Peningkatan Aktivitas Belajar Di Rumah Melalui Layanan Teknik Modeling Pada Siswa
The Increase Activity Of Learning At Home Through Services At The Modeling Techniques
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan serta menjelaskan peningkatan aktivitas belajar di rumah sebelum dan sesudah diberikan layanan teknik modeling. Permasalahan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar membaca di rumah sebelum dan sesudah diberikan layanan teknik modeling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat membaca. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus uji-t (satu ekor) pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa aktivitas belajar di rumah sebelum diberikan layanan teknik modeling yaitu 35,16% siswa yang memiliki aktivitas belajar di rumah kurang. Sedangkan sesudah diberikan layanan teknik modeling maka terjadi peningkatan 37,08% siswa. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa aktivitas belajar di rumah sesudah diberikan layanan teknik modeling lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum diberikan layanan teknik modeling.
References
Dewi Septiyani (2016). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII. Bimbingan Konseling, Bimbingan Kelompok, Minat Belajar. Skripsi
Fitriani, D., Arifyadi, A., & Hasan, H. (2023). Analisis Karakteristik dan Kepribadian Ideal Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kualitas Bimbingan dan Konseling di Kota Palu. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 7(2), 237-242.
Lumongga. (2013). Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Munifah, M., Silalahi, M., Durrotunnisa, D., & Hasan, H. (2022). Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Mengatasi Academic Burnout Pada Siswa Di Masa Pandemi Covid 19. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(01), 52-55.
Nurwahyuni, N., Rasido, I., Wahyuningsi, N. E., Silalahi, M. F., & Hasan, H. (2024). Pendekatan Konstrutivisme dalam Pembelajaran Berbasis Case Method pada Siswa SMAN 2 Palu. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(1), 85-88.
Prayitno. (2001). Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT. Indeks.
Rasido, I., Hasan, H., & Riyadi, N. E. W. (2025). Mental Health Literacy Study of Tadulako University Students. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 7(1).
Silalahi, M., Munifah, M., Fitriani, D., & Hasan, H. (2023). Students’ academic burnout during limited face-to-face learning process in Sigi Regency. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(1), 53-58.
Silalahi, M., Munifah, M., & Hasan, H. (2023). Analisis Hubungan Antara Stunting dan Kapasitas Kognitif pada Anak Sekolah Dasar Usia 7-10 Tahun: Pendekatan Survei Analitik Desain Cross-Sectional. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 7(2), 203-210
Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: CV. Alfabeta.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan : Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Syahran, R., Munifah, M., Silalahi, M. F., Hasan, H., & Usman, N. K. (2025). Teknik Dispute Kognitif Terhadap Kecanduan Game Online Siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 10(2), 79-85.
Tarigan. (1985). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa. Sardiman. (2011). Interasksi dan Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Thalib, M. M., Munir, A., & Hasan, H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar pada Matakuliah Statistik Infrensial Berbasis Bimbingan dan Konseling. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 242-249.
Thalib, M. M., Wahyuningsih, N. E., Fitriani, D., Nurwahyuni, N., & Hasan, H. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Window Shopping untuk Meningkatkan Minat Siswa Mengikuti Layanan Bimbingan dan Konseling. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 7(1), 81-87.