IMPLEMENTASI PELAYANAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT BALINGGI DI KECAMATAN BALINGGI KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Abstract
Puskesmas Balinggi yang berada di Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong merupakan salah satu pusat kesehatan masyarakat di Wilayah Kabupaten Parigi Moutong terdapat beberapa jenis layanan kesehatan yang disediakan bagi masyarakat. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Balinggi Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi/pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Puskesmas Balinggi. Data yang diperlukan adalah data primer dan data sekunder.
Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas Balinggi Kecamatan Balinggi tergolong baik dalam semua aspek, baik dari sisi Reliability, responsiviness, assurance, emphaty, dan tangible.
References
Batinggi, Achmad dan Badu Ahmad, 2007. Manajemen Pelayanan Umum, Universitas Terbuka, Jakarta.
Dasril Muhamad, 2022, Administrasi Investasi pada Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Palu Sulawesi Tengah, Jurnal Kolaboratif Sains, Vol. 5 No. 4: April 2022 , https://doi.org/10.56338/jks.v5i4.2367
Dwiyanto, Agus, 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia (RI) Nomor:63/Kep/M.PAN/7/2003. Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Moenir, H.A.S., 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014. Tentang Puskesmas.
Ratminto dan Septi Winarsih, Atik, 2005. Manajemen Pelayanan, Mismar, Jakarta.
Robert, 2006. Pelayanan Publik, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sinambela, Lijan Poltak, 2008. Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan dan Implementasi), PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Singarimbun, Masri & Sofian Effendi. 2008. Metode Penelitian Survei, LP3ES.Jakarta:
Tjiptono, Fandy, 2005. Service Management, Mewujudkan Layanan Prima, Andi Offset, Yogyakarta.
Viviyanti, Andi Irwan, Pariyati, 2019, Kualitas Pelayanan Pegawai Tata Usaha di Sekolah Dasar Negeri Balane Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi, Jurnal Kolaboratif Sains, Vol. 2 No. 1: Oktober 2019, https://doi.org/10.56338/jks.v2i1.673
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009. Tentang Kesehatan.





