Pengaruh Edukasi Menggunakan Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan Anak SD Tentang Bahaya Minuman Berwarna Bagi Kesehatan Ginjal Di Sekolah Dasar Negeri 14 Telaga Biru

The Effect of Education Using Animated Video Media on Elementary School Children's Knowledge About the Dangers of Colored Drinks for Kidney Health at State Elementary School 14 Telaga Biru

  • Zihan Pratiwi Ali Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan UNG
  • Nanang Roswita Paramata Dosen Program Studi Kedokteran UNG
  • Andi Mursyidah Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan UNG
Keywords: Edukasi Kesehatan, Video Animasi, Minuman Berwarna

Abstract

Gangguan fungsi ginjal pada anak-anak semakin meningkat, salah satunya akibat konsumsi minuman berwarna yang mengandung zat aditif berbahaya. Data Kementerian Kesehatan tahun 2022 mencatat lebih dari 300 kasus gagal ginjal akut pada anak-anak di Indonesia, dengan 204 di antaranya meninggal dunia. Di Provinsi Gorontalo, terdapat 10 kasus di RS Toto Kabila dan 5 kasus di RS MM Dunda Limboto selama tahun 2023–2024. Kondisi ini menunjukkan pentingnya edukasi kesehatan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi menggunakan media video animasi terhadap pengetahuan siswa SD tentang bahaya minuman berwarna bagi kesehatan ginjal. Desain penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan pendekatan one group pre-test and post-test. Sampel berjumlah 48 siswa kelas V dan VI di SDN 14 Telaga Biru, diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner pre-test dan post-test setelah pemberian edukasi melalui video animasi berdurasi 3 menit 40 detik. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah intervensi video animasi (p-value < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa media video animasi efektif dalam meningkatkan pemahaman anak-anak mengenai dampak konsumsi minuman berwarna terhadap kesehatan ginjal.

