Studi Literatur: Implementasi Gaya Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kinerja Tim

Literature Study: Implementation of Leadership Styles Improves Team Performance

  • Widya Puspita Hati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anita Adelia Rahmah Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annisa Salsabila Simanjuntak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Wasiyem Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Kepemimpinan, Implementasi, Gaya

Abstract

Keberhasilan suatu organisasi tidak dapat dipungkiri banyak ditentukan oleh faktor kepemimpinan. Oleh karena itu hal ini menjadi ketertarikan untuk melakukan penelitian dan menganalisa tentang implementasi gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja tim. Tujuan dari studi literatur ini adalah untuk mengetahui berbagai macam implementasi gaya kepemimpinan apa saja yang digunakan oleh seorang pemimpin dalam menjalankan perannya. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran implementasi gaya kepemimpinan yang berbeda-beda tetapi memiliki maksud dan tujuan yang baik untuk organisasi yang dipimpinnya. Dari 9 artikel tersebut terdapat 2 artikel yang menggunakan gaya kepemimpinan situasional, 3 artikel menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, 1 artikel menggunakan gaya kepemimpinan transformatif, 1 artikel menggunakan gaya kepemimpinan tipe paternalistik, dan 2 artikel lainnya lebih membahas tentang cara pengorganisasiannya. Gaya kepemimpinan dari seorang pemimpin dalam menjalankan pemerintahannya sangat mempengaruhi kinerja tim dari suatu organisasi, jika gaya kepemimpinan yang digunakan tidak sesuai dengan karakteristik organisasi yang dipimpin maka hasilnya tidak akan baik. Seorang pemimpin harus mengetahui gaya kepemimpinan yang seperti apa yang harus dipilihnya demi terealisasinya sistem kegiatan organisasi tim yang baik pula.

References

Aisyah, S., Akil, A., & Nurlaeli, A. (2023). Penerapan Gaya Kepemimpinan Situasional Dalam Rangka Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Di Sdn Kertamulya 3. ANSIRU PAI?: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 220. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16391
Aprilia, M. S., Alvionita, I., Khoiri, M., Abrori, M. F., & Amalia, Y. (2021). Implementasi Gaya Kepemimpinan Menggunakan Tipe Paternalistik Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 13(1), 41–54. https://doi.org/10.52166/madani.v13i1.2289
Avolio, B. J., Bass, B. M., & Jung, D. I. (1999). Re-examining the components of transformational and transactional leadership using the multifactor leadership questionnaire. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 72(4), 441–462. https://doi.org/10.1348/096317999166789
Farh, J.-L., & Cheng, B.-S. (2000). A Cultural Analysis of Paternalistic Leadership in Chinese Organizations. Management and Organizations in the Chinese Context, 84–127. https://doi.org/10.1057/9780230511590_5
Handrian, A. F., Ichsan, M., Teknik, I., & Pemasyarakatan, I. (2022). Implementasi Gaya Kepemimpinan Demokratis Pada Suatu Organisasi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(2), 707–711. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Indartinah, S., Syah, T. Y. R., Rojuaniah, R., Hafidz, I. L. H., & Azizah, F. N. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Paternalistik Dan Kepemimpinan Melayani Terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi?: Peran Mediasi Persepsi Skala Politik Organisasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 258–286. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3339
Kaye Hart, R., Conklin, T. A., & Allen, S. J. (2008). Individual Leader Development: An Appreciative Inquiry Approach. Advances in Developing Human Resources, 10(5), 632–650. https://doi.org/10.1177/1523422308321950
Khoironi, N., & Hamid, A. (2020). Kepemimpian Situasional dalam Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA, 10(4), 670.
Muh. Anwar HM, Faradilla, Umrah, & Muh. Taufiq Anugrah. (2023). Membangun Jiwa Kepemimpinan Pada Mahasiswa. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 211–221. https://doi.org/10.24252/edu.v2i2.33797
Mulyono, H. (2018). Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter Dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 290–297. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v3i1.93
Siti, Nur Aisyah & Wardani, R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Siti. Bulletin of Management and Business, 1(1), 42–50.
Aisyah, S., Akil, A., & Nurlaeli, A. (2023). Penerapan Gaya Kepemimpinan Situasional Dalam Rangka Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Di Sdn Kertamulya 3. ANSIRU PAI?: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 220. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16391
Aprilia, M. S., Alvionita, I., Khoiri, M., Abrori, M. F., & Amalia, Y. (2021). Implementasi Gaya Kepemimpinan Menggunakan Tipe Paternalistik Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 13(1), 41–54. https://doi.org/10.52166/madani.v13i1.2289
Avolio, B. J., Bass, B. M., & Jung, D. I. (1999). Re-examining the components of transformational and transactional leadership using the multifactor leadership questionnaire. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 72(4), 441–462. https://doi.org/10.1348/096317999166789
Farh, J.-L., & Cheng, B.-S. (2000). A Cultural Analysis of Paternalistic Leadership in Chinese Organizations. Management and Organizations in the Chinese Context, 84–127. https://doi.org/10.1057/9780230511590_5
Handrian, A. F., Ichsan, M., Teknik, I., & Pemasyarakatan, I. (2022). Implementasi Gaya Kepemimpinan Demokratis Pada Suatu Organisasi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(2), 707–711. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Indartinah, S., Syah, T. Y. R., Rojuaniah, R., Hafidz, I. L. H., & Azizah, F. N. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Paternalistik Dan Kepemimpinan Melayani Terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi?: Peran Mediasi Persepsi Skala Politik Organisasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 258–286. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3339
Kaye Hart, R., Conklin, T. A., & Allen, S. J. (2008). Individual Leader Development: An Appreciative Inquiry Approach. Advances in Developing Human Resources, 10(5), 632–650. https://doi.org/10.1177/1523422308321950
Khoironi, N., & Hamid, A. (2020). Kepemimpian Situasional dalam Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA, 10(4), 670.
Muh. Anwar HM, Faradilla, Umrah, & Muh. Taufiq Anugrah. (2023). Membangun Jiwa Kepemimpinan Pada Mahasiswa. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 211–221. https://doi.org/10.24252/edu.v2i2.33797
Mulyono, H. (2018). Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter Dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 290–297. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v3i1.93
Siti, Nur Aisyah & Wardani, R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Siti. Bulletin of Management and Business, 1(1), 42–50.
Published
2024-12-30
Section
Artikel Review