Evaluasi Jaminan Kesehatan Indonesia Dan Malaysia Ditinjau Dari Model Formulasi Keputusan Dengan Indikator Keefektifan Dan Keterjagaan Kualitas
Evaluation of Indonesian and Malaysian Health Insurance from the Perspective of Decision Formulation Models with Indicators of Effectiveness and Quality Assurance
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Jaminan Kesehatan Indonesia dan Malaysia dengan pendekatan model formulasi keputusan berdasarkan dua indikator utama, yaitu keefektifan implementasi kebijakan dan keterjagaan kualitas layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis evaluasi model formulasi keputusan dari Ernest R. House. Dalam konteks Jaminan Kesehatan di Indonesia dan Malaysia akan mengarah kepada sejauh mana target yang ditetapkan itu terpenuhi dan sejauh mana kualitas terjaga atau memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia telah mengalami reformasi signifikan dalam sistem JKN, terutama melalui digitalisasi layanan dan peningkatan kepesertaan aktif, meskipun masih menghadapi tantangan geografis dan persepsi publik terhadap kualitas pelayanan. Sementara itu, MySalam di Malaysia mengandalkan sistem berbasis pajak dengan cakupan pelayanan kesehatan semesta, disertai dengan investasi besar pada infrastruktur digital dan smart hospital, namun menghadapi tantangan dalam kesenjangan layanan antara sektor publik dan swasta. Evaluasi komparatif ini diharapkan dapat memberikan gambaran strategis dalam meningkatkan efektivitas dan kualitas layanan jaminan kesehatan di kedua negara.
References
Arifatun Nisaa, A. F. (2025). Kepuasan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (MJ Health) Johor Bahru, Malaysia. J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan.
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. (2025). Laporan Tahunan BPJS Kesehatan 2024. Jakarta: BPJS Kesehatan.
Brawijaya, J. G. Tugas Healthcare sistem, "sistem kesehatan terkini di malaysia". Scribd.id.
Della Anjelina, T. D. Perbandingan mekanisme asuransi kesehatan pemerintahan studi kasus: Indonesia dan Malaysia. PUBLIKA : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Vol. 10, No. 2 / 2024.
Dwi Putra, J. A., & Chalik Sjaaf, A. (2022). Comparison of the Health Service System and the Universal Health Insurance among Indonesia's Neighboring Countries. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(4), 502-508. https://doi.org/10.35877/454RI.daengku1039
Evi Susanti, d. (2021). Evaluasi Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 1-9.
Firdausi, A. s. (2024, Maret 20). Kasus Pelayanan Buruk Nakes "Bedakan Pasien BPJS dengan Reguler" di Fasilitas Kesehatan. Retrieved from Kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/arinasabila/65f9aff4c57afb2e2f12d552/kasus-pelayanan-buruk-nakes-bedakan-pasien-bpjs-dengan-reguler-di-fasilitas-kesehatan
Hidayat, L. A. (2024, November 13). Malaysia Akan Contoh Layanan Kesehatan ala BPJS Kesehatan. Retrieved from Kontan.co.id: https://nasional.kontan.co.id/news/malaysia-akan-contoh-layanan-kesehatan-ala-bpjs-kesehatan
Hospital Pulau Pinang. (2025). Analisis Efektivitas MySalam dalam Akses Layanan Kesehatan. Penang: HPP.
Joko Pramono. S. Sos., M. (2022). IMPLEMENTASI DAN EVALUASI KEBIJAKAN PUBLIK. Surakarta: UNISRI Press.
Journal of Health Policy and Management. (2025). Digital Transformation in Healthcare Insurance Systems: Case Studies from Indonesia and Malaysia. Oxford: Oxford University Press.
Jurnal unsrat Dinda Nur Riyanti, et.al. Perlindungan Hukum Bagi Pasien Covid-19 Menurut Hukum Positif Di Indonesia. Lex Administratum Vol. IX/No. 2/Mar/EK/2021. Fakultas hukum Universitas Samratulangi, Manado.
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. JKN sebagai Pilar Perlindungan Kesehatan Nasional: Capaian, Kepesertaan, dan Realisasi Klaim hingga Maret 2025. Diakses dari: https://anggaran.kemenkeu.go.id/in/post/jkn-sebagai-pilar-perlindungan-kesehatan-nasional-capaian-kepesertaan-dan-realisasi-klaim-hingga-maret-2025
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2025). Statistik Kesehatan Indonesia 2025. Jakarta: Kemenkes RI.
Lembaga Penelitian Kesehatan Masyarakat Indonesia. (2025). Evaluasi Kualitas Layanan BPJS Kesehatan 2022-2025. Jakarta: LPKMI.
Ministry of Health Malaysia. (2025). Health Quality of Life Malaysia Survey 2025. Kuala Lumpur: MOH Malaysia.
My Salam. (2023, 9 April). mySalam : Skim Tafakul Perlindungan Kesihatan Percuma B40. Diambil kembali dari fuh.my: https://fuh.my/mysalam/
National Health Insurance Administration of Malaysia. (2025). MySalam Implementation Report 2025. Kuala Lumpur: NHIAM.
Syofyan, Y., & Gusman, D. (2023). Studi Perbandingan Sistem Jaminan Sosial Antara Indonesia Dan Malaysia Dalam Rangka Pemenuhan Hak Kesehatan Di Indonesia. Unes Journal of Swara Justisia, 7(1), 208-219. https://doi.org/10.31933/ujsj.v7i1.325
World Health Organization. (2023, September 20). Definition of Health. https://www.publichealth.com.ng/world-health-organizationwho-definition-of-health/