Penerapan Metode Reciprocal Teaching Pada Mata Pembelajaran PPKn Di Kelas X2 Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMA N 6 Kota Gorontalo

Implementation of the Reciprocal Teaching Method in the PPKN Subject in Class X2 as an Effort to Improve Student Learning Outcomes at SMA N 6, Gorontalo City

  • Sri Rogaya Mamonto Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
  • Asmun W.Wantu Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
  • Yuli Adhani Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, PPKn, Partisipasi Siswa, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Reciprocal Teaching pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di kelas X2 SMA Negeri 6 Kota Gorontalo. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan minimnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Untuk menjawab permasalahan tersebut, digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode Reciprocal Teaching diterapkan melalui empat strategi utama, yaitu: merangkum (summarizing), mengajukan pertanyaan (questioning), mengklarifikasi (clarifying), dan memprediksi (predicting). Keempat strategi ini diterapkan secara bergantian antara guru dan siswa, guna meningkatkan pemahaman konsep serta partisipasi aktif dalam pembelajaran. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi aktivitas guru dan siswa, dokumentasi, serta tes hasil belajar siswa sebelum dan sesudah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara bertahap dari siklus I hingga siklus III. Pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 46%, meningkat menjadi 65% pada siklus II, dan mencapai 85% pada siklus III. Selain itu, terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam berdiskusi, mengajukan pertanyaan, dan menyampaikan pendapat di kelas. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mendorong terciptanya pembelajaran yang lebih aktif, bermakna, dan partisipatif.

References

Adams, Cindy. 1996. Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, Jakarta: Gunung Agung
Adiwijoyo, Suwarno. 2005. Konsolidasi Wawasan Maritim Indonesia. Jakarta: Pakar Pusat Kajian Reformasi
Ady, Kellie. 2019. The Student-Centered Learning Cycle. https://www.schoology.com/blog/student-centered-learning-cycle
Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R., et al (Eds.) (2000) A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives . Allyn & Bacon. Boston, MA (Pearson Education Group)
Asshidiqie, Jimly. Tanpa Tahun. “Gagasan Dasar Tentang Konstitusi dan Mahkamah Konstitusi”, makalah.
Budiyono. 2014. Hubungan Negara Dan Agama Dalam Negara Pancasila, Fiat Justisia Jurnal Ilmu Hukum Volume 8 No. 3, Juli-september
Danusaputro, Munadjat. 1976. Tata Lautan Nusantara dalam Hukum dan Sejarahnya. Jakarta: Binacipta
Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Ki Hadjar Dewantara: Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Dick-Read, Robert. 2008. Penjelajah Bahari: Pengaruh Peradaban Nusantara di Afrika, Bandung: Mizan
Duchacek, Ivo D. 1987. “Constitution and Constitutionalism” dalam Bogdanor, Vernon (ed), Blackwell’s Encyclopaedia of Political Science, Oxford: Blackwell,
Eddy, I Wayan Tagel. 2018. Aktualisasi Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara, Dharma Smrti, Nomor 18 Vol. I Mei
Fadilah, Nurul. 2019. Tantangan Dan Penguatan Ideologi Pancasila Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal Of Digital Education, Communication, And Arts, Vol. 2, No. 2, September 2019
Grant, M. M. 2002. Getting a grip on project-based learning: Theory, cases and recommendations. Meridian: A Middle School Computer Technologies Journal, 5, 1-17.
Hadiwidjoyjo, Suryo Sakti. 2011. Perbatasan Negara dalam Dimensi Hukum Internasional. Yogyakarta: Graha Ilmu
Hamidi, Jazim. 2009. Hukum perbandingan Konstitusi. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser
Hasan, Hamsah. 2015. Hubungan Islam Dan Negara: Merespons Wacana Politik Islam Kontemporer Di Indonesia, Al-ahkam, Volume 25, Nomor 1, April
Hatta, Mohammad. 1978. Pengertian Pancasila, Jakarta: Inti Idayu Press
Hisyam, Muhamad. 2011. Ki Bagus Hadikusumo Dan Problem Relasi Agama- negara, Jurnal Masyarakat & Budaya, Volume 13 No. 2 Tahun 2011
Hutagalung, Daniel. 2005. Menapaki Jejak-jejak Pemikiran Soepomo Mengenai Negara Indonesia, Jurnal Hukum Jentera Vol. 3 (10) (Oktober)
Ilyas. 2020. Islam Dan Kebangsaan: Pergumulan Dalam BPUPKI, PPKI, Dan Piagam Jakarta, Buletin Al-turas Vol. 26 No. 1 January
Iqbal, Muhammad. 2014. Mohammad Hatta Dan Partai Demokrasi Islam Indonesia: Dinamika Pemikiran Hubungan Agama Dan Politik, Madania Vol. Xviii, No. 2, Desember
Jailani, Imam Amrusi. 2014. Pergolakan Politik Antara Tokoh Muslim Dan Nasionalis Dalam Penentuan Dasar Negara Republik Indonesia, Karsa, Vol. 22 No. 2, Desember
Kamdi. (2007). Model Pembelajaran Problem Based Learning (online) tersedia: http://www.sekolahdasar.net/2011/10/model-pembelajaran-problem-ba sed.html?m-1

