Pengaruh Kualitas Produk, Online Customer Review dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk New Fivez di Kota Palu

The Influence of Product Quality, Online Customer Reviews, and Price Perception on Purchase Decisions for New Fivez Products in Palu City

  • Nur Febriana Fakultas Eknomi dan Bisnis Universitas Abdul Aziz Lamadjido
  • Nur Hilal Fakultas Eknomi dan Bisnis Universitas Abdul Aziz Lamadjido
  • Nirmala Dewi Fakultas Eknomi dan Bisnis Universitas Abdul Aziz Lamadjido
Keywords: Kualitas Produk, Online Customer Review, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian Produk New Fivez

Abstract

-

Kualitas produk pada dasarnya adalah suatu cara yang dilakukan oleh produsen untuk menjamin produk yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan serta mampu memberikan kepuasan tersendiri kepada konsumen. Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, yang bertujuan memberikan gambaran sistematis tentang fenomena yang diteliti dan mengukur hubungan antar variabel secara numerik. Kualitas produk, online customer review, dan persepsi harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk New Fivez Skincare di Kota Palu. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji F sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,893 menunjukkan bahwa ketiga variabel independen tersebut mampu menjelaskan variasi keputusan pembelian sebesar 89,3%, sedangkan sisanya sebesar 10,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

References

Abi Mantara, M., Luh Wayan Sayang Telagawathi, N., Nyoman Yulianthini, N., & Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Menentukan Keputusan Pembelian Secara Online Di Bukalapak Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha. Vol. 2, Issue 1.
Adila, B. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline (Studi Kasus Pada Mahasiswi Kota Surakarta).
Adwimurti, Y., & Sumarhadi. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderasi. Vol. 3, Issue 1. Https://Journal.Moestopo.Ac.Id/Index.Php/Jmb/

Alif, M., & Rochim, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Online Customer Review Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Ms Glow (Studi Kasus Pada Pelanggan Di Wilayah Surabaya Barat).

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14.

Antonia, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Marketplace Blibli (Studi Kasus Pada Pelanggan Di Kota Tangerang). Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 2, Issue 2.

Assaukani, A. N., Muhamad Pauzy, D., & Lestari, S. P. (2024). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pd. Gudmal Toko Bahan Sandal Kota Tasikmalaya). Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 2, 137–149.

Effiyaldi, Paul Karolus Pasaribu, J., Suratno, E., Kadar, M., Naibaho, R., Kumara Hati, S., & Aryati, V. (2022). Penerapan Uji Multikolinieritas Dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Jumanage, 1, 94–102. Https://Ejournal.Unama.Ac.Id/Index.Php/Jumanage


Eka Dewi, F., Kuntardina, A., Adiputra, E., Ti, S., Ekonomi, J., & Dan Bisnis, M. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Stie Cendekia Bojonegoro Angkatan 2017).
Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Commerce Zalora Di Jakarta. Business Management Analysis Journal (Bmaj), 4(2), 80–98.
Haryadi, W., Sudiyarti, N., Kurniawan, E., Ismawati, & Rachman, R. (2020). Analisis Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan
(Studi Pada Pedagang Ikan Di Pasar Kerato). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8, 204–214.
Mardiana, D., Sijabat, R., & Artikel, I. (2021). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Widyacipta
Maryati, & Khoiri, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11.
Nadira, A. P. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Online Customer Review Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific Di Shopee (Studi Kasus Pada Remaja Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru).
Nurlia, R., Indriani, W., & Wuryanti, L. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi (Studi Kasus Mobil Pejero Sport Cabang Lampung Selatan) Sekretariat Daerah Kota Metro.
Pradana, M., Anggriani, I., & Rahman, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pada Lpk Barokah Kota Bengkulu. Jurnal Ekombis Review, 11.
Putri, A., Depy Pauzy, M., & Karmila, M. (2023). The Influence Of Price Perceptions And Promotional Strategies In Social Media On The Decision To Use Asa Photography Ser Vices In The City Of Tasikmalaya (Survey On Consumers Of Asa Photography Photo Services In The City Of Tasikmalaya) Pengaruh Persepsi Harga Dan Strategi Promosi Di Media Sosial Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Foto Asa Photography Di Kota Tasikmalaya (Survei Pada Konsumen Jasa Foto Asa Photography Di Kota Tasikmalaya).Journal Of Management, Economic, And Accounting, Vol. 2, Issue 2.


Repi, J. R., Mandey, S. L., & Ch, R. (2022). The Effect Of Marketing Mix On Consumer Buying Decision At Bengkel Hendra Motor Langowan. Kawet 429 Jurnal Emba, 10(1), 429–439.
Rifa’i, B., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet Di Gallery Smartfren Denpasar.
Zed, E. Z., Ratnaningsih, Y. R., Tri, D., & Kartini, M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online Di E-Commerce Pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. 8(2), 436–452.
Published
2025-07-29