Hubungan Peran Keluarga Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler Di Wilayah Puskesmas Limboto

  • Olganita Paputungan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan UNG
Keywords: Anak Usia Toddler, Keberhasilan Toilet Training, Peran Keluarga

Abstract

Toilet training merupakan tahap penting dalam perkembangan anak usia toddler yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, terutama peran keluarga. Kurangnya keterlibatan keluarga dapat menyebabkan keberhasilan yang rendah dalam proses ini. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubugan peran keluarga dengan keberhasilan toilet training pada anak usia toddler di wilayah Puskesmas Limboto.

Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Populasi penelitian ini yakni keluarga (orang tua/wali) yang mempunyai anak usia 12-36 bulan di wilayah Puskesmas Limboto yang berjumlah 76 orang dengan teknik pengambilan sampel yakni Purposive Sampling. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian didapatkan adanya hubungan peran keluarga dengan keberhasilan toilet training pada anak usia toddler di wilayah Puskesmas Limboto yakni p-value (0,000) yang berarti (p£0,05) dengan tingkat kemaknaan a = 0,05. Kesimpulannya, peran aktif dan responsif keluarga sangat mempengaruhi keberhasilan toilet training. Disarankan agar keluarga lebih terlibat secara konsisten dalam mendampingi dan memberikan penguatan positif kepada anak selama proses toilet training.

References

Anjani, N., & Siregar, M. F. Z. (2024). Analisis Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(1), 193–204.
Anwar, C., Rahmi, N., Safitri, F., & Fikransyah, R. (2023). Hubungan pola asuh dan pengetahuan ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak PAUD KB Adil Ibara Kabupaten Aceh Jaya. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 9(1), 92–100.
Apriana, R., Widiana, I. K. D., Falah, F., & Syahrir, A. (2023). Case Study?: Penerapan Edukasi Dengan Metode Modeling Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Ibu Dalam Melatih Toilet Training Pada Anak. Journal Nursing Care Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Gorontalo, 9(1), 13.
Baiti, N. (2021). Perkembangan anak melejitkan potensi anak sejak dini. guepedia. Jawa Barat
Christine, C., Karnawati, K., & Nugrahenny, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Generasi Alfa Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 235–250.
Darwis, N., & Wardanengsih, E. (2020). Hubungan Pola Asuh Dengan Keberhasilan Toilet Training Anak Usia Toddler (2-3 Tahun) Di Desa Ajallasse Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Jhnmsa, 1(2), 2746–4636.
Djaali, H. (2023). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta timur
Fauzana, K. (2023). Dampak Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Remaja: Sebuah Studi Literatur. Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 7(1), 39–49.
Gorontalo, D. K. K. (2024). Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo 2024. Gorontalo: Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo.
Gorontalo, D. K. P. (2024). Profil Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo 2024. Gorontalo?: Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.
Hasanah, U., Much, D., Umam, A. K., & Fenriana, R. (2020). Upaya Orangtua Dalam Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Toilet Training. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 1(1), 2.
Herdiyana, R., Lestari, R., & Bahrum, M. (2023). Psikologi Perkembangan Sosial terhadap Emosional pada Anak Usia Dini. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 23–30.
Hiqma, F., Munir, Z., & Sholehah, B. (2023). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Ibu Berkarier dan Tidak Berkarier terhadap Tumbuh Kembang Anak Pada Usia Toddler. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(1), 153–158.
IDAI. (2016). Bed-wetting IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Ikatan Dokter Anak Indonesia.
Ikrima, N., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan antara attachment (kelekatan) orang tua dengan kemandirian emosional pada remaja jalanan. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 37–47.
Isroani, F., Mahmud, M. P. S., Qurtubi, P. D. D. H. A., Pebriana, M. A. P. H., Karim, M. P. D. A. R., & Yuwansyah, M. P. Y. (2023). Psikologi Perkembangan. LovRinz Publishing. 7(4), 77
Kementrian, K. (2023). Profil Kesehatan Indonesia 2023. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Kusnawati, A., & Sindarti, G. (2020). Gambaran Peran Ibu dalam Mengajari Toilet Training pada Anak Usia Toddler (18-24 Bulan) Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan di Kelurahan Ketawanggede. Journal of Applied Nursing (Jurnal Keperawatan Terapan), 5(2), 128.
Munawaroh, H. M. (2025). Pendidikan Anak Usia Dini Teori John Bowlby dalam Pandangan Psikologi Islam. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 12(1), 22–42.
Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143.
Nurrohmah, A., & Susilowati, T. (2021). Edukasi Toilet Training Untuk Melatih Kemandirian Anak. GEMASSIKA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 166.
Prasma, E., Ringo, L., Widiastuti, S., & Butarbutar, S. (2022). Tingkat Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Toddler di Paud Santa Maria Monica Bekasi Timur. Jurnal Keperawatan Cikini, 2(2), 26–32.
Putra, R. (2023). Pola pengasuhan orang tua dan peran guru dalam pendidikan awal anak. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Retno, A., & Yogi, A. P. (2023). Studi Kualitatif Peran Ibu Dalam Toilet Training Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Posyandu Anggrek Dusun Bontitan Sendangagung Minggir Sleman Yogyakarta a Qualitative Study of the Role of Mothers in Toilet Training During Covid-19 Pandemic At Posyandu Anggre. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 6(1), 9–16.
Sa’adah, H. D. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Toilet Training Pada Anak Usia Toodler (1-3 Tahun) Di Posyandu Sritanjung Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngawi. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 11(2), 126.
Safitri, D. E., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2022). Kemandirian Toilet Training Pada Batita di Desa Muara Uwai Wilayah Kerja Puskesmas Bangkinang. 1(3), 51–57.
Saputra, H. (2024). Perkembangan Berpikir Matematis Pada Anak Usia Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(2), 53–64.
Sari, P. P., Rahman, T., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170.
Sembiring, R. B. (2024). Pola Pengasuhan Orang Tua Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Manja Anak. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 34–44.
Tawakalni, E. I. (2021). Hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan keberhasilan penerapan toilet training pada anak usia toddler di TK ABA. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medistra Indonesia. Skripsi
Wahyu, T. S., Munir, Z., & Kholisotin. (2021). Metode Modeling Terhadap Keberhasilan Toilet Traning Pada Anak. Jurnal Media Keperawatan?: Politeknik Kesehatan Makassar, 12(1), 2087–2122.
Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023). Teori belajar sosial dalam pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 566–576.
Warni, S., Jauhari, P., Setiawan, N. C. T., & Ainin, D. Q. (2024). Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Toilet Training pada Anak Usia 4-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak (TK) Desa Wisata Kuta Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(21), 763–782.
Yasmin, A. G., Zada, A. R., Fadila, N., Rohmah, S., & Ahmad, A. (2023). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap tumbuh kembang kognitif dan emosional anak. Jurnal Sustainable, 6(2), 308–318.
Yustanta, B. F. (2024). Hubungan Dukungan Keluarga tentang Toilet Training dengan Keberhasilan Toilet Training pada Anak Pra Sekolah. Proceedings of the National Health Scientific Publication Seminar, 3(1), 962–974.
Published
2025-08-05