Analisis Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Poli Jantung Instalasi Rawat Jalan RSUD Otanaha Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD)
Analysis of Improving the Quality of Health Services in the Heart Polyclinic, Outpatient Installation of Otanaha Regional Hospital Using the Quality Function Deployment (QFD) Method
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor krusial dalam menentukan keberhasilan pelayanan di rumah sakit. Poli Jantung RSUD Otanaha sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan jantung harus dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan pasien agar tercapai kepuasan pasien. Berdasarkan survei dan wawancara awal, beberapa pasien mengungkapkan ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diterima, terutama terkait dengan waktu tunggu pelayanan, keramahan staf medis, dan ketersediaan fasilitas yang dianggap kurang memadai. Untuk mengatasi masalah ini, digunakan pendekatan QFD yang berfokus pada "suara pelanggan" untuk menerjemahkan kebutuhan dan harapan pasien ke dalam atribut mutu yang dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Poli Jantung Instalasi Rawat Jalan RSUD Otanaha menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara kepada pasien yang menerima pelayanan di Poli Jantung RSUD Otanaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa atribut yang perlu menjadi prioritas peningkatan, seperti pelayanan yang cepat dan tepat serta fasilitas pendukung yang memadai. Penerapan QFD diharapkan dapat membantu RSUD Otanaha dalam meningkatkan mutu pelayanan, sehingga mampu memberikan pelayanan yang lebih responsif dan sesuai dengan kebutuhan pasien, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan pasien secara signifikan.
References
Azami, R. (2021). Pelayanan Pasien Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2021).
Carolin, B. T., Dayan, H., & Siti, N. (2023). Faktor Yang Berkaitan Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Cendekia Medika: Jurnal Stikes Al-Ma`arif Baturaja, 8(1), 64–72. https://doi.org/10.52235/cendekiamedika.v8i1.214
Hidayat, H., & Negoro, Y. P. (2023). Penerapan Quality Function Deployment Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Gresik. Matrik?: Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 23(2), 151. https://doi.org/10.30587/matrik.v23i2.4434
Lubis, R. M. (2021). Analis Kualitas Pelayanan Dengan Metode Quality Function Deployment (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Daerah Kumpulan Pane Tebing Tinggi). (Skripsi Sarjana, Universitas Medan Area, 2021).
Mahendra, R. (2021). Peningkatan Kualitas Layanan Jasa Dengan Menggunakan Metode Qfd (Quality Function Deployment) Pada Kementerian Agama Kota Dumai. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Riau, 2021).
Noer, M. A. A. (2022). Analisis Perbedaan Mutu Pelayanan Kesehatan Esensial Terhadap Pasien BPJS Kesehatana Di Puskesmas Tilango Dan Praktek Dokter Pada Masa Pandemi Covid-19. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Gorontalo, 2022).
Permenkes RI. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Kewajiban Rumah Sakit Dan Kewajiban Pasien. Jakarta.
Setia, N. K. M., & Nopiyani, N. M. S. (2023). Aplikasi Quality Function Deployment (QFD) dalam Peningkatan Mutu Layanan di Rumah Sakit?: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia The Indonesian Journal of Health Promotion, 6(9), 1745–1752.