Pengaruh Kecerdasan Adversitas Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2021 Universitas Abdul Azis Lamadjido

The Influence of Adversity Intelligence and Parental Support on Motivation to Complete a Thesis in Management Study Program Students of the 2021 Class of Abdul Azis Lamadjido University

  • Ahmad Fajri Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido, Palu. Jl. DR, Suharso. Besusu Barat, Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah.
  • Hariyanto R. Djatola Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido
  • Fadila Almahdali Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido
Keywords: Kecerdasan Adversitas, Dukungan Orang Tua, Motivasi Menyelesaikan Skripsi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan dampak penting dari dukungan orang tua, kesulitan, dan kecerdasan terhadap motivasi mahasiswa Universitas Abdul Aziz Lamadjido angkatan 2021 untuk menyelesaikan skripsi di program studi manajemen. Korelasi kuantitatif adalah metodologi penelitian yang digunakan. 128 mahasiswa yang terdaftar di program studi manajemen Universitas Abdul Aziz Lamadjido 2021 merupakan populasi penelitian, dan semuanya ada 56 sampel. Kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Likert dan alat analisis yang di gunakan adalah analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan adeversitas dan dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi menyelesaikan skripsi pada mahasiswa prodi manajemen angkatan 2021 Universitas Abdul Aziz Lamadjido. Kecerdasan adversitas berpengaruh signifikan terhadap motivasi menyelesaikan skripsi pada mahasiswa prodi manajemen angkatan 2021 Universitas Abdul Aziz Lamadjido. Dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi menyelesaikan skripsi pada mahasiswa prodi manajemen angkatan 2021 Universitas Abdul Aziz Lamadjido.

References

Ajhuri, Kayyis Fithri. (2021). “Urgensi Motivasi Belajar (Peran Orang Tua
Asuh Dalam Memotivasi dan Meningkatan Prestasi Belajar
Siswa)”. Penebar Media Pustaka, Yogyakarta.
Alfian Hidayat (2018). Pengaruh Kecerdasan Adversitas Dan Dukungan Orang
Tua Terhdap Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pasa Mahasiswa Bekerja
Di
Fisipol Unijversitas Mulawarman.
Handayani, S. (2020). Kecerdasan Adversitas dan Pengaruhnya terhadap
Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 45
52.
Parvathy, U., & Praseeda. (2014). Relationship Between Adversity Quotient
and Academic Problems among Student Teachers. Journal Of
Humanities And Social Science , 19, 23-26.
Pratama, R. (2022). Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Mahasiswa
Tingkat Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(1), 33-40.
Putra, B., & Sari, M. (2021). Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik dalam
Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Journal of Academic Motivation,
7(3), 115-123.
Rahmawati, N. (2019). Peran Dukungan Sosial dalam Meningkatkan
Motivasi Akademik pada Mahasiswa. Journal of Social Science, 12(3),
75-82.
Rahmawati, N. (2019). Peran Dukungan Sosial dalam Meningkatkan
Motivasi Akademik pada Mahasiswa. Journal of Social Science, 12(3),
75-82.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Self-Determination Theory and the
Facilitation of Motivation in Education. Contemporary Educational
Psychology, 61(2), 101-111.
Sarafino E.P. (2011). Health Psychology : Biopsychosocial Interactions 7th.
New York : John Wiley and Sons, Inc
Setiawan, R. (2018). Adversity Quotient dalam Dunia Pendidikan: Studi
Literatur. Jurnal Pendidikan, 10(1), 98-105.
Stoltz, G.P. (2007). Adversity Quotient:Mengubah Hambatan Menjadi
Peluang,alih bahasa:Hermaya.T.Jakarta:PT Grasindo.
Stoltz, P. G. (2017). Adversity Quotient: Turning Obstacles into
Opportunities. Perigee Trade.
Stoltz, Paul G. (2004). Adversity Quotient. Cetakan Ketujuh. PT Gramedia
Indonesia, Jakarta.
Sugiyono, P. (2019). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”.
Bandung: Alfabeta.
Published
2025-07-31