2019). Demokrasi dalam Pelayanan Publik: Studi Kasus pada Perpustakaan Umum di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 5(2), 101-110.

Teguh, A. (2012). Literasi: Lebih dari sekadar membaca dan menulis. Jakarta: Penerbit Pendidikan Indonesia.

Tanjung, R. (2017). Manajemen Pelayanan Perpustakaan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Tarigan, H. G. (1982). Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Published
2025-07-29