Peran Kepala Puskesmas Terhadap Kinerja Petugas dan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas
The Role of the Head of the Health Center in the Performance of Health Services and Staff in the Puskesmas
Abstract
Penelitian ini membahas peran kepala Puskesmas dalam meningkatkan kinerja petugas dan pelayanan kesehatan di Puskesmas. Puskesmas menjadi forum pelayanan kesehatan memilikiperanan krusial pada sistem kesehatan nasional, khususnya pada upaya kesehatanrakyat.Penyelenggaraan Puskesmas perlu ditata ulang buat mempertinggi aksesibilitas,keterjangkauan, & kualitas pelayanan, yang bertujuan buat mempertinggi derajat kesehatanrakyat & menyukseskan acara agunan sosial nasional.Metode penelitian yang dipakai merupakan kualitatif, menggunakan pendekatan eksklusif ke lapangan buat mendapatkankabar mendalam tentang kiprah ketua Puskesmas.Teknik pengumpulan data meliputiobservasi, wawancara, & studi kepustakaan.Hasil penelitian menerangkan bahwakepemimpinan ketua Puskesmas sangat berpengaruh terhadap motivasi & kinerja petugaskesehatan.Kualitas pelayanan kesehatan ditentukan sang pengetahuan & keterampilanpetugas, dan adanya penilaian terhadap beban kerja buat menghindari overload.Penelitian inidiperlukan bisa menaruh wawasan bagi pengembangan manajemen Puskesmas padamempertinggi pelayanan kesehatan pada rakyat.
References
Makatumpias, S., Ronny Gosal, T. A. M., & Pangemanan, S. E. (2017). Peran Kepala Puskesmas Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara (Studi Di Kecamatan Kepulauan Marore Kabupaten Kepulauan Sangihe). Jurnal Eksekutif, 1((1)).
Miner, J. B. (1990). Organizational Behavior: Performance and Productivity. Random House.
Ningsih, S. R., & Asri, A. M. D. (2024). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Dengan Kinerja Petugas Kesehatan di Puskesmas Sangtombolang. 7(2).
Resfita, D., & Hartono, B. (t.t.). Pengaruh Kepemimpinan Dan Komunikasi TerhadapTenaga Kesehatan Uptd Puskesmas Sipayung (Literature Review).
Tamsah, H., Ilyas, G. B., Nurung, J., Jusuf, E., & Rahmi, S. (2023). Soft skill competency and employees’ capacity as the intervening factors between training effectiveness and health workers’ performance. Cogent Business & Management, 10(1), 2199493. https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2199493