References

Ani Daniyati, (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294.
Apriyanti, E., Agustina, D. K., Kuntoadi, G. B., Pora, Y. D., Wida, A. S. W. D., Nua, E. N., Adesta, R. O., Guru, Y. Y., Pitang, Y., Azis, P. A., & others. (2021). Teori Anatomi Tubuh Manusia. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 6-7 https://books.google.co.id/books?id=9-RJEAAAQBAJ
Azzahra, R. A. (2024). Hubungan Konsumsi Minuman Bersoda Dengan Penyakit Ginjal Kronik Di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang.
Chandra, B. (2021). Makanan dan Minuman. Pengantar Kesehatan Lingkungan, 93–94.
Constantika, L., Dewi, R. K., & Wardani, I. K. (2022). Efektivitas Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Dental Health Education Pada Anak Tunagrahita (Literature Review). Dentin, 6(1), 30–34.
Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2021). Pengetahuan?; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 97.
Dewayanti, A., Sri Suryanti, H. H., & Wicaksono, A. G. (2023). Analisis Video Animasi Inovatif dalam Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di MIM Girimargo Miri Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Sinektik, 4(2), 187–195.
Y. M, S. P., & Kusumawati, R. (2023). Buku Ajar Zat Aditif Zat Adiktif Berbasis Case Method. Mega Press Nusantara.
Emergensi, K., Ilmu, D., & Fk, K. (2021). Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655.
E. N., Adesta, R. O., Guru, Y. Y., Pitang, Y., Azis, P. A., & others. (2021). Teori Anatomi Tubuh Manusia. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Farokah, A., Amira, I. N., & Dewi, E. C. (2022). Efektifitas Penggunaan Media Video Dan Poster Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Mengenai Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. Jurnal Klinik, 1(1), 43–49.
Fitriana, R. (2021). Kandungan Zat Pewarna Sintesis Pada Makanan dan Minuman Jajanan Di SDN I-X Kelurahan Ciputat Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan. In Procedia Manufacturing (Vol. 1, Issue 22 Jan).
Hadi, S. (2021). Riwayat Minuman Bersoda Terhadap Risiko Penyakit Ginjal Kronik Di Rumah Sakit DR. Wahidin Sudirohusodo. In Skripsi (p. 42).
Imamah, N., Dewi, E. R., & Ulfa, M. (2023). Pengaruh Media Video Animasi terhadap Pengetahuan Siswa tentang Kebersihan Gigi dan Mulut di Sekolah Dasar Negeri. JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, 4(1), 39–45.
Irawati, D., Slametiningsih, Nugraha, R., Natashia, D., Narawangsa, A., Purwati, N. H., & Handayani, R. (2023). Perubahan Fisik Dan Psikososial Mempengaruhi Kualitas Hidup Pasien Hemodialisis. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 9(1), 96–104.
Jalmur, N. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Prenadamedia Group.
Jamaliah, N., & Hartati, I. (2023). Pendidikan Kesehatan. Penerbit NEM.
T., & Sman, D. I. (2022). Pewarna Berbahaya Pada Makanan Jajanan. 3(2), 9–14.
Lestari, N. E., Yusnita, Y., Juniah, J., Naulia, R. P., Kurniawati, D., Immawati, I., Yulianto, A., Widiastuti, S., Tambunan, D. M., Fatimah, W. D., & others. (2024). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Anak Sakit Kronis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Magdalena, I., Insyirah, A., Putri, N. A., & Rahma, S. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Rendahnya Pola Pikir Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di Sdn Gempol Sari Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 166–177.
Mudli’ah, V. K., & Manik, Y. M. (2023). Analisis Permasalahan Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 156–161.
Munzirin, R. M., & Afiani, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Kesehatan pada Usia Dini. Research of Service Administration Health and Sains Healthys , 4(2), 74–76.
Muslim, A. S. (2021). Hubungan Antara Kopi Dengan Kondisi Ginjal. Jurnal Bagus, 03(01), 1309–1313.
Muzakir, H., Ashari, C. R., & Listiowaty, E. (2023). Edukasi Zat Aditif Makanan dan Jajanan Sehat Pada Pelajar. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 2(2), 103–108. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v2i2.19692
Nursalam. (2020). Buku Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Pendekatan).
Pariati, P., & Jumriani, J. (2021). Gambaran Pengetahuan Kesehatan Gigi Dengan Penyuluhan Metode Storytelling Pada Siswa Kelas Iii Dan Iv Sd Inpres Mangasa Gowa. Media Kesehatan Gigi?: Politeknik Kesehatan Makassar, 19(2), 7–13.
Parsih, S. (2023). Bahaya pewarna sintetis dalam makanan dan minuman bagi kesehatan dan upaya pencegahannya. Jurnal Kesehatan, 1(3), 53–62.
Pembelajaran, I. D. (2024). Jurnal Riset Pendidikan Dasar DEVELOPMENTAL CHARACTERISTICS OF ELEMENTARY SCHOOL AGE. 07(2), 131–140.
Pengetahuan, P., Tentang, M., Air, M., Dalam, P., & Batu, P. (2024). J-HICS J-HICS.3(1), 152–156.
Prama Punggi Aradea, N. Y. (2021). Pengenalan bahaya kandungan bahan kimia (pengawet, pewarna, pemanis dan gula berlebih) pada anak sekolah kelas vi.
Puji Setya Rini, S. K. N. M. K., & Maya Fadlilah, S. K. N. M. K. (2020). Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang Penerapan Prinsip Enam Tepat Dalam Pemberian Obat Di Ruang Rawat Inap. wawasan Ilmu.
Rarassari, M. A., Riani, I. G., Ritonga, N. B., & Cahya, G. (2023). Sosialisasi Penyalahgunaan Zat Pewarna Dan Pengawet Makanan Berbahaya Sebagai Upaya Penjaminan Keamanan Pangan. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 6(3), 398–403. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v6i3.2503
Rebholz, C. M., Young, B. A., Katz, R., Tucker, K. L., Carithers, T. C., Norwood, A. F., & Correa, A. (2019). Patterns of beverages consumed and risk of incident kidney disease. Clinical Journal of the American Society of Nephrology, 14(1), 49–56. https://doi.org/10.2215/CJN.06380518
Restian, A., & Widodo, R. (2019). Pengantar Pendidikan. Ummpress.
Riska, N., Latifah, M., & Istiany, A. (2023). Gizi Tumbuh Kembang Anak. Bumi Medika. https://books.google.co.id/books?id=v3TdEAAAQBAJ
Setiawan, D., Ariyadi, R., Istianah, E. T., Febriansyah, A., Zaharani, A. T., Nur Aeni, C., Delia Futri, D., Stevani, D. P., Rohman, F. N., Azkiya, H. A., Ramadhanty, L. A., Silvyana, M., Dwi Gustari, N. G., Kurniawan, N., Margarethi, P. L., Risma, R., & Cahyadi, T. (2023). Edukasi Zat Pewarna Pangan Berbahaya Di SMA Negeri 1 Sukadana. Daarul Ilmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 75–84. https://doi.org/10.52221/daipkm.v1i2.410
Smkn, C., & Raya, P. (2024). Jurnal Abdi Kahayan. 1(November), 42–49.
Sudargo, T., Aristasari, T., ‘Afifah, A., & Press, U. G. M. (2018). 1000 Hari Pertama Kehidupan. Gadjah Mada University Press.
Sugiyanto, S., Rizki, M., & Mashar, H. M. (2024). Pengaruh Edukasi dengan Media Video Animasi ”Jajanan Sehat” terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak Usia Sekolah di Kota Palangka Raya. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 8(1), 1–5. https://doi.org/10.22487/ghidza.v8i1.741
Sukarini, L. P. (20 C.E.). Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Hamil Tentang Buku Kia. Jurnal Genta Kebidanan, 6(2).
Susianti, H. (2019). Memahami Interpretasi Pemeriksaan Laboratorium Penyakit Ginjal Kronis. Universitas Brawijaya Press.
T., & Sman, D. I. (2022). Pewarna Berbahaya Pada Makanan Jajanan. 3(2), 9–14
Tutik, F, (2022). Pemanis Dan Pewarna Pada Makanan Jajanan. Pengabdian Farmasi Malahayati, 5(2), 94–102. https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/pengabdianfarmasi/article/view/7853
Vera, R (2020). Pengaruh media video tentang jajanan sehat terhadap pengetahuan sikap dan perilaku anak sd dalam memilih makanan sehat di lingkungan sekolah. Skripsi, February, 2.
Published
2025-08-03