Peran Kepala Puskesmas Terhadap Kinerja Petugas dan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

The Role of the Head of the Health Center in the Performance of Health Services and Staff in the Puskesmas

  • Assyifa Deswita Mrp Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nadia Amanda Azwa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dinda Agus Tantri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dwi Fanny Amanda Natasya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Faiqah Adnin Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Wasiyem Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Kepala Puskesmas, Kinerja Petugas, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas

Abstract

Penelitian ini membahas peran kepala Puskesmas dalam meningkatkan kinerja petugas dan pelayanan kesehatan di Puskesmas. Puskesmas menjadi forum pelayanan kesehatan memilikiperanan krusial pada sistem kesehatan nasional, khususnya pada upaya kesehatanrakyat.Penyelenggaraan Puskesmas perlu ditata ulang buat mempertinggi aksesibilitas,keterjangkauan, & kualitas pelayanan, yang bertujuan buat mempertinggi derajat kesehatanrakyat & menyukseskan acara agunan sosial nasional.Metode penelitian yang dipakai merupakan kualitatif, menggunakan pendekatan eksklusif ke lapangan buat mendapatkankabar mendalam tentang kiprah ketua Puskesmas.Teknik pengumpulan data meliputiobservasi, wawancara, & studi kepustakaan.Hasil penelitian menerangkan bahwakepemimpinan ketua Puskesmas sangat berpengaruh terhadap motivasi & kinerja petugaskesehatan.Kualitas pelayanan kesehatan ditentukan sang pengetahuan & keterampilanpetugas, dan adanya penilaian terhadap beban kerja buat menghindari overload.Penelitian inidiperlukan bisa menaruh wawasan bagi pengembangan manajemen Puskesmas padamempertinggi pelayanan kesehatan pada rakyat.

References

ALFadhalah, T., & Elamir, H. (2021). Organizational Culture, Quality of Care and Leadership Style in Government General Hospitals in Kuwait: A Multimethod Study. Journal of Healthcare Leadership, Volume 13, 243–254. https://doi.org/10.2147/JHL.S333933

Makatumpias, S., Ronny Gosal, T. A. M., & Pangemanan, S. E. (2017). Peran Kepala Puskesmas Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara (Studi Di Kecamatan Kepulauan Marore Kabupaten Kepulauan Sangihe). Jurnal Eksekutif, 1((1)).

Miner, J. B. (1990). Organizational Behavior: Performance and Productivity. Random House.

Ningsih, S. R., & Asri, A. M. D. (2024). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Dengan Kinerja Petugas Kesehatan di Puskesmas Sangtombolang. 7(2).

Resfita, D., & Hartono, B. (t.t.). Pengaruh Kepemimpinan Dan Komunikasi TerhadapTenaga Kesehatan Uptd Puskesmas Sipayung (Literature Review).

Tamsah, H., Ilyas, G. B., Nurung, J., Jusuf, E., & Rahmi, S. (2023). Soft skill competency and employees’ capacity as the intervening factors between training effectiveness and health workers’ performance. Cogent Business & Management, 10(1), 2199493. https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2199493
Published
2025-01-29
Section
Artikel Penelitian