Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Usaha Krepek Sogol di Kelurahan Moengko Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso

Analysis of Halal Certificate Ownership on Krepek Sogol Business Income in Moengko Village, Poso District, Poso City, Poso Regency

  • Afriana Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Tadulako
  • Nudiatulhuda Mangun Program Studi Ilmu Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Muhtar Lutfi Program Studi Ilmu Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Ahmad Syatir Program Studi Ilmu Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Rita Yunus Program Studi Ilmu Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Tadulako, Indonesia
Keywords: Sertifikat Halal, Pendapatan Usaha, Pelaku Usaha

Abstract

Pencantuman label halal pada produk akan sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen, sehingga memiliki dampak yang positif terhadap peningkatan profit dari Perusahaan. Saat ini para pelaku usaha masih ada yang menganggap sertifikasi Halal hanya untuk pemenuhan kewajiban dalam agama Islam, dan masih sedikit yang melihat peluang bahwa sertifikasi halal dapat untuk meningatkan pendapatan usahanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manfaat dari penerapan sertifikasi halal yang dirasakan oleh pelaku usaha Krepek Sogol yang bergerak di bidang industri pangan setelah memiliki sertifikasi Halal MUI. Manfaat dari penerapan standar pada pelaku usaha Krepek Sogol dapat meningkatkan pendapatan. Hal ini dikarenakan meningkatnya kepercayaan dan minat beli konsumen karena kepemilikan sertifikat halal, kemampuan untuk memasuki pasar yang lebih luas serta mengikuti berbagai program yang telah disediakan oleh pemerintah untuk mempromosikan produk. Sebelum memiliki sertifikat halal, omzet di bulan September yang diperoleh sebesar Rp.3.200.000,00 dan omzet di bulan Oktober sebesar Rp.4.000.000,00 pendapatan tersebut hanya naik 25% sedangkan setelah memilik sertifikat halal di bulan November omzet naik sebesar Rp.7.500.000,00 pendapatan tersebut naik sebesar 87% dari bulan sebelumnya. Dilihat dari manfaat menurut ekonomi yang diperoleh bisa di simpulkan bahwa Dampak kepemilikan Sertifikat Halal dapat meningkatkan pendapatan sekaligus membuktikan bahwa sertifikat halal memiliki hubungan yang signifikan dalam mempengaruhi tingkat pendapatan pelaku usaha, dan bisa membawa pengaruh terhadap pada kualitas produk.

References

Arsyan, M. A., Liquiddanu, E., & Pujiyanto, E. Perancangan Sistem Jaminan Halal (SJH) pada IKM Roti Amira untuk Memenuhi Persyaratan Dokumentasi Sistem Jaminan Halal (SJH). Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 18(1).
Astawan, M., & Wresdiyati, T. (2004). Diet sehat dengan makanan berserat. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Solo, 44-45.
Destiana, R., & Astuti, R. S. (2019, November). Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia. In Conference on Public Administration and Society (Vol. 1, No. 01).
Keputusan Kepala BPJPH no 40 tahun 2022 tentang penetapan label halal sebagai pelaksana amanat pasal 37 uu nomor 33 tahun 2014
Syaifudin, M. R dan Fahma, F. (2022), Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Usaha UMKM Mendoan Ngapak. Media Ilmiah Teknik Industri Vol 21, No 1(2022)
Muhammad Rezi, Erwin Saputra Siregar, & Rabiyatul Alawiyah, Dampak Sertifikat Halal Pada Pendapatan Usaha Barokah Bakery Kota Jambi. Journal Of Student Research (JSR) VOL. 1, No.5 September (2023).
Rochmanto, Bayu Al; Widiyanto, Ibnu. 2015. Pengaruh Pengetahuan Produk dan Norma Religius Terhadap Sikap Konsumen dalam Niat Mengkonsumsi Produk Makanan dan Minuman Halal (Studi Kasus di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Accounting Volume 4, Nomor 1, Tahun 2015, Halaman 2.
Syaeful Bakhri, (2020) Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Pelaku Industri Kecil Dan Menengah. Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam Vol. 5, No. 1, Juni.
Soekarwi. (2003) Agribisnis: Teori dan aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sukirno, S. (2006). Pengantar Teori Mikroekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Wirnadi. (2013) Teori Ekonomi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mulyadi.(2014). Akuntasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Jaya, H. (2011). Dasar-dasar Ekonomi. Bandung: Alfabeta.
Kasmir & Jakfar. (2007). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana prenada media Group.
Butarbutar, R. (2016). Ekonomi Industri Pangan. Yogyakarta: Deepublish.
Nayla, A. (2014). Kewirausahaan dan IKM. Surabaya: Graha Ilmu.
Published
2025-08-26
Section
Article