Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sma Negeri 1 Torue
The Influence of Learning Facilities and School Environment on Teacher Performance at SMA Negeri 1 Torue
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Torue. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif vervikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri 1 Torue yang diambil berdasarkan data guru pada petugas operator SMAN 1 Torue. Ukuran sampel dalam penelitian ini ditentuntukan dengan menggunkan teknik sampling jenuh, sehingga menghasilkan jumlah sampel sebanyak 65 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala Likert, yang kemudian dianalisis melalui regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajar dan lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan, baik secara simultan maupun parsial, terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Torue.
References
Amanah, A. R., Nongkeng, H., & Budiman, B. (2018). Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Sekolah, Dan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK Karya Teknik Watansoppeng. YUME: Journal of Management, 1(3).
Angrainy, A., Fitria, H., & Fitiani, Y. (2020). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 154-159.
Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada
Aminah, S. (2017). Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Bimbingan Dan Konseling.
Ayu, N. R., & Daniel, B. (2019). Pengaruh Work Life Balance Dan Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Divisi Mirai+ Pt. Bank Nusantara Parhyangan Tbk Cabang Sudirman Bandung. E-Profit, 1(01), 11-20.
Astuti, C. Y., & Hendra Ts, K. (2022). Prestasi Belajar ditinjau dari Fasilitas, Motivasi, Manajemen Waktu Belajar serta Lingkungan Keluarga. JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 24-32.
Bafadal, I. (2004). Manajemen perlengkapan sekolah teori dan aplikasinya.
Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IS Di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1(2).
Djamarah, S., & Zain, A. (2006). Strategi. Belajar Mengajar,(Jakarta: Rineka Cipta, 2002), Cet. II, h, 46-48.
Elly, Y., & Soraya, J. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(2), 55-61
Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers Indriantoro, N. & Supomo, B. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Indeks.
Hasbi, H., Muliyadi, A., Mustari, M., & Ilyas, G. B. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Disiplin Kerja, dan Kondisi Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Soppeng. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(1).
Hidayana, A. F. (2021). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Mi Nurul Ulum Madiun. Jurnal Paradigma, 11(1), 187-201.
Iskandar, D., Sapar, J.F., Kadir, A., Melania, M., & Zailani, Z. (2023). The Effect of School Facilities and Work Environment on the Performance of State Madrasah Tsanawiyah Teachers in Tapin District. International Journal of Current Science Research and Review.
Iskandar, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Disiplin Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMKN 4 Padang (Studi Kasus Pada SMKN 4 Padang). Jurnal Ekobistek, 11-22.
Jannah, M. (2021). Manajemen sumber daya manusia.
Kurniawan, D., Puluhulawa, J., & Wantu, S. M. (2018). Capacity Building Dinas Pendidikan Dalam Peningkatan Kinerja Guru (Studi Kasus Guru Ppkn Smp Di Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo). Jurnal Pascasarjana, 2(2), 211-219.
Lailiyah, U. W., & Wahyuningsih, T. H. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Driver Grab-Bike Kabupaten Banjarnegara. Media Ekonomi, 19(01), 190-201.
Mawarni, S., & Madani, A. H. J. (2023). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Pancasila Mojokerto Jawa Timur. Aliansi: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 18(1), 147-156.
Masni, H., Hutabarat, Z. S., & Rahmawati, R. (2024). Lingkungan Sekolah, Komunikasi Guru dan Motivasi Belajar Siswa dalam Menganalisis Hasil Belajar Siswa.
NURIANSARI, Z. (2018). Pengaruh kinerja guru terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Kota Jambi.
Pribadiyanto, A., & Amboningtyas, D. (2017). Influence Of Ability, Socio Demography, Self Efficacy, And Minimnya Employment Work On Entrepreneurship In Village Community Pringapus Sub District Pringapus Semarang. Journal of Management, 3(3).
Pinang, P. T. (2015). Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sd Negeri Binaan Tanjungpinang Satriadi. Journal of Economic and Economic Education Vol, 4(2), 288-295.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sahrul, S., Prasetyo, I., & Utari, W. (2022). Pengaruh Fasilitas Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Muhammadiyah 3 Balikpapan-Kalimantan Timur. Jurnal Manajerial Bisnis, 5(3), 193-203.
SAFUTRA, M. J. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Sman 11 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Batanghari Jambi).
Sudi, D. M., & Heni, H. (2023). Kendala Fasilitas Sekolah dalam Proses Pembelajaran dan Tantangan Kurangnya Kedisiplinan Guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Pusat Mandalawangi Pandeglang. Ta'dibiya, 3(2), 29-43.