Program Pencegahan Dosa Besar Pendidikan Terhadap Perilaku Perundungan di SMP Negeri 9 Gorontalo

Major Sin Prevention Program in Education Against Bullying Behavior at SMP Negeri 9 Gorontalo

  • Sintia Rahmayanti Y. Butudoka Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
  • Zulaecha Ngiu Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
  • Yuli Adhani Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Implementasi, Pencegahan, Tiga Dosa Besar Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pencegahan tiga dosa besar pendidikan, yang meliputi perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi, di SMP Negeri 9 Gorontalo. Fokus kajian meliputi bentuk pelaksanaan program, respon warga sekolah, hasil yang dicapai, serta hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, guru, dan siswa yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pencegahan tiga dosa besar pendidikan di SMP Negeri 9 Gorontalo dilakukan melalui sosialisasi, kegiatan ekstrakurikuler, integrasi dalam pembelajaran, serta penguatan tata tertib sekolah. Respon warga sekolah umumnya positif, terlihat dari adanya kesadaran akan pentingnya pencegahan perilaku negatif tersebut. Namun, hambatan yang dihadapi meliputi kurangnya pemahaman sebagian siswa, keterbatasan sarana pendukung, serta tantangan dalam pengawasan perilaku di luar sekolah. Penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan program sangat bergantung pada konsistensi pelaksanaan, dukungan semua pihak, dan adanya strategi pengawasan yang berkelanjutan.

References

Ara Septiana, & Leah Afifah. (2022). Upaya Sekolah dalam Menanamkan Nilai Karakter Untuk PencegaMutaqin, F. T., Yuliadi, D., Konseling, B., & Pendidikan, I. (2024). SMP IT LA ROYBA KOTA SERANG PENDAHULUAN Profil pelajar Pancasila merupakan sebuah konsep yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan , Kebudayaan , Riset , dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) sebagai upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia pada . 636–643.
Syaikhudin, A. (2012). Konsep Pemikiran Pendidikan Menurut Paulo Freire Dan Ki Hajar Dewantoro. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 79. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.403
Ungusari, E. (2015). 151, 10–17.
Ura, U., & Sudirgo, T. (2022). Pendidikan Dalam Pemikiran Ivan Illich Dan Henry Giroux. Prosiding Seri Seminar Nasional, 63, 65. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2948461
Wijaya, H. (2018). Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(1), 52–73. https://doi.org/10.30648/dun.v9i1.1415
han 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan. Proseding Mutaqin, F. T., Yuliadi, D., Konseling, B., & Pendidikan, I. (2024). SMP IT LA ROYBA KOTA SERANG PENDAHULUAN Profil pelajar Pancasila merupakan sebuah konsep yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan , Kebudayaan , Riset , dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) sebagai upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia pada . 636–643.
Syaikhudin, A. (2012). Konsep Pemikiran Pendidikan Menurut Paulo Freire Dan Ki Hajar Dewantoro. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 79. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.403
Ungusari, E. (2015). No Title 151, 10–17.
Ura, U., & Sudirgo, T. (2022). Pendidikan Dalam Pemikiran Ivan Illich Dan Henry Giroux. Prosiding Seri Seminar Nasional, 63, 65. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2948461
Wijaya, H. (2018). Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(1), 52–73. https://doi.org/10.30648/dun.v9i1.1415
Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Vol.7(No.1), 1–11. R3
Data, P. (n.d.). BAB III Penyajian Data. 2–17.
Erika, K. A., Pertiwi, D. A., & Seniwati, T. (2019). Bullying Behaviour of Adolescents Based on Gender, Gang and Family. Jurnal Ners, 12(1), 126–132. https://doi.org/10.20473/jn.v12i1.4396
Grave, A. De, Tinggi, S., Ekonomi, I., & Saputra, D. N. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Issue March). https://doi.org/10.31237/osf.io/jhxuw Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2020). No Title. Rigby 1994, 5–26.
Syahran. (2023). Teknik Data Dalam Penelitian Ilmiah Triangulasi Metode. Jurnal Teknik Data Dalam Penelitian Ilmiah Triangulasi Metode, 1(1), 53–61.
Syaodih, Nana. (2019). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakary
Published
2025-10-10
Section
Article