Kholiludin, Tedi. Kuasa Negara atas Agama: Politik Pengakuan, Diskursus Agama Resmi dan Diskriminasi Hak Sipil. Semarang: Rasail-eLSA Press, 2009
Koers, Albert W. Konvensi Peserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1994
Polamolo, Susanto. 2018. Gelap-terang Pancasila: Otokritik Atas Teks Sejarah Yang Melenceng, Jurnal Konstitusi, Volume 15, Nomor 2, Juni
Sadiawati, Diani, dkk., 2019. Kajian Reformasi Regulasi di Indonesia: Pokok Permasalahan dan Strategi Penanganannya, Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK) dan Bappenas,
Saifiidin, 2002. Lahirnya UUD 1945: Suatu Tinjauan Historis Penyusunan Dan Penetapan UUD 1945. Unisia No. 49
Salamah, Lilik. 2017. Analisa Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT): Peluang Dan Tantangan Association of Southeast Asian Nations (Asean) Dalam Mewujudkan Integrasi Asia Tenggara. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik Vol. 30, No. 3, Tahun 2017, Hal. 300-309
Samekto, Adjie. 2003. Negara dalam Dimensi Hukum Internasional. Bandung: Bakti
Schaefer, Richard T (ed)., 2008. Encyclopedia of Race, Ethnicity, and Society, Singapore: SAGE Publication
Sholahudin, Umar. 2019. Globalisasi: Antara Peluang Dan Ancaman Bagi Masyarakat Multikultural Indonesia, Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis Vol 4, No 2, Desember
Soeprapto, Sri. 2013. Konsep Muhammad Hatta Tentang Implementasi Pancasila Dalam Perspektif Etika Pancasila. Jurnal Filsafat Vol. 23, Nomor 2, Agustus
Soraya, May Rosa Zulfatus. 2014. Kontestasi Pemikiran Dasar Negara Dalam Perwujudan Hukum Di Indonesia
Suganda, Her. 2006. Kampung Naga Mempertahankan Tradisi. Bandung: Kiblat Titaley, John A., Religiositas di Alinea Tiga: Pluralisme, Nasionalisme dan

Ubaedillah, A, dkk. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah- Kencana Prenada Media
Verdiansyah, Chris. (ed), Jalan Panjang Menjadi WNI: Catatan Pengalaman dan Tinjauan Kritis. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2007
Wilson, Leslie Owen. Tanpa Tahun. Three Domains of Learning – Cognitive, Affective, Psychomotor, https://thesecondprinciple.com/instructional- design/threedomainsoflearning/
Winastwan, Gora dan Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Flex Media Komputindo
Yamin, M. 1959. Naskah Persiapan Undang-Undang Dasar 1945. Jilid 1, Jakarta: Yayasan Prapantja
Zaini, H., dkk. 2013. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development UIN Sunan Kalijaga.
Published
2025-10-10
Section
